Yamaha Vega Force Bekas, Sejarah, Spesifikasi Singkat dan Harga 2019

Harga Yamaha Vega Force – Pasar motor di Indonesia tumbuh sangat subur. Setiap tahun ada banyak motor baru yang diluncurkan. Ada beragam jenis yang hadir, mulai dari motor matic, motor bebek hingga moge alias motor gede. Kali ini kita akan membahas salah satu motor buatan pabrikan asal Jepang, Yamaha.

Motor yang dimaksud adalah Yamaha Vega Force. Tentunya Anda sudah familiar dengan motor Yamaha yang satu ini. Motor bebek ini sudah hadir di Indonesia cukup lama. Sepanjang perjalanan itulah berbagai perubahan terjadi pada motor bebek ini.

Pada mulanya Yamaha Vega hadir dengan mengusung mesin 105 cc di tahun 1999. Motor ini saat itu masih mengandalkan sistem karburator. Setelah itu pada tahun 2006 Vega R hadir dengan mengusung mesin 110 cc yang sudah memenuhi standar Euro 2.

Perubahan selanjutnya terjadi di tahun 2010. Yamaha Vega ZR dirilis untuk memenuhi keinginan masyarakat akan motor bebek. Kapasitas mesinnya bertambah sedikit menjadi 115 cc. Lalu di tahun 2015 Yamaha Vega Force hadir menyapa Indonesia.

Motor ini dirilis dengan sejumlah ubahan. Untuk dapur pacu mempunyai kapasitas 114 cc dengan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi. Mesin ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 8,71 PS pada putaran 7.000 rpm dengan torsi puncak 9,53 Nm pada 5.500 rpm.

Berbeda dengan model pendahulunya, motor Yamaha ini sudah memenuhi standar Euro 3. Dengan begitu mesin Vega Force bisa dipastikan lebih ramah lingkungan. Sedangkan sistem perpindahan giginya mengandalkan manual 4-percepatan.

Lantaran diposisikan sebagai motor bebek entry level, jangan berharap ada banyak fitur yang tersemat pada motor berlogo tiga garputala ini. Hanya terdapat bagasi berkapasitas 9,2 liter yang bisa dipakai meletakkan barang kecil atau peralatan berkendara. Juga terdapat lubang kunci dengan pengaman dan tombol penutup supaya motor lebih aman ketika ditinggal di tempat parkir.

Seperti motor pada umumnya, Yamaha Vega Force memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Poin plus dari motor berlogo tiga garputala ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit. Hal ini membuat Vega Force cocok dipakai sebagai kendaraan harian. Apalagi motor bebek ini mempunyai posisi berkendara yang nyaman, termasuk handling yang juga lincah.

Untuk soal desain memang kembali ke selera masing-masing konsumen. Akan tetapi menurut kami desain Yamaha Vega Force masih cukup menarik. Performa mesinnya juga cukup mumpuni sehingga bisa Anda andalkan untuk kegiatan harian.

Lalu apa saja kekurangan motor bebek ini? Salah satunya yang pasti adalah konsepnya yang mungkin sudah tidak terlalu diminati oleh banyak orang. Saat ini masyarakat cenderung menyukai motor matic ketimbang motor bebek. Bagaimanapun juga motor bebek tidak bisa menawarkan kemudahan seperti halnya motor bebek yang tinggal tarik tuas gas dan rem saja tanpa perlu memindahkan persneling.

Kekurangan lain dari Yamaha Vega adalah tarikan motor yang besar, namun di sisi lain semakin lama semakin berisik. Di samping itu penempatan kunci bagasinya juga kurang strategis. Karena merupakan motor bebek yang peminatnya tidak sebanyak motor matic, maka harga jualnya juga ikut berpengaruh. Harga Yamaha Vega Force di pasar motor bekas cenderung cepat turun.

Walaupun mempunyai beberapa kekurangan, Yamaha Vega Force tetap menjadi pilihan yang menarik bagi beberapa konsumen. Seperti harganya yang lebih terjangkau.

Dengan tawaran tersebut harga Yamaha Vega bekas terbilang terjangkau. Anda bisa membeli motor Yamaha ini dengan harga Rp 15 jutaan untuk keluaran terbaru 2019. Tentu saja harga ini bisa berbeda-beda di masing-masing kota.

Sedangkan untuk harga bekasnya bisa dilihat berikut di bawah ini:

Tipe Tahun Harga Bekas
Yamaha Vega R 2003 Rp. 3.500.000,-
Yamaha Vega R 2004 Rp. 3.700.000,-
Yamaha Vega R 2005 Rp. 4.000.000,-
Yamaha Vega R 2006 Rp. 4.300.000,-
Yamaha Vega R 2007 Rp. 5.000.000,-
Yamaha Vega R 2008 Rp. 5.600.000,-
Yamaha Vega R 2009 Rp. 6.100.000,-

Di kelasnya Yamaha Vega Force tidak sendirian. Ada beberapa rival yang menghadang. Seperti Honda Revo dan Suzuki Smash. Masing-masing tentu saja mempunyai keunggulan tersendiri.

Berminat membeli Yamaha Vega Force? Anda bisa mengunjungi dealer resmi Yamaha terdekat. Jaringan penjualan yang luas membuat calon konsumen tidak akan kesulitan untuk membeli motor Yamaha.

Leave a Comment