Fungsi Dan Cara Kerja Jaringan Wifi


Teknologi Wifi adalah sebuah teknologi yang berbasis pada standar IEEE 801.11. Sedangkan yang memiliki merk dagang Wifi adalah Wifi Alliance. Wifi Alliance ini menyebutkan bahwa Wifi merupakan “produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang berdasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11”.

Karena memiliki kelebihan yang memperbolehkan jaringan Area Local (LAN atau Local Area Network) untuk bisa beroperasi tanpa menggunakan kabel (nirkabel), maka teknologi ini sudah semakin populer.



Fungsi Wifi

Wifi memiliki beberapa fungsi penting yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Sebagai Media Komunikasi Wireless

Fungsi utama Wifi memang sebagai media alat komunikasi antar perangkat tanpa perlu menggunakan kabel atau wireless. Wifi ini juga bisa diibarakan sebagai pengganti dari jaringan kabel. Dimana pada jaringan Wifi biasanya sudah didesain khusus supaya lebih simple dan praktis. Sehingga para user nantinya tidak perlu menggunakan kabel sebagai media transmisinya.

  1. Modem dari Smartphone

Dengan adanya Wifi, maka smartphone ataupun device yang lainnya bisa mudah terhubung dengan internet sehingga user tidak perlu lagi mengaktifkan paket data berbayar. Selain itu, jika smartphone yang Anda miliki mendukung perangkat wireless, Anda juga bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem.

Hal tersebut pastinya akan sangat bermanfaat terutama jika Anda berpergian ke sebuah tempat yang tidak memasang Wifi. Jika paket data yang Anda miliki cukup banyak, maka ketika mengakses internet melalui laptop, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk dijadikan sebagai modem yang menggunakan sinyal Wifi supaya terhubung ke laptop.

  1. Kecepatan Internet yang Lebih Baik

Saat mengakses internet menggunakan jaringan seluler seringkali lemot karena tergantung dari adanya sinyal. Namun hal ini berbeda jika Anda menggunakan jaringan Wifi karena dijamin lebih terjamin kecepatannya.

Salah satu indikasinya adalah Anda bisa melakukan streaming video dengan lancar, mungunduh dokumen besar secara cepat, dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk loading.

  1. Berbagi Data Antar Perangkat

Wifi juga bisa memiliki fungsi untuk berbagi data antar perangkat. Seperti misalnya jika Anda memiliki dua perangkat elektronik, dan Anda ingin memindah data yang ada pada satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Dengan menggunakan Wifi ini maka Anda tidak akan membutuhkan kabel. Sehingga pekerjaan dipastikan bisa lebih praktis dan efisien.

  1. Menghubungkan Beberapa Perangkat dalam Sebuah Jaringan

Jaringan Wifi juga berbeda jauh dengan kabel LAN yang dimana penggunaannya sangat terbatas. Pada Wifi ini bisa digunakan oleh beberapa komputer tanpa perlu menambah jumlah kabel. Dengan begitu maka Wifi akan mempermudah para user sekaligus tanpa harus terkoneksi pada sebuah jaringan.

Cara Kerja Wifi

Wifi merupakan Jaringan Area Lokal (LAN atau Local Area Network) yang tidak membutuhkan adanya kabel dan memiliki kecepatan internet yang tinggi. Wifi juga biasa disebut dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

Sinyal radio merupakan kunci yang sangat memungkinkan komunikasi dalam jaringan Wifi. Untuk mengirimkan dan menerima sinyal radio biasanya Wifi akan menggunakan dua frekuensi gelombang radio. Frekuensi gelombang radio yang digunakan disini adalah frekuensi 2,4GHz dan 5GHz.



Leave a Comment