Pengertian Dan Jenis USB (Universal Serial Bus)


Pengertian Dan Jenis USB – Perangkat elektronik sekarang ini sudah mengalami perkembangan secara pesat. Hal ini tentunya membuat berbagai macam perangkat pendukungnya juga memiliki variasi yang semakin banyak. Salah satu perangkat pendukung yang banyak digunakan adalah kabel USB.



Bagi sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar tentang alat yang satu ini. Namun  meski demikian masih banyak juga yang masih belum paham mengenai artinya. Oleh karena itu, kami disini akan membahas mengenai kabel USB secara lengkap mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan cara kerjanya. Untuk selengkapnya, mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Pengertian USB (Universal Serial Bus)

Universal Serial Bus atau yang biasa disingkat dengan USB merupakan media yang digunakan sebagai penghubung antara komputer atau laptop dengan berbagai macam perangkat elektronik yang lainnya seperti mouse, keyboard, printer, scanner, ponsel, flash drive, DVD writer, konsol permainan, kamera, dan model. Bahkan kabel USB juga memiliki kegunaan sebagai media penghubung untuk dapat mengendalikan berbagai alat uji dan juga mesin-mesin produksi.

Teknologi konseksi USB yang dikembangkan pertama kali pada pertengahan tahun 1990 an sudah dijadikan sebagai standar untuk komputer, ponsel, dan peralatan elektronik yang lainnya. Selain itu, USB juga menjadi standar dalam pengisian baterai untuk ponsel dan perangkat elektronik lainnya yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya.

Baca juga: Jenis Jenis Konektor Dan Fungsinya

Fungsi USB

Selain sebagai media penghubung antar satu perangkat dengan perangkat yang lainnya, sebenarnya masih ada banyak sekali fungsi USB yang lainnya. Adapun berbagai fungsi dari kabel USB yang lainnya adalah sebagai berikut:



  • Memudahkan dalam Install. Fungsi USB yang lainnya adalah untuk menginstall operasi. Fungsi ini penting terutama untuk laptop yang tidak menyediakan CD ROM sehingga sangat dibutuhkan adanya USB sebagai penghubung antara komputer dengan CD ROM eksternal. Dengan begitu maka nantinya juga bisa install OS.
  • Sebagai Penghubung Komputer dengan Keyboard. Jika keyboard pada komputer mengalami masalah atau error maka bisa langsung diganti dengan keyboard ekstrnal. Namun untuk bisa menggunakan keyboard eksternal ini dibutuhkan adanya USB sebagai penghubung antara komputer dengan keyboard eksternal.
  • Penghubung Komputer dengan Penyimpanan Eksternal. Ada banyak sekali perangkat yang dapat digunakan untuk penyimpanan ekternal, yaitu flashdisk ataupun memori eksternal. Namun yang pasti dalam hal ini semuanya hanya dapat dilakukan melalui USB.
  • Memindahkan Data dengan Cepat. Selain menggunakan USB, sebenarnya proses pemindahan data bisa dilakukan dengan jaringan komputer atau bisa juga menggunakan bluethooth. Namun USB selalu menjadi pilihan utama karena proses pemindahan bisa dilakukan secara lebih cepat.

Perkembangan Versi USB (Universal Serial Bus)

Teknologi USB pertama kali dikembangkan oleh 7 perusahaan besar dunia, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Nortel yang memiliki tujuan untuk membuat suatu koneksi yang lebih mudah dan dijadikan sebagai standar untuk menghubungkan antara  sebuah perangkat elektronik lain dengan PC atau Personal Computer. Sehingga nantinya bisa menggantikan berbagai macam bentuk konektor yang telah terpasang dalam PC tersebut dan dapat menyederhanakan konfigurasi perangkat lunak di seluruh perangkat yang telah terhubung dengan USB dan bisa mempercepat transfer data mulai dari perangkat eksternal atau peripheral ke PC yang terkait maupun dari komputer ke perangkat tersebut.

Versi yang pertama adalah USB (versi 1.0) yang dirilis pada bulan Januari 1996 untuk penggunaan komersil. Versi ini mempunyai kecepatan transfer data yang mencapai 1,5 Mbt/s (mega bit per detik) dan mampu mendukung 127 jenis perangkat peripheral eksternal.

Sekarang ini teknologi USB sudah sangat berkembang dan berevolusi dengan kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi, yaitu dengan kcepatan yang bisa mencapai 20 Gbit/s (giga bit per detik). Berikut ini kami akan memberikan tabel perkembangan USB mulai dari versi USB 1.0 sampai sekarang ini yang sudah mencapai versi USB 3.2.

Versi USB Waktu Rilis Kecepatan Transfer Data
USB 1.0 Januari 1996 1,5 Mbit/s
USB 1.1 Agustus 1998 12 Mbit/s
USB 2.0 April 2000 480 Mbit/s
USB 3.0 November 2008 5 Gbit/s
USB 3.1 Juli 2013 10 Gbit/s
USB 3.2 September 2017 20 Gbit/s

Jenis-Jenis USB

Selain mempunyai versi, USB ternyata juga memiliki banyak macam jenis yang semakin berkembang, yaitu:

  1. USB Standar Tipe-A

USB tipe-A adalah salah satu jenis tipe USB yang paling banyak digunakan dan mudah untuk ditemukan. Jenis USB ini memiliki bentuk persegi dan cenderung lebih lebar. Pada umumnya digunakan sebagai penghubung periferal seperti mouse dan keyboard ke komputer personal. Selain itu, USB tipe-A juga digunakan sebagai alat transfer data dari smartphone.



USB tipe-A dapat digunakan di beberapa jenis port USB seperti USB 3.0, USB 2.0 dan USB 1.1 yang ada pada komputer personal, laptop, dan perangkat elektronik yang lainnya. Bahkan di konsol game seperti PlayStation, Xbox dan Wii juga sudah dilengkapi dengan USB tipe-A. Berbagai macam alat elektronik seperti televisi, DVD dan Blu-Ray player juga menggunakan jenis USB ini.

  1. USB Standar Tipe-B

USB tipe-B  biasa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan seperti printer dan scanner ke komputer atau laptop. Selain itu, hard drive eksternal juga sudah dilengkapi dengan adanya USB tipe-B. Jenis USB ini juga memiliki bentuk persegi, namun tidak selebar pendahulunya yaitu USB tipe-A.

  1. Mini USB



Leave a Comment