Cara Menghitung Uji Validitas Kuesioner Dengan Excel


4) Hasil dari perhitungan Uji Validitas tersebut pada petanyaan ke-1 adalah B18 = 0,698287. (seperti gambar di bawah ini.



5) Untuk pertanyaan selanjutnya (P2 hingga P5), silakan lakukan Copy dan Paste. Ingat, harus tanda $ (dolar) di array 2. jika tidak, hasilnya akan berbeda atau mungkin tidak ada hasil sama sekali.

Setelah semua butir pertanyaan untuk variabel yang bersangkutan tersebut dihitung. Lakukan perbandingan dengan r tabel sesuai dengan jumlah responden yang disurvey. Langkah-langkah untuk melakukan perbandingan r tabel dengan r hitung adalah sebagai berikut.

1) Hitung df (degree of freedom). Pada contoh ini saya melakukan survey terhadap 15 orang koresponden. Maka nilai df (degree of freedom) adalah df = 15 – 2 atau df = 13.

2) Ambil r tabel dan cari angka 13 dengan signifikansi 0,05 atau 5%. Silakan Lihat contoh dibawah ini.

Dari tabel dibawah ini diketahui bahwa r tabel 13 adalah 0,553.

3) Bandingkan dengan semua hasil perhitungan yang telah dilakukan tadi. Suatu pertanyaan dikatakan Valid jika r tabel < r hitung atau r tabel lebih kecil dari r hitung. Dari contoh kasus diatas diketahui bahwa pertanyaan ke-3 dan ke-4 tidak valid karena r tabel lebih besar dari r hitung (lihat kembali tabel excel diatas).

Baca juga: Uji Hipotesis Statistik Dalam Penelitian

Hubungan Validitas dengan Reliabilitas

Validitas dan reliabilitas memiliki hubungan meskipun memiliki konsep yang berbeda. Berikut adalah hubungan antara validitas dengan reliabilitas yaitu:

  • Pengukuran Tidak Reliabel dan Juga Tidak Valid. Adanya kekurangan reliabilitas sehingga pengukuran yang dilakukan adalah benar atau valid, apabila dilakukan pengukuran ulang dilain waktu maka hasilnya akan berbeda.
  • Pengukuran Reliabel namun Tidak Valid. Adanya pengukuran yang dilakukan secara konsisten dengan konsep yang tidak tepat, sehinggal reliabilitas dari data dapat tercapai tetapi penelitian menjadi tidak valid.
  • Pengukuran Valid namun Tidak Variabel. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya pertanyaan yang ambigu pada suatu kuesioner sehingga terdapat multi – persepsi pada responden. Oleh karena itu jawaban dapat berubah oleh berjalannya waktu
  • Pengukuran Valid dan Reliabel. Pada suatu penelitian harus dilakukan identifikasi pengukuran yang akurat dan sesuai dengan apa yang diteliti dan memiliki hasil sama meskipun penelitian dilakukan diwaktu yang berbeda

Video Praktek:

Demikian ulasan tentang Uji validitas kuesioer dengan menggunakan excel yang menjelaskan mulai dari pengertian koesioner, validitas serta uji validitas data dan beberapa jenis – jenisnya serta contoh pengerjaan dari uji validitas kuesioner dengan menggunakan aplikasi excel. Semoga ilmu ini dapat menambah pengetahuan anda.



Leave a Comment