Cara Uji Hipotesis Uji-T Dengan SPSS


Kurva Regresi Uji t Parsial (Uji t Pertama)



Dapat dilihat pada gambar kurva diatas bahwa t hitung sebesar 0,894 terletak pada bagian tidak ada pengaruh. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis pertama ditolah yang berarti tidak terdapat pengaruh antara motivasi terhadap prestasi mahasiswa

Baca juga: Cara Uji Hipotesis Uji-F Dengan SPSS

2) Melakukan Uji t Parsial (Uji t Kedua “Minat”)

Uji t kedua dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Minat (X2) terhadap Prestasi (Y).

Berdasarkan Nilai Signifikansi (Sig.)

Dapat dilihat dari tabel output SPSS untuk nilai signifikasi (Sig) variabel minat (X2) adalah 0,006. Oleh karena itu nilai Sig < probabilitas 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis kedua diterima. Jadi minat mahasiswa berpengaruh terhadap tingkat prestasinya

Perbandingan Nilai t hitung dengan t tabel (Uji t Kedua)

Berdasarkan dari tabel output SPSS terdapat nilai dari t hitung = 3,567, oleh karena itu nilai t hitung > t tabel 2,262. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua dapat diterima yang berarti minat mahasiswa mempengaruhi tingkat prestasinya.

Kurva Regresi Uji t Parsial (Uji t Kedua)

Berdasarkan dari kurva diatas dapat diketahui nilai t hitung sebesar 3,567 berada di daerah pengaruh positif. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis kedua dapat diterima yang berarti terdapat pengaruh positif antara minat mahasiswa terhaap tingkat prestasinya.

Catatan: Pengaruh positif disebut juga dengan pengaruh searah. Maksudnya adalah jika variabel Minat (X2) mengalami peningkatan maka variabel Prestasi (Y) juga akan mengalami peningkatan. Atau dengan kata lain semakin tinggi minat belajar seorang siswa maka akan mampu meningkatkan prestasi belajar.

Baca juga: Mengolah Data Uji Hipotesis T-Test Dengan Excel

Demikian pembahasan tentang hipotesis uji t mulai dari penjelasan beserta jenis – jenis dari uji t dan juga terdapat contoh soal dengan pembahasan menggunakan SPSS dan bagaimana dalam mengambil kesimpulan berdasarkan nilai t tabel maupun nilai signifikasinya. Semoga ilmu yang kamis share ini dapat membanbang pengetahuan para pembaca.



Leave a Comment