Cara Memperbaiki TV Sharp Protek / Stanby


Cara Memperbaiki TV Sharp Protek / Stanby – Televisi merupakan perangkat elektronika yang digunakan untuk menampilkan sesuatu informasi berupa video maupun audio. Dalam penggunaannya sehari – hari pasti televisi juga mengalami kerusakan atau masalah yang dapat timbul kapan saja.



Pada artikel kali ini akan dibahas tentang kerusakan dari televisi dengan brand (merk) sharp. Pada televisi sharp ini dapat terjadi beberapa masalah atau kerusakan. Salah satunya adalah kerusakanTV sharp protek dimana kerusakan ini jarang terjadi dan unuk memperbaikinya dapat dibilang cukup sulit.

Untuk saat ini televisi merk sharp masih merupakan salah satu merk terbaik dan memiliki banyak peminat. Dalam masalah protek ini dapat terjadi karena terdapat beberapa solderan yang dinilai kurang matang atau sudah retak yang diakibatkan dari mesin yang sudah terlalu lama tidak dibersihkan. Akan tetapi selain penyebab tadi masih banyak juga penyebab lain yang memang jarang diketahui.

Baca juga: Membuka TV Yang Terkunci Tanpa Remote

Penyebab TV Sharp Protek

Kerusakan ini umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu seperti yang telah disebutkan sebelumnya seperti terdapat solderan yang kurnag matang atau sudah retak. Oleh karena itu komponen menjadi tidak menempel dengan sempurna pada PCB.

Selain itu terdapat beberapa penyebab lain dari kerusakan protek ini yaitu dapat disebabkan oleh program yang gagal saat membaca memori, tuner tidak terseteksi dan format sinyal, internal setting sedang bermasalah yang dikarenan terdapat data service yang tidak sesuai.

Baca juga: Ciri Ciri Kerusakan IC Vertikal TV

Cara Memperbaiki

Sebelum melakukan perbaikan atau service terhadap televisi dengan masalah protek, kita diwajibkan untuk melakukan pembersihan dahulu pada mesin televisi tersebut dengan menggunakan sikat atau kuas yang bagian ujungnya sudah dipotong sepanjang 2 cm.



Tujuan dari melakukan pembersihan mainboard ini agar apabila terdapat titik solder yang terlihat sudah mengendur dan terlihat mau terlepas atau sudah retak maka kia bisa melakukan solder ulang, hal tersebut dilakukan karena penyebab umum dari kerusakan protek ini adalah solder yang terlepas atau rusak sehingga tidak terkoneksi dengan baik.

Baca juga: Cara Setting Remote TV Tanpa Tombol Set

Terlebih apabila kita menggunakan cairan thinner high gloss (memiliki kualitas baik dan mudah kering) untuk membersihkan kotoran yang ada pada mesin TV. Setelah kita melakukan pembersihan pada bagian PCB TV atau mesin TV maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pada semua titik solder yang ada pada beberapa bagian ini:

  • Vertikal
  • STR Regulator
  • power supply-Flyback
  • Transistor Horizontal
  • Tuner
  • Deflection yoke

Pada bagian atau blok rangkaian TV yang telah disebutkan itu merupakan bagian yang disarankan untuk dilakukan solder ulang khususnya pada bagian IC vertikal, power supply, dan horizontal. Pada bagian – bagian tersebut merupakan bagian yang sering sekali menerima panas berlebih. Contohnya saja seperti solderan pada sekitar flyback dibawah ini terlihat sudah mulai retak.

Baca juga: Kode Remote TV Universal Dan Cara Settingnya

Dapat dilihat pada warna resistor yang terdapat disekitar blok vertikal tersebut apakah telah berubah warna yang dikarenakan panas. Hal tersebut dapat menyebabkan nilai resistansinya berubah. Dan apabila terdapat kerusakan pada IC vertikal dapat langsung diganti.

Apabila bagian blok TV pada gambar diatas teleh dilakukan solder ulang cobalah untuk menghidupkan ulang TV tersebut apakah sudah berjalan normal atau masih mengalami protek yang dilihat dari tanda seperti TV tersebut akan langsung mati dan muncul kedip pada indikator TV dan lalu lakukan langkah seperti berikut ini:



1) apabila lampu indikaton menyala dan berwarna merah dan berganti menjadi warna hijau lalu terhenti menjadi warna kuning, hal tersebut memungkinkan kerusakan terjadi pada IC memori yang terletak pada bagian depan dan memiliki kaki 8 pin typenya bisa 24c04, 24c08 atau 24c16. Akan tetapi bila telah diganti maka harus dilakukan settingan parameter yang dilakukan dengan kode remote servis TV sharp.

2) apabila indikator tersebut bewarna merah lalu mati maka memiliki kemungkinan kerusakan terjadi pada IC MICOM yaitu TDA 938xxx, akan tetapi dapat juga disebabkan oleh tegangan 3,3 Volt DC pada regulator hilang agar dapat dipastikan dapat dilakukan pengecekan pada power supplynya.

3) Kerusakan IC memori juga bisa menyebabkan indikator LED kedip hijau atau merah.

4) Cek tegangan 180V DC untuk blok RGB jika terdapat kerusakan pada resistor pembatasnya bisa menyebabkan protek juga.

5) apabila indikator TV tersebut menyala dengan warna hijau dan kurang dari 5 – 10 detik lalu kembali menjadi merah, hal tersebut dapat memungkinkan kerusakan terjadi pada bagian horizontal. Maka diharuskan untuk melakukan pengecekan pada flayback dengan mencabut flayback atau menggantung kakinya dan ukur menggunakan multimeter dengan skala 10K yang ada pada kaki ground dan kaki yang menuju kolektro transistor output horizontal. Apabila jarum bergerak maka mungkin terjadi short pada flayback.



Baca juga: Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk

Catatan: sebelum kita melakukan perbaikan atau membawanya ke teknisi untuk melakukan service televisi sharp yang mengalami masalah protek ini disarankan terlebih dahulu untuk melakukan pegecekan terhadap soldering blok dulu.

Video Tutorial:

Baca juga: Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog

Demikian artikel ini yang mengulas tentang salah satu permasalahan dari televisi sharp ini yaitu masalah yang dialami adalah protek dan juga cara – cara untuk melakukan perbaikan sendiri dan beberapa saran sebelum melakukan perbaikan televisi dengan masalah tersebut.



Leave a Comment