Jenis Transistor Final Yang Bagus Untuk Bass


Baca juga: Pengertian Transistor FET Dan Mosfet

Pasangan transistor 2N3055 dan 2N2955                   

Untuk pasangan dari kedua jenis transistor – transistor legendaris ini juga dikenal memiliki karakteristik nada rendah atau bass yang cukup empuk dan halus. Pada penggunaannya pasangan transistor ini sering disandingkan pada desain rangkaian power amplifier jenis ocl atau btl.



Output yang dihasilkan dari pemasangan kedua transistor ini lebih jernih, jadi clarity suara audio dapat didengar cukup detail. Apabila transistor sudah beberapa saat digunakan, maka power yang dihasilkan akan terasa menendang jadi dapat menggeber speaker subwoofer yang digunakan.

Kedua transistor jenis ini hanya memiliki dua buah kaki sebagai pin basis dan emitornya. Dan untuk pin kolektor dihubungkan langsung dengan bidy transistor. Oleh karena itu dibutuhkan mika isolator agar dapat menempekan transistor pada pendingin. Untuk transistor pasangan jenis ini sudah jarang ditemukan yang aslinya. Kebanyakan yang dipasarkan paa toko – toko adalah produk kw yang memiliki kualitas kurang baik. Berikut adalah data sheet dari transistor final jenis ini

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Transistor Darlington

Tips Memilih Transistor Final

Pada umumnya transistor dengan jenis atau tipe apapun dapat digunakan sebagai transistor final audio. Akan tetapi bila digunakan untuk keperluan perangkat dengan daya yang tinggi tentunya harus memperhatikan beberapa hal ketika memilih trnasistor untuk bass. Hal tersebut dilakukan agar kita endapatkan amplifier yang dapat menghasilkan suara yang enak untuk didengar.



Berikut adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan ketika memilih transistor final yang baik untuk bass yaitu:

  • Pilih transistor yang memiliki daya penguatan yang besar, minimal 30
  • Pilih transistor dengan arus kolektor yang besar
  • Transistor dengan disisipasi panas yang tinggi agar tidak mudah jebol akibat panas
  • Transistor dengan tegangan kolektor besar
  • Transistor yang memiliki efisiensi tinggi
  • Transistor dengan noise figur yang rendah

Baca juga: Menentukan Jenis Transistor NPN Dan PNP

Demikian artikel kali ini yang membahas beberapa transistor final yang bagus digunakan pada alat musik bass, serta pengertian dari transistor final tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih transistor final yang baik digunakan untuk alat musik bass tersebut.



Leave a Comment