Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Thermostat


Cara Kerja Dan Fungsi Thermostat – Sekarang ini teknologi sudah semakin mengalami perkembangan, sehingga banyak dijumpai perangkat elektronik yang canggih. Salah satunya adalah AC atau Air Conditioner, dimana perangkat elektronik ini mampu mendeteksi dan menyesuaikan suhu secara otomatis.

Hal tersebut dikarenakan didalam AC terdapat sebuah komponen elektronik yang bernama thermostat. Dalam hal ini thermostat memiliki peran yang sangat penting dan juga bisa diprogam pengaturan suhunya sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan yang ditentukan.



Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Thermostat

Nah, karena perannya yang sangat penting maka kali ini disini akan mengulas secara lengkap tentang thermostats mulai dari pengertian, cara kerja, sampai dengan fungsinya. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Thermostat

Pengertian Thermostat

Thermostat adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi sebagai pemutus dan penyambung arus listrik ketika mendeteksi perubahan suhu (temperatur) di lingkungan sekitarnya sesuai dengan pengaturan suhu yang telah ditentukan.

Thermostat yang  banyak digunakan sekarang ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu thermostat elektronik dan thermostat mekanikal. Thermostats mekanikal adalah salah satu jenis sensor suhu kontak atau contact temperature sensor yang menggunakan prinsip Electro-Mechanical. Sedangkan thermostat elektronik adalah jenis sensor suhu yang menggunakan berbagai komponen elektronika untuk bisa mendekteksi perubahan suhu.

Kata thermostat atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan termostat ini berasal dari bahasa Yunan kuno yaitu “Thermo” dan “Statos”. Arti kata “Thermo” adalah panas, sedangkan “Statos” memiliki makna sebagai status quo atau tetap sama.

Apabila kedua kata tersebut digabung menjadi satu maka akan memiliki arti “menjaga panas tetap sama”. Jadi jika terlalu dingin, thermostat akan langsung menyalakan pemanasnya sehingga suhu akan menjadi tetap hangat.

Perangkat untuk mendeteksi suhu yang satu ini sekarang sudah banyak digunakan pada berbagai perangkat listrik seperti kulkas, oven, AC (Air Conditioner), pengendalian suhu mesin di mobil dan juga setrika.



Leave a Comment