Pengertian Komponen PTC Dan NTC (Thermistor)


Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa thermistor merupakan suatu komponen yang bisa mengubah energi panas atau suhu menjadi hambatan listrik. Komponen thermistor juga termasuk dalam kelompok sensor suhu.

Thermistor tidak hanya mampu mendeteksi suhu saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai pelindung komponen dan sebagai pembatas lonjakan arus listrik pada sebuah rangkaian. Dengan melalui kedua jenis thermistor ini, maka fungsi tersebut bisa dijalankan dengan baik.



Fungsi Thermistor Pada Komponen Elektronika

1. Sensor Suhu

Thermistor berfungsi sebagai sensor suhu yang banyak digunakan apda beberapa perangkat elektronika. Dibanding dengan jenis sensor suhu yang lain, thermistor merupakan jenis sensor suhu yang paling akurat dalam jangka panjang.

2. Pembatas Lonjakan Arus

Thermistor mampu membatasi lonjakan arus untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen dan mencegah sekring atau juga circuit breaker mengalami putus atau trip. Jenis thermistor yang digunakan sebagai pembatas lonjakan arus yaitu thermisor NTC.

3. Proteksi Sirkuit

Thermistor dapat digunakan sebagai pengganti sekring. Jenis thermistor yang digunakan untuk menjalankan fungsinya sebagai proteksi sirkuit adalah thermisor PTC.

Cara Kerja Thermistor

Cara Kerja Thermistor

Untuk melengkapi pembahasan ini, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara kerja thermistor lebih rinci lagi. Cara kerja thermistor memang akan menyesuaikan perubahan nilai (hambatannya) berdasarkan besar kecilnya suhu. Suhu tersebut nantinya akan mengenai bagian dari komponen thermistor.

Dengan demikian akan langsung terjadi perubahan nilai resistansi di dalamnya. Pendeteksi suhu pada komponen thermistor ini umumnya berada pada bagian komponennya sendiri.

Pada umumnya, ada dua sistem aplikasi kerja yang bisa diterapkan pada thermistor, yaitu pemanasan internal dan pemanasan eksternal. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan singkat mengenai perbedaan dari kedua sistem tersebut:

  1. Sistem Pemanasan Internal

Sistem pemanasan internal akan membuat thermistor bisa panas secara otomatis ketika dialiri oleh arus listrik. Sistem pemanasan internal ini seringkali digunakan pada rangkaian input power supply, salah satunya yang menggunakan thermistor jenis NTC (Negative Temperatur Coefficient).



Leave a Comment