Pengertian Tespen Dan Cara Menggunakannya


5) Lepaskan tespen dari penghantar atau benda listrik yang di tes.

Cara Merawat Tespen



Berikut adalah cara merawat tespen agar tetap dalam keadaan baik yaitu:

1) Bersihkan tespen dengan kain kering, jangan sampai basah.

2) Simpan tespen pada tempat yang kering, jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.

3) Simpan tespen ditempat yang aman.

Baca juga: Pengertian, Jenis Dan Rumus Daya Listrik

Cara Mengetahui Hasil Pengujian Tespen

Suatu alat ukur pasti menunjukkan hasil dari pengukurannya, berikut adalah jenis – jenis dari hasil tes yang dilakukan oleh tespen:

1) Lampu tespen menyala dengan cahaya normal. Hal ini dapat menandakan bahwa peralatan elektronik (listrik) memiki tegangan yang maksimal.

2) Lampu tespen menyala, dengan cahaya yang redup. Saat mendapatkan hasil yang seperti ini bisa saja saat melakukan pengukuran dengan tespen terdapa kondisi bagian tubuh atau kaki anda terisolasi dengan baik. Oleh karena itu tespen tersebut tidak mendapatkan netral yang cukup baik dari bumi atau tanah.

Dan untuk memastikannya cobalah anda memegang dinding atau tembok dengan menggunakan jari tangan, sambil tangan yang lainnya memegang atau melakukan pengukuran dengan menggunakan tespen.

Apabila saat anda menyentuh dinding dan lampu tespen menyala dengan terang maka benda yang diukur tersebut memiliki tegangan listrik yang maksimal. Lalu apabila cahaa pada tespen tetap redup, maka peralatan elektronk (listrik) tersebut tidak memiliki tegangan yang normal atau kurang. Atau dapat diartikan juga kabel fasa tidak menghasilkan tegangan listrik, melainkan hasil dari tegangan induksi dari kabel fasa yang mengalami kebocoran

3) Lampu tespen tidak menyala. Besar kemungkinan tespen tersebut mengalami kerusakan, jadi pastikan sebelum menggunakan bahwa tespen yang digunakan dalam kondisi yang baik (tidak rusak)

Baca juga: Pengertian Dan Rumus Tegangan Listrik

Fungsi Tespen

Tespen memiliki dua fungsi yang dapat dilakukan secara bersamaan yaitu yang pertama sebagai alat untuk mengetahui apakah terdapat aliran tegangan listrik dan yang kedua adalah sebagai obeng minus (-). Obeng ini sangat terkenal dia kalangan para teknisi – teknisi alat – alat elektronika. Tespen juga dapat digunakan untuk menghindari dari sengatan listri dengan cara diketahui terlebih dahulu apakah terdapat tegangan listrik yang aa pada penhantar atau benda listrik dan diharapkan agar terhindar dari bahaya listrik.

Demikian ulasan tentang tespen yang merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat aliran tegangan listrik atau tidaknya, dan juga menjelaskan bagian – bagian dari tespen serta tidak lupa dengan beberapa jenis – jenis dari tespen tersebut. semoga ilmu yang dibagikan kali ini dapat membantu menambah pengetahuan anda mengenai tespen.

 



Leave a Comment