Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Termokopel


Cara Kerja Dan Fungsi Termokopel – Termokopel merupakan salah satu jenis sensor suhu yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk peralatan listrik ataupun elektronika. Alat yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di beberapa peralatan rumah tangga.

Pengertian Termokopel



Disamping itu, termokopel memiliki jenis yang sangat beragam. Setiap jenisnya sudah pasti memiliki perbedaan mulai dari rentang suhu dan juga jenis bahan.

Nah, maka dari itu kami disini akan menjelaskan secara lengkap mengenai termokopel, mulai dari pengertian, cara kerja dan juga fungsinya.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya tentang pengertian termokopel di bawah ini.

Baca juga: Cara Kerja Dan Fungsi Thermostat

Pengertian Termokopel (Thermocouple)

Thermocouple atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan termokopel adalah sensor suhu yang memiliki fungsi untuk mendeteksi atau mengukur suhu (temperatur) dengan melalui dua jenis logam konduktor berbeda yang kemudian digabung pada bagian ujungnya sehingga akan menghasilkan efek “Thermo-electric”.

Perlu diketahui bahwa efek Thermo-electric pada thermocouple ini pertama kali ditemukan pada tahun 1821 oleh seorang fisikawan estonia yang bernama Thomas Johann.



Dimana pada suatu logam konduktor yang diberikan perbedaan suhu panas secara gradient bisa menimbulkan tegangan listrik. Adapun perbedaan tegangan listrik yang muncul diantara dua persimpangan atau junction ini biasa disebut dengan efek “Seeback”.

Keunggulan Termokopel (Thermocouple)

Pengertian Termokopel (Thermocouple)

Termokopel sekarang ini memang menjadi salah satu jenis sensor suhu yang banyak digunakan di berbagai peralatan listrik ataupun elektronika yang berkaitan dengan suhu atau temperature. Seperti misalnya boiler, oven, mesin press, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alat ini juga memiliki banyak sekali kelebihan sehingga membuatnya menjadi lebih populer. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan termokopel jika dibandingkan jenis sensor suhu lainnya:

  • Termokopel bisa memberikan respon yang sangat cepat terhadap perubahan suhu.
  • Termokopel bisa digunakan untuk mengukur suhu (temperatur) yang cukup luas yaitu mulai dari hingga mencapai.
  • Selain respon yang cepat dan rentang suhu yang cukup luas, termokopel juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap goncangan dan getaran.
  • Kelebihan termokopel lainnya yaitu sangat mudah untuk digunakan.

Prinsip Kerja Termokopel (Thermocouple)

Prinsip kerja termokopel atau thermocouple bisa dibilang sangat mudah dan sederhana. Termokopel pada intinya hanya terdiri dari dua kawat logam konduktor dengan jenis berbeda yang kemudian pada bagian ujungnya digabung menjadi satu.

Salah satu jenis logam konduktor yang ada di dalam termokopel memiliki fungsi sebagai referensi dengan suhu tetap (konstan). Sementara itu, untuk jenis yang lainnya berfungsi sebagai logam konduktor yang mampu mendeteksi suhu panas.



Untuk memudahkan Anda dalam memahami prinsip kerja termokopel, kami akan memberikan contoh gambarnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat gambar berikut ini:



Leave a Comment