Rumus Dan Contoh Soal Teorema Thevenin


Mencari Arus Beban (IL) :

IL = VTH/(RTH + RL)
IL = 12V / (11kΩ + 5kΩ)
IL = 12/16kΩ
IL = 0,75Ma



Dan

Mencari Tegangan Beban (VL) :

VL = IL x RL
VL = 0,75mA x 5kΩ
VL = 3,75V

Dari rangkaian aslinya bisa sampai ke Rangkaian Ekivalen Thevenin, bisa dilihat bahwa ada perbedaan yang sangat besar. Rangkaian Ekivalen Thevenin terbilang lebih mudah dan sederhana.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Piezoelectric Buzzer

Teori Thevenin

Teori Thevenin menyebutkan bahwa suatu rangkaian yang memiliki beberapa sumber tegangan dan hambatan bisa diganti dengan sumber tegangan dalam bentuk seri dengan hambatan (resistor). Dapat dikatakan bahwa sebuah rangkaian elektronika yang rumit bisa disederhanakan menjadi suatu rangkaian hamabatan linier yang memiliki 1 sumber arus dan 1 resistor.

Penyederhanaan rangkaian secara komplek menjadi sederhana berdasarkan teori Thevenin bisa dilihat seperti pada gambar berikut ini:

Pada gambar 1b ada sebuah sumber arus  VTH , yakni tegangan Thevenin. Tegangan Thevenin merupakan suatu tegangan yang diukur atau dihitung pada terminal beban, saat beban sudah dilepas dari rangkaian. Karena beban diukur atau dihitung saat dilepas, maka tegangan ini dinamakan dengan tegangan rangkaian terbuka.

RTh  dinamakan sebagai hambatan Thevenin. Hambatan Thevenin merupakan suatu hambatan yang diukur atau dihitung pada terminal beban saat beban dilepas dari suatu rangkaian dan sumber arus diubah menjadi nol atau dihubungsingkatkan.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengukur tahanan Thevenin adalah mengurangi tegangan sumber arus sampai nol. Untuk sumber tegangan bisa di nol kan dengan cara menghubungsingkatkan terminal tegangan atau bisa juga melepas sumber tegangan yang kemudian menggantinya dengan penghantar.

Berikut ini kami akan memberikan gambar yang menunjukkan bagaimana cara mengukur atau menghitung tegangan dan hambatan Thevenin.



Leave a Comment