Kode Dioda Dan Voltase Dioda


Diketahui bahwa dioda dengan jenis lainnya difungsikan sebagai penyearah arus, akan tetapi berbeda dengan jenis dioda zener ini. Hal tersebut terjadi karena dioda ini telah dirancang khusus agar dapat bekerja dalam rangkaian arus listrik bias balik. Sehingga dioda ini akan dipasangkan dalam sebuah rangkaian elektronik bias masju (forward) yang dapat berguna seperti dioda pada umumnya yaitu penyearah arus.

Akan tetapi jika dioda zener ini dihunakan didalam suatu rangkaian arus listrik dengan bias balik (reverse bias), maka dioda tersebut akan mencapai tegangan breakdown dan juga tegangan dapat menjadi tegangan referensi.



Baca juga: Cara Mengukur Dioda Zener Dengan Multimeter

Cara Kerja Dioda Zener

Doda zener ini bekerja secara terbalik (reverse), berbeda dengan jenis dioda lainnya yang bekerja maju (forward). Apabila digunakan pada rangkaian menjadi dioda biasa, maka dioda zene memiliki aturan layaknya dioda biasa yaitu tegangan maju kurang lebih 0,7V.

Baca juga: Pengertian Dan Prinsip Kerja Dioda Tunnel

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa dioda zener memiliki besar tegangan breakdown tertentu serta sifatnya tetap. Besar tegangan breakdown ini dapat diukur diantara kaki katoda dan anoda. Hal tersebut katoda akan lebih menjadi positif apabila dibandingkan dengan anoda yang dikarenakan penggunaan dalam rangakaian terbalik. Tegangan katoda dan anoda selalu sama. Berikut ini adalah penjelasan pada masing – masing cara kerja dari dioda zener apabila diletakkan pada rangkaian paralel dan pada rangkaian seri yaitu:

Cara Kerja Dioda Zener Dalam Rangkaian Paralel

Dioda ini aan dirangkai secara parelel untuk jalur masuknya tegangan DC. Untuk tegangan input didalam rangkaian ini adalah sebesar tegangan dioda zener contohnya apabila dioda zener paralel 5V6 maka tegangan output akan sama besar yaitu 5,6V sedangkan untuk cara kerja dari dioda ini akan mengubah – ubah nilai tegangan input contohnya dinaikkan 12V atau diturunkan menjadi 8V.

Apabila dioda tersebut bekerja dengan baik maka tegangan keluarnya akan slalu stabil 5,6V walau besar tegangan input yang berubah – ubah. Jadi kesimpulannya adalah besar tegangan outpt pada rangkaian akan sama besar dengan teganan dari dioda zener. Dan pada dasarnya tegangan output prinsip kerja dioda zener pada rangkaian paralel adalah Vout = Vzener.

Baca juga: Mengenal Kode Kode Transistor

Cara Kerja Dioda Zener Dalam Rangkaian Seri

Dioda zener akan dirangkai secara seri terhadap jalur masuk tegangan IC. Pada umumnya tegangan output dalam rangkaian ini adalah tegangan input yang dikurangani dengan tegangan dioda zener mialnya saja menggunakan dioda zener dengan seri 5V6 dan tegangan inputnya sebesar 10V maka tegangan outputnya menjadi 4,4V.

Apabila doda zener dapat bekerja secara normal, maka untuk jumlah besarnya tegangan output juga akan mengalami naik turun yang sama seperti tegangan masuk. Hal itu dapat disebabkan karena besar tegangan pada dioda zener akan selalu sama atau tetap.



Leave a Comment