Pengertian, Harga Dan Fungsi Stavolt


Pengertian, Harga Dan Fungsi Stavolt – Dalam kehidup sehari – hari dibidang kelistrikan kita pernah mendengar mengenai tegangan listirk yang tidak stabil. Masalah ini dapat menyebabkan perangkat elektronika yang terhubung langsung dengan suber listrik dapat mengalami kerusakan.



Dalam menanggulangi hal tersebut disarankan dalam penggunaan perangkat elektronika yang menggunakan tegangan listrik yang lumayan tinggi seperti komputer disarankan untuk menggunakan stabilizer.

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang stavolt yang dapat disebut juga dengan stabilizer voltage. Stavolt ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi suatu kondisi dimana tegangan listrik dari instalasi rumah maupun gerung kantor yang tidak stabil.

PLN selaku jasa penyedia listrik telah mengatur bahwa tegangan listik yang dislurkan pada setiap pelanggan – pelanggannya yaitu sebesar 220 Volt, tetapi pada rumah – rumah sering terjadi tegangan yang sapai lebih kebil atau bahkan jauh dari 220 volt.

Hal tersebut dapat menyebabkan tegangan menjadi tidak stabil, kecilnya tegangan yang didapat oleh para pelanggan tersebut dapat disebabkan oleh kabel yang digunakan pelanggan tersebut memiliki ukurang yang kecil, oleh karena itu dapat berpengaruh terhadap penurunan tegangan.

Baca juga: Pengertian Dan Rumus Tegangan Listrik

Baca juga: Mengenal Arde Listrik Dan Fungsinya

Fungsi Stavolt

Pada sebelumnya telah dijelaskan bahwa stavol ini memiliki fungsi sebagai penstabil dari tegangan listrik yang tidak stabil yang umumnya pada rumah memiliki teganan listrk lebih kecil dari 220 Volt maka banyak juga orang yang menganggapnya sebagai alat untuk menaikkan tegangan.



Padahal dalam kerjanya stavolt juga dapat digunakan sebagai penurun tegangan apabila tegangan tersebut melebihi 220 Volt. Akan tetapi stavol ini tidak bisa memiliki nilai tegangan yang selalu tepat 220 Volt.

Pastikan ketika anda ingin menggunakan stabilizer tegangan tidak tertukar dengan UPS. Hal tersebut dapat terjadi karena UPS memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penjaga dari pasokan listrik tetap stabil menuju peralatan elektronik.

Pada umumnya di sebuah rumah memiliki tegangan listrik yang kurang sabi atau saat menggunakan generator listrik genset yang biasanya stavol digunakan untuk menstabilkan tegangan listrik pada kulkas, TV. Namun apabila penggunaan untuk melindungi perangkat dari komputer lebih baik menggunakan UPS.

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Jenis Stavolt

Dalam pembagiannya stabilizer voltage ini dapat dibagi menjadi dua jenis. Berikut masing – masing penjelasan dari kedua jenis tersebut yaitu:

Stavolt Jenis Relay

Stavolt jenis ini menggunakan beberapa komponen relai yang digunakan untuk melakukan switch output dari trafo dan melakukan penyesuaian tegangan sampai stabilizer tersebut mendapatkan tegangan listrik mendekati nilai 220 Volt AC.

Pada jenis stabilizer ini sangat sulit untuk mendapatkan nilai tegangan tepat di 220 Volt. Hal tersebut disebabkan karena relay tersebut hanya melakukan perpindahan kontak saja yang hanya membuat tegangan menjadi naik dan turun. Contohnya saja per 20 Volt itu juga tergantung pada settingan oleh pebrik pembuatnya.





Leave a Comment