Pengertian Dan Cara Kerja Speaker


Lebih singkatnya, speaker bersifat output device yang bisa mengolah energi input dalam bentuk gelombang listrik yang kemudian dikeluarkan berupa output suara. Sedangkan pengertian speaker menurut ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Suryanto (2013), speaker merupakan sebuah perangkat elektronika yang dibuat dari logam dan mempunyai membran, kumparan, dan magnet sebagai bagian yang akan saling melengkapi antara satu sama lain. Tanpa adanya suatu membran, maka speaker tidak akan bisa menghasilkan bunyi, begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Transduser

Simbol dan Bentuk Speaker

Berikut ini adalah simbol dan bentuk dari loudspeaker atau speaker :



 

Bagaimana Suara Bisa Dihasilkan?

Sebelum membahas lebih jauh tentang lodspeaker atau speaker (pengeras suara) ini, sebaiknya Anda mengetehui terlebih dahulu bagaimana suara bisa dihasilkan. Suara dalam hal ini berarti frekuensi yang bisa didengar oleh telinga manusia. Untuk frekuensi ini sendiri berkisar mulai dari 20Hz sampai dengan 20.000Hz.

Suara dapat timbul karena adanya fluktuasi tekanan yang diakibatkan oleh gerakan atau getaran sebuah obyek yang tertentu. Jika obyek tersebut sudah bergerak atau bergetar, maka obyek tersebut akan langsung mengirimkan energi kinetik untuk partikel udara yang ada disekitarnya. Atau bisa juga dianalogikan seperti halnya gelombang yang terjadi pada air.



Leave a Comment