Pengertian Solar Cell / Solar Panel


Pengertian Solar Cell / Solar Panel / Panel Surya –  Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah energi yang dihasilkan oleh matahari besar. Maka dari itu, sudah banyak sekali yang membuat solar cell sebagai alternatif sumber energi di masa mendatang yang cukup menjanjikan.

Selain itu, solar cell juga merupakan sumber energi yang sangat praktis untuk digunakan. Hal ini karena solar cell tidak membutuhkan transmisi karena dipasang secara modular di berbagai lokasi yang membutuhkan.

Pengertian dan Fungsi Solar Cell

Sel surya atau yang biasa disebut dengan solar cell merupakan sebuah perangkat atau komponen yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menerapkan prinsip efek photovoltaic.

Pengertian dari efek photovoltaic ini sendiri adalah sebuah fenomena yang dimana tegangan listrik dapat muncul. Kemunculan tegangan listrik tersebut disebabkan oleh hubungan yang terjadi antara dua elektroda yang dihubungkan menggunakan sistem padatan atau cairan ketika mendapat energi cahaya. Maka dari itu, sel surya atau solar cell ini juga biasa disebut sebagai sel photovoltaic (PV). Efek photovoltaic ditemukan pertama kali pada tahun 1839 oleh seorang ilmuwan yang bernama Henri Becquerel.

Arus listrik yang telah muncul karena adanya energi foton sinar matahari yang telah didapatkan akan mampu membebaskan semua elektron yang ada dalam sambungan semikonduktor tipe N dan tipe P sehingga bisa mengalir.  Sama halnya dengan dioda photo (Photodiode), solar cell juga mempunyai kaki positif dan negatif yang terhubung pada rangkaian ataupun perangkat yang membutuhkan sumbe listrik.

Pada intinya, sel surya adalah sebuah dioda foto yang mempunyai bagian permukaan sangat besar. Sehingga hal ini membuat perangkat sel surya menjadi sensitif terhadap cahaya yang masuk serta menghasilkan tegangan dan arus yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan dioda foto lainnya. Seperti misalnya, sebuah sel surya dibuat dari bahan semikonduktor silikon sehingga bisa menghasilan tegangan sebesar 0,5V dan arus 0,1A ketika terkena (expose) sinar matahari.

Pengaplikasian perangkat sel surya ini sudah banyak dibutuhkan untuk berbagai macam penggunaan. Mulai dari sumber listrik yang dibutuhkan untuk kalkulator, mainan, pengisi baterai dan pembangkit listrik. Bahkan juga banyak digunakan sebagai sumber listrik yang dapat mengerakan satelit yang telah mengorbit bumi.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Gelombang Elektromagnetik

Struktur Dasar dan Simbol Solar Cell

Berikut ini adalah struktur dasar, bentuk, dan juga simbol yang dimiliki oleh solar cell:

Jenis-Jenis Solar Cell

Solar cell atau sel surya ini terbagi dalam beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan teknologi pembuatannya. Secara garis besar, ada 3 jenis sel surya yang umum digunakan, yaitu:

  1. Monocrystalline Silicon

Monocrystalline silicon merupakan salah satu jenis solar cell yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Jenis solar cell yang satu ini dibuat dari bahan silikon yang dirilis tipis-tipis dengan menggunakan teknologi khusus. Dengan teknologi tersebut maka bisa menghasilkan kepingan sel surya yang identik antara satu sama lain dengan kinerja tinggi.

Ciri-ciri monocrystalline silicone yaitu memiliki warna hitam dengan bentuk yang memang sangat tipis. Sedangkan untuk kelebihannya yang paling menonjol adalah sangat efisien jika digunakan. Ini karena penampangnya mampu menyerap sinar matahari secara lebih baik daripada bahan solar cell yang lainnya.

Efisiensi konversi sinar matahari menjadi listrik yang dimiliki oleh bahan solar cell ini kurang lebih sekitar 15%. Jumlah tersebut bisa dibilang paling besar daripada bahan penyusun solar cell yang lainnya meskipun memiliki ukuran penampang yang sama.

Solar cell ini memang sangat cocok untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan solar cell ini Anda bisa menggunakan berbagai macam peralatan listrik termasuk pompa submersible. Namun jenis solar cell ini akan membutuhkan cahaya yang terlalu terang saat beroperasi. Jika sedang berada pada cuaca yang berawan dan mendung maka solar cell ini bisa mengalami pengurangan efisiensi.

  1. Polycrystalline Silikon

Jenis solar cell yang kedua dan biasa digunakan adalah polycrystalline silikon. Teknologi solar cell ini adalah teknologi panel yang dibuat dari batang silikon dan kemudian dicairkan. Kelebihan yang dimilikinya bisa dilihat dari segi susunanannya yang nampak lebih rapi dan rapat.

Namun solar cell ini juga memiliki kekurangan, yang dimana jika digunakan didaerah rawan atau sering mendung maka akan mengalami penurunan efisiensi. Sedangkan ciri-cirinya sendiri, solar cell ini mempunyai penampilan yang terlihat lebih unik. Hal ini karena adanya retakan-retakan dalam solar cell yang dimilikinya.

Polycrystalline silikon ini mempunyai efisiensi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan efisiensi dari monocrystalline. Maka tak heran jika jumlah tenaga listrik yang dihasilkan nantinya tidak sama. Disamping itu, polycrystalline juga membutuhkan penampang yang berkuran lebih bear.

  1. Thin Film Solar Cell

Jenis solar cell atau sel surya yang terakhir adalah thin film solar cell. Thin film solar cell adalah teknologi panel solar yang terbuat dari sel surya tipis dan kemudian dipasangkan pada suatu lapisan dasar. Dengan demikian maka dilihat dari segi fisik, solar panel yang satu ini akan nampak memiliki dua lapisan.

Sesuai namanya, thin film solar cell ini mempunyai ukuran yang terbilang sangat tipis. Sehingga bobotnya akan menjadi lebih ringan dan fleksibel untuk digunakan. Selain itu, jenis solarcell ini juga menjadi salah satu teknologi yang bisa bekerja dengan baik saat berada dalam cahaya fluorescent.

Namun panel surya ini juga mempunyai efisiensi yang sangat rendah. Bahkan kemungkinan penangkapan yang bisa didapatkan adalah 8,5% untuk penampang yang memiliki luas seperti halnya monocrystalline. Sedangkan untuk masalah penggunaannya, jenis solar cell yang satu ini  biasa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan komersil.

Berdasarkan bahan material yang digunakan, solar cell thin film dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Amorphous Silicon (a-Si) Solar Cells

Solar cell yang dibuat dari bahan Amorphous Silicon ini pada awalnya hanya diterapkan pada kalkulator dan jam tangan saja. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi maka penerapannya juga semakin luas.

Dengan adanya teknik produksi yang biasa disebut dengan “stacking” atau susunan lapis, dimana semua lapisan Amorphous Silicon digabungkan agar membentuk sebuah solar cell. Jenis ini dapat memberikan efisiensi yang lebih baik, yaitu sekitar 6% sampai dengan 8%.

  • Cadmium Telluride (CdTe) Solar Cells

Solar cell yang satu ini memiliki kandungan bahan Cadmium Telluride sehingga efisiensinya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan solar cell Amorphous Silicon, yakni sekitar 9% sampai dengan 11%.

  • Copper Indium Gallium Selenide (CIGS) Solar Cells

Ketimbang dua jenis solar cell thin film sebelumnya, CIGS solar cell mempunyai efisiensi yang sangat tinggi yaitu sekitar 10% sampai 12%. Selain itu, solar cell ini juga tidak memiliki kandungan yang berbahaya (Cadmium) seperti yang ada pada solar cell CdTe.

Cara Kerja Solar Cell

Cahaya matahari memiliki banyak partikel kecil yang biasa disebut dengan Foton. Saat terkena cahaya matahari, foton tersebut akan langsung menghantam atom semikonduktor silikon solar cell sehingga bisa menghasilkan energi dalam jumlah besar untuk dapat memisahkan elektron dari struktur atomnya.

Elektron yang berhasil terpisah dan memiliki muatan negatif (-) ini akan bergerak dengan bebas di daerah pita konduksi yang berasal dari material semikonduktor. Atom yang sudah tidak memiliki elektron nantinya akan terjadi kekosongan pada strukturnya. Kekosongan ini lebih dikenal sengan sebutan “hole” yang memiliki muatan positif (+).

Semikonduktor dengan elektron bebas tersebut memiliki sifat negatif dan berperan untuk memberikan elektron. Adapun untuk daerah semikonduktor ini dinamakan dengan semikonduktor tipe N atau N-type. Sementara itu, daerah semikonduktor dengan hole yang memiliki sifat positif dan berperan untuk menerima (acceptor) elektron maka disebut dengan semikonduktor tipe P atau P-type.

Tepat di persimpangan antara daerah positif dengan daerah negatif (PN Junction), maka bisa menghasilkan energi yang bisa membuat elektron dan hole agar bergerak menuju arah yang berlawanan.

Kemudian elektron akan mulai menjauh dari daerah negatif dan hole nantinya akan bergerak menjauhi dari daerah positif Saat mendapat beban berupa perangkat listrik seperti lampu di persimpangan antara potifi dan negatif (PN Junction) ini maka bisa menghasilkan arus listrik.

Rangkaian Seri dan Paralel Solar Cell

Sama halnya dengan baterai, solar cell juga bisa dirangkai dalam bentuk seri ataupun paralel. Solar cell umumnya bisa menghasilkan tegangan sekitar 0,45 sampai dengan 0,5 dengan arus listrik sekitar 0,1 A ketika mendapatkan sinar cahaya yang cukup terang.

Tak jauh berbeda dengan baterai, solar cell yang dirangkai dalam bentuk seri dapat meningkatkan tegangan atau Voltage. Sementara untuk solar cell yang dirangkai dalam bentuk paralel dapat meningkatkan arus atau Current.

Eksperimen Membuat Panel Surya Sendiri

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat panel surya sederhana di rumah antara lain:

– 1 lembar lembaran tembaga mengkilat
– 2 buah capit buaya
– 1 buah micro ammeter
– 1 buah kompor listrik
– 1 buah botol plastik bening
– 2 sdm garam meja
– 1 buah ampelas atau sikat kawat
– 1 buah gunting
– Air

Jika Anda sudah menyiapkan bahan-bahan diatas dengan lengkap, kini saatnya Anda menerapkan langkah-langkah selanjutnya sebagai berikut.

1. Cuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum memegang bahan-bahan pembuat panel surya. Hal ini dilakukan untuk membuat panel surya sederhana agar tidak ada lemak atau minyak yang akan menempel di tangan Anda.

2. Potong kawat tembaga dengan ukuran yang sama dengan ukuran panel pemanas yang ada di dalam kompor listrik dengan menggunakan gunting.

3. Kawat tembaga yang sudah dipotong kemudian dibersihkan dengan menggunakan ampelas atau sikat kawat, sehingga tidak ada kotoran yang dapat menghambat proses penyerapan energi matahari.

4. Setelah kawat tembaga dibersihkan, letakkan kawat tembaga di atas kompor listrik dan bakar bakar dengan voltase tertinggi.

5. Anda dapat melakukan proses pembakaran ini selama 30 menit hingga lapisan tembaga berubah warna menjadi hitam.

6. Saat proses pembakaran selesai, diamkan terlebih dahulu lapisan tembaga tadi hingga dingin alami kurang lebih 20 menit. Setelah dingin, lapisan tembaga tersebut akan berkerut, hal itu mendandakan bahwa lapisan oksida menyusut.

7. Cara membuat panel surya sederhana yang selanjutnya adalah dengan mencuci dan menggosok tembaga secara perlahan di bawah air yang mengalir. Dalam proses ini, usahakan untuk tidak meregangkan lapisan tembaga karena dapat merusak lapisan oksida corpus yang dibutuhkan untuk membuah panel surya sederhana.

8. Langkah selanjutnya untuk membuat panel surya sederhana adalah memotong lembaran tembaga yang ukurannya disesuaikan dengan tembaga pertama. Setelah itu, tekuk kedua lembaran tembaga, tembaga pertama dan kedua lalu masukkan kedalam botol plastik. Usahakan kedua tembaga tidak bersinggungan satu sama lain.

9. Pasang capit buaya pada lembaran tembaga pertama dan pada lembaran tembaga kedua, kemudian pasangkan kabel dari tembaga kedua ke terminal positif dan kabel dari tembaga pertama yaitu yang telah dibakar ke terminal negatif dari ammeter.

10. Selanjutnya, masukkan air garam yang telah dipanaskan kedalam botol dengan hati-hati dan usahakan jangan sampai membasahi capit buaya. Perlu diperhatikan bahwa ukuran air garam tidak boleh menenggelamkan seluruh plat tembaga.

11. Uji panel surya sederhana yang telah berhasil Anda buat dengan meletakkan di bawah sinar matahari.

Baca juga: Pengertian Dan Prinsip Kerja Photodioda

Cara Merakit Panel Surya Sederhana Untuk Rumahan

Bagi Anda yang tidak ingin ribet merakit panel surya dari awal, Anda bisa membeli panel surya yang sudah jadi di marketplace banyak dan bisa Anda rakit sendiri dengan mudah. Berikut skema rangkaiannya:

Penjelasan:

1. Panel Surya (Solar Panel / Solar Modul)

Panel surya merupakan susunan dari beberapa sel surya (Solar Cell) yang befungsi menyerap sinar matahari untuk dikonversi langsung menjadi arus listrik.

Semakin besar panel surya, semakin banyak sel suryanya, maka akan semakin besar arus listrik yang dihasilkan. Setiap sel surya akan menghasilkan tegangan DC sebesar 0,5V – 1V dalam kondisi penyinaran standar. Kira-kira dibutuhkan sekitar 28 -36 sel surya untuk membangun panel surya yang menghasilkan tegangan DC 12V.

2. Charge Controller (Pengontrol Arus Pengisisan Aki)

Arus listrik yang dihasilkan oleh Panel Surya dikontrol oleh Charge Controller untuk disimpan dalam aki / battery. Hal ini bertujuan untuk menjaga aki agar tidak cepat rusak akibat over charging (pengisian berlebihan). Jika aki kosong atau belum penuh, pengisian arus berlanjut, jika aki sudah penuh arus pengisian akan dihentikan untuk mencegah kebocoran arus dan untuk memperpanjang usia baterai.

3. Battery / Aki

Aki atau battery berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh panel Surya. Dengan demikian di saat malam hari atau tidak ada sinar matahari, kita tetap dapat menggunakan asur listrik yang disimpan di dalam aki atau battery.

Untuk keperluan yang lebih besar biasanya jumlah aki nya banyak agar dapat menyimpan arus listrik lebih banyak lagi. Kumpulan sejumlah aki atau battery ini dikenal dengan Batteries Bank.

Aki yang dipergunakan juga tidak sembarang aki, tetapi aki khusus yang dikenal dengan Deep Cycle Battery. Battery atau aki jenis ini berbeda dengan aki biasa pada umumnya, yang dipergunakan pada mobil.

4. Inverter DC to AC

Bagian ini berfungsi mengubah tegangan DC 12V dari aki menjadi tegangan AC untuk menyediakan tegangan AC 220V / 110V, seperti untuk peralatan rumah tangga dan lampu listrik yang bekerja pada tegangan 220 V.

Harga Panel Surya

Panel Surya 10Wp GH Original Monocrystalline
Panel Surya 10Wp GH Original Monocrystalline
Grosir
Rp 130.000
Panel Surya 20Wp GH Original Polycrystalline
Panel Surya 20Wp GH Original Polycrystalline
Grosir
Rp 210.000
Solar Panel/Panel Surya 30Wp Mono 30wp Monocrystalline HQ
Solar Panel/Panel Surya 30Wp Mono 30wp Monocrystalline HQ
Rp 220.000
Panel Surya 50wp Polycrystalline Promo
Panel Surya 50wp Polycrystalline Promo
Rp 330.000
Panel Surya 60wp Monocrystalline Harga Promo
Panel Surya 60wp Monocrystalline Harga Promo
Rp 343.000
Panel Surya 50Wp GH Monocrystalline Original
Panel Surya 50Wp GH Monocrystalline Original
Rp 369.000
Panel Surya 80wp Polycrystalline Promo
Panel Surya 80wp Polycrystalline Promo
Rp 480.000
Panel Surya 100wp Polycrystalline Promo
Panel Surya 100wp Polycrystalline Promo
Rp 525.000
Solar Panel / Panel Surya100wp Polycrystalline Promo
Solar Panel / Panel Surya100wp Polycrystalline Promo
Rp 539.000
Panel Surya 100Wp GH Original Polycrystalline
Panel Surya 100Wp GH Original Polycrystalline
Rp 559.000
Panel Surya 100Wp GH Original Monocrystalline
Panel Surya 100Wp GH Original Monocrystalline
Rp 569.000
Panel Surya120wp Monocrystalline Harga Promo
Panel Surya120wp Monocrystalline Harga Promo
Rp 614.000
Panel Surya 100wp Polycrystalline Original
Panel Surya 100wp Polycrystalline Original
Rp 650.000
Panel Surya 120Wp GH Original Polycrystalline
Panel Surya 120Wp GH Original Polycrystalline
Grosir
Rp 680.000
Panel Surya 150wp Polycrystalline Promo
Panel Surya 150wp Polycrystalline Promo
Rp 749.000
Panel Surya 150wp Mono / 150Wp Monocrystalline High Quality
Panel Surya 150wp Mono / 150Wp Monocrystalline High Quality
Rp 809.000
Panel Surya 160wp Mono / 160wp Monocrystalline High Quality
Panel Surya 160wp Mono / 160wp Monocrystalline High Quality
Rp 859.000
Panel Surya 160Wp GH Original Polycrystalline
Panel Surya 160Wp GH Original Polycrystalline
Rp 866.000
Panel Surya 190wp Monocrystalline High Quality
Panel Surya 190wp Monocrystalline High Quality
Rp 924.000
Panel Surya 160Wp GH Original Polycrystalline Free Palet
Panel Surya 160Wp GH Original Polycrystalline Free Palet
Rp 926.000
Panel Surya 150wp Polycrystalline Promo Free Palet
Panel Surya 150wp Polycrystalline Promo Free Palet
Rp 1.005.000
Solar Panel/Panel Surya 200wp Mono 200wp Monocrystalline HQ
Solar Panel/Panel Surya 200wp Mono 200wp Monocrystalline HQ
Rp 1.054.000
Panel Surya 200Wp GH Original Polycrystalline
Panel Surya 200Wp GH Original Polycrystalline
Rp 1.098.000
Paket 2pcs Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu & MC4
Paket 2pcs Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu & MC4
Rp 1.149.000
Paket 2pcs Solar Panel/Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu & MC4
Paket 2pcs Solar Panel/Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu & MC4
Rp 1.149.000
Panel Surya 200Wp GH Original Polycrystalline Free Palet
Panel Surya 200Wp GH Original Polycrystalline Free Palet
Rp 1.161.000
Paket 2pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Mono Free Packing Kayu
Paket 2pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Mono Free Packing Kayu
Rp 1.188.000
Paket 2 pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Poly 100wp Polycrystalline +
Paket 2 pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Poly 100wp Polycrystalline +
Rp 1.192.000
Paket 2pcs Panel Surya 120wp Mono + Packing Kayu + MC4
Paket 2pcs Panel Surya 120wp Mono + Packing Kayu + MC4
Rp 1.268.000
Panel Surya 220wp Monocrystalline Harga Promo
Panel Surya 220wp Monocrystalline Harga Promo
Rp 1.279.000
Paket 2 pcs Panel Surya 100Wp Poly + 1pcs Controller 20A + MC4 2in1
Paket 2 pcs Panel Surya 100Wp Poly + 1pcs Controller 20A + MC4 2in1
Rp 1.327.000
Paket 2pcs Panel Surya 120wp Mono+1pcs controller20A free Packing Kayu
Paket 2pcs Panel Surya 120wp Mono+1pcs controller20A free Packing Kayu
Rp 1.408.000
Paket 2 pcs Panel Surya 120Wp Mono + 1pcs Controller 20A + MC4 2in1
Paket 2 pcs Panel Surya 120Wp Mono + 1pcs Controller 20A + MC4 2in1
Rp 1.438.000
Panel Surya 280wp Poly / 280wp Polycrystalline Original High Quality
Panel Surya 280wp Poly / 280wp Polycrystalline Original High Quality
Rp 1.585.000
Solar Panel/Panel Surya 270wp Monocrystalline Original + Packing kayu
Solar Panel/Panel Surya 270wp Monocrystalline Original + Packing kayu
Rp 1.657.000
Panel Surya 320wp Mono / 320wp Monocrystalline Free Packing Kayu
Panel Surya 320wp Mono / 320wp Monocrystalline Free Packing Kayu
Rp 1.735.000
Solar Panel / Panel Surya 2pcs 150wp Mono 150wp Monocrystalline +Palet
Solar Panel / Panel Surya 2pcs 150wp Mono 150wp Monocrystalline +Palet
Rp 1.749.000
Panel Surya 310wp Mono / 310wp Monocrystalline Free Packing Kayu
Panel Surya 310wp Mono / 310wp Monocrystalline Free Packing Kayu
Rp 1.769.000
Paket 2pcs Panel Surya 160wp Mono 160wp Monocrystalline + Packing Kayu
Paket 2pcs Panel Surya 160wp Mono 160wp Monocrystalline + Packing Kayu
Rp 1.842.000
Solar Panel / Panel Surya 360wp Mono 360wp Monocrystalline + PackingKa
Solar Panel / Panel Surya 360wp Mono 360wp Monocrystalline + PackingKa
Rp 1.925.000
Panel Surya 380wp Monocrystalline High Quality
Panel Surya 380wp Monocrystalline High Quality
Rp 1.975.000
Solar Panel / Panel Surya 370wp Mono 370wp Monocrystalline+PackingKayu
Solar Panel / Panel Surya 370wp Mono 370wp Monocrystalline+PackingKayu
Rp 1.979.000
Paket 4pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Poly Free Packing Kayu
Paket 4pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Poly Free Packing Kayu
Rp 2.226.000
Paket 4pcs Solar Panel/Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu
Paket 4pcs Solar Panel/Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu
Rp 2.238.000
Paket 4pcs Panel Surya/Solar Panel 120wp Mono + Packing Kayu
Paket 4pcs Panel Surya/Solar Panel 120wp Mono + Packing Kayu
Rp 2.398.000
Paket 4pcs Solar Panel / Panel Surya 120wp Mono + Packing Kayu
Paket 4pcs Solar Panel / Panel Surya 120wp Mono + Packing Kayu
Rp 2.465.000
Paket 6pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Poly Free Packing Kayu
Paket 6pcs Solar Panel/Panel Surya 100wp Poly Free Packing Kayu
Rp 3.249.000
Paket 6pcs Solar Panel/Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu
Paket 6pcs Solar Panel/Panel Surya 120wp Mono Free Packing Kayu
Rp 3.285.000
Paket 6pcs Panel Surya/Solar Panel 120wp Mono + Packing Kayu
Paket 6pcs Panel Surya/Solar Panel 120wp Mono + Packing Kayu
Rp 3.501.000
paket 6pcs Solar Panel / Panel Surya 120wp Mono + Packing Kayu
paket 6pcs Solar Panel / Panel Surya 120wp Mono + Packing Kayu
Rp 3.665.000

 

referensi harga: https://www.tokopedia.com

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan secara lengkap mengenai solar cell atau sel surya mulai dari pengertian, jenis, hingga cara kerjanya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment