Pengertian Solar Cell / Solar Panel


Pengertian Solar Cell / Solar Panel / Panel Surya –  Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah energi yang dihasilkan oleh matahari besar. Maka dari itu, sudah banyak sekali yang membuat solar cell sebagai alternatif sumber energi di masa mendatang yang cukup menjanjikan.



Selain itu, solar cell juga merupakan sumber energi yang sangat praktis untuk digunakan. Hal ini karena solar cell tidak membutuhkan transmisi karena dipasang secara modular di berbagai lokasi yang membutuhkan.

Pengertian dan Fungsi Solar Cell

Sel surya atau yang biasa disebut dengan solar cell merupakan sebuah perangkat atau komponen yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menerapkan prinsip efek photovoltaic.

Pengertian dari efek photovoltaic ini sendiri adalah sebuah fenomena yang dimana tegangan listrik dapat muncul. Kemunculan tegangan listrik tersebut disebabkan oleh hubungan yang terjadi antara dua elektroda yang dihubungkan menggunakan sistem padatan atau cairan ketika mendapat energi cahaya. Maka dari itu, sel surya atau solar cell ini juga biasa disebut sebagai sel photovoltaic (PV). Efek photovoltaic ditemukan pertama kali pada tahun 1839 oleh seorang ilmuwan yang bernama Henri Becquerel.

Arus listrik yang telah muncul karena adanya energi foton sinar matahari yang telah didapatkan akan mampu membebaskan semua elektron yang ada dalam sambungan semikonduktor tipe N dan tipe P sehingga bisa mengalir.  Sama halnya dengan dioda photo (Photodiode), solar cell juga mempunyai kaki positif dan negatif yang terhubung pada rangkaian ataupun perangkat yang membutuhkan sumbe listrik.



Pada intinya, sel surya adalah sebuah dioda foto yang mempunyai bagian permukaan sangat besar. Sehingga hal ini membuat perangkat sel surya menjadi sensitif terhadap cahaya yang masuk serta menghasilkan tegangan dan arus yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan dioda foto lainnya. Seperti misalnya, sebuah sel surya dibuat dari bahan semikonduktor silikon sehingga bisa menghasilan tegangan sebesar 0,5V dan arus 0,1A ketika terkena (expose) sinar matahari.

Pengaplikasian perangkat sel surya ini sudah banyak dibutuhkan untuk berbagai macam penggunaan. Mulai dari sumber listrik yang dibutuhkan untuk kalkulator, mainan, pengisi baterai dan pembangkit listrik. Bahkan juga banyak digunakan sebagai sumber listrik yang dapat mengerakan satelit yang telah mengorbit bumi.

Baca juga: Pengertian Dan Jenis Gelombang Elektromagnetik

Struktur Dasar dan Simbol Solar Cell

Berikut ini adalah struktur dasar, bentuk, dan juga simbol yang dimiliki oleh solar cell:

Jenis-Jenis Solar Cell

Solar cell atau sel surya ini terbagi dalam beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan teknologi pembuatannya. Secara garis besar, ada 3 jenis sel surya yang umum digunakan, yaitu:

  1. Monocrystalline Silicon





Leave a Comment