Jenis Jenis Soket Listrik atau Colokan Listrik


Jenis Jenis Steker Listrik – Dalam dunia kelistrikan tentu ada banyak sekali komponen yang digunakan sebagai instalasi listrik. Beberapa komponen tersebut adalah kabel, saklar, colokan listrik dan lain sebagainya.

Setiap jenis komponen tersebut sudah pasti memiliki fungsi berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan listrik. Maka dari itu penting sekali untuk mengenali dan memahami masing-masing komponen inslatasi listrik tersebut.



Jenis Jenis Soket Listrik atau Colokan Listrik (Stop Kontak)

Salah satu komponen listrik yang sudah pasti sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah colokan listrik, bahkan alat ini sudah sangat umum dan banyak digunakan. Seperti misalnya, sebagai colokan listrik yang digunakan sebagai penghubung berbagai barang elektronik seperti TV, komputer atau laptop, kulkas, charger ponsel dan masih banyak sekali peralatan lainnya yang memanfaatkan arus listrik.

Meskipun memiliki ukuran yang tidak begitu besar tetapi colokan atau yang biasa disebut dengan soket listrik ini memiliki peran dan fungsi yang cukup penting untuk mengalirkan listrik. Keberadaan colokan atau soket listrik maka arus listrik dipastikan akan menjadi aman dan lebih mudah untuk dialirkan. Ukuran dan bentuk colokan sendiri sangat beragam karena tergantung dari jenisnya.

Baca juga: Macam Macam Kabel Listrik

Jenis-Jenis Colokan Listrik

Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini ada 14 jenis colokan listrik yang digunakan di berbagai negara.Hal ini penting untuk diperhatikan supaya travel adapter yang Anda bawa nantinya benar-benar cocok dengan colokan listrik di negara tersebut. Berikut ini adalah 14 jenis soket listrik (colokan listrik) di seluruh dunia yang perlu Anda ketahui:

  1. Colokan Tipe A

Colokan Tipe A

Jenis atau tipe colokan yang pertama adalah colokan tipe A. Colokan ini merupakan colokan ungrounded yang terdiri dari dua pin paralel datar. Pin yang ada pada colokan tipe A ini mempunyai lubang yang berada di bagian ujung dan pas dengan “tonjolan” yang ditemukan pada kontak wiper dari sejumlah soket. Hal ini membuat pin bisa dicengkeram secara lebih erat supaya terjadi kontak yang lebih dan membuat colokan tidak mudah terlepas dari soket.

Pada umumnya colokan listrik tipe A ini digunakan di beberapa negara di Amerika Tengah dan Amerika Utara. Namun meski demikian, colokan tipe A juga banyak digunakan di beberapa negara Asia seperti Malaysia, Jepang, Thailand dan juga Tiongkok.

  1. Colokan Tipe B

Colokan Tipe B



Leave a Comment