Simbol MCB Dan Cara Membaca Kodenya


Cara Membaca Kode MCB Dan Simbolnya –  MCB atau Miniature Circuit Breaker merupakan salah satu perangkat yang memiliki peran penting dalam instalasi listrik. Perangkat yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung rangkaian listrik ini pada umumnya digunakan untuk mengamankan mesin di pabrik ataupun sebagai pembatas arus di gedung dan rumah.

Disamping itu, MCB juga merupakan alat pemutus atau pemisah suatu sistem arus listrik ke dalam bentuk lebih kecil yang terbagi menjadi beberapa bagian. Mungkin anda pernah melihat suatu instalasi listrik besar yang berisi panel switch. Ini adalah tipe MCB yang memiliki kapasitas lebih besar. Panel ini bisa diatur ON atau OFF sesuai kebutuhan.



Simbol MCB Listrik

Sekarang ini ada banyak sekali jenis MCB listrik yang beredar di pasaran. Namun salah satu tipe yang paling banyak digunakan dan populer di pasaran adalah MCB Schneider. Hal ini karena MCB Schneider memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan tipe MCB lainnya. Namun sebenarnya tipe tidak menjadi masalah penting selama MCB listrik yang dipilih bisa bekerja dengan baik.

Kotak box MCB yang digunakan untuk rumah mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dan mudah untuk dipasang secara langsung. Pada bagian paling luar akan nampak adanya beberapa kode dan panel.

Kode inilah yang akan menunjukkan batas arus, tegangan, dan juga kapasitas. Ketika arus yang masuk telah melampui batas maka bimetal pada MCB listrik akan menjadi melengkung dan akhirnya listrik mati. Jika arus listrik sudah kembali normal, listrik akan berfungsi seperti semula. Sebelum membahas lebih jauh mengenai simbol, dan kode MCB listrik kita akan membahas terlebih dahulu mengenai jenis-jenis MCB.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi MCB

Jenis Jenis MCB Listrik

Berdasarkan ketahanannya, MCB merupakan salah satu komponen yang memiliki banyak jenis dan biasa disebut dengan arus nominal. Beberapa diantaranya adalah 6A, 10A, 13A, 16A, 20A, 25A, 32A, 40A, 50A, 63A, 80A, 100A, dan 125A.



Sementara itu, menurut karakteristik pemutus arus listriknya, MCB listrik merupakan sebuah komponen yang dibagi menjadi 5 jenis, yaitu MCB type B, MCB type C, MCB type D, MCB type K dan MCB type Z. Berikut di bawah ini adalah penjelasan secara singkat mengenai ke lima jenis komponen  MCB listrik tersebut.

  1. MCB Type B

MCB Jenis B

 

 

MCB memiliki ketahanan listrik yang lebih besar, sekitar 3 sampai 5 kali lebih besar dibanding arus maksimum yang tercantum pada fisiknya. Seperti misalnya, jika tercantum bahwa arus maksimumnya 7A maka untuk batas ketahanannya sekitar 21A hingga 35A. Jenis MCB yang satu ini banyak dijumpai di area perumahan, toko maupun industri ringan.

  1. MCB Type C

MCB Jenis C





Leave a Comment