Macam Macam Jenis Lampu Dan Simbolnya


Macam Macam Simbol Dan Jenis Lampu – Lampu listrik merupakan sebuah perangkat yang bisa menghasilkan cahaya ketika dialiri oleh arus listrik. Arus listrik yang dimaksud dalam hal ini berasal dari tenaga listrik yang telah dihasilkan oleh pembangkit listrik terpusat (Centrally Generated Electric Power) seperti Genset dan PLN atau bisa juga daya listrik yang dihasilkan oleh baterai dan aki.

Di zaman yang sudah sangat modern seperti sekarang ini, lampu listrik sudah menjadi peralatan listrik yang memiliki peran sangat penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan lampu listrik akan memudahkan kita untuk melakukan berbagai macam kegiatan di malam hari, memperindah tampilan interior atau eksterior bangunan, sebagai penerang pada ruangan gelap dan juga sebagai indikator adanya tanda-tanda berbahaya.



Sebelum adanya lampu listrik, masyarakat pada zaman dulu menggunakan lilin, lampu minyak, atau bahkan hanya sekedar api unggun untuk dijadikan sebagai penerang saat malam hari.

Macam Macam Jenis Lampu

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa yang menemukan lampu listrik pertama kali adalah  seorang ilmuwan asal Amerika Serikat yang bernama Thomas Alva Edison pada tahun 1847  – 1931. Anggapan ini sebenarnya salah karena sebelumnya ada banyak sekali ilmuwan yang menciptakan berbagai jenis lampu listrik dengan beragam bahan dan teknik.

Namun beberapa penemuan tersebut memiliki banyak kekurangan seperti tidak praktis, tidak mampu bertahan lama, membutuhkan lebih banyak daya listrik, dan harganya terbilang sangat mahal.

Sehingga pada akhirnya Thomas Alva Edison menjadi ilmuwan pertama yang berhasil menciptakan lampu pijar (Incandescent lamp) komersial yang mampu bertahan lama, pemakaian listrik yang lebih hemat, dan harganya pun juga jauh lebih murah.



Lampu listrik yang berhasil diciptakan oleh Thomas Alva Edison inilah yang digunakan oleh masyarakat luas dan bahkan masih digunakan sampai detik ini. Lampu pijar pertama yang berhasil diciptakan oleh Thomas Alva Edison pada tanggal 22 Oktober 1879 hanya mampu bertahan sekitar 13,5 jam.

Baca juga: Rangkaian Lampu Seri Dan Paralel

Simbol Lampu Listrik dalam Elektronika

Berkut ini adalah simbol lampu listrik dalam elektronika :

Simbol Lampu Listrik

Jenis-Jenis Lampu Listrik

Seiring dengan berkembangnya teknologi, lampu listrik sekarang ini juga sudah mengalami berbagai perbaikan dan kemajuan. Lampu listrik tidak hanya terdiri dari lampu pijar saja, sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis lampu listrik lainnya.

  1. Lampu Pijar (Incandescent Lamp)

Lampu Pijar

Lampu pijar atau Incandescent Lam merupakan sebuah lampu listrik yang mempunyai sistem penerangan dengan memanfaatkan pemanasan kawat pijar tipis yang berada pada pusat dalam bohlam tersebut.



Cara kerja lampu pijar adalah ketika arus listrik mengalir menuju filamen kawat pijar pada bohlam maka akan membuat filamen memanas sampai pada akhirnya mencapai sebuah titik temperatur yang tertentu sehingga bisa menghasilkan cahaya.



Leave a Comment