Simbol Kapasitor Bipolar, Non Polar Dan Fungsinya


Simbol Kapasitor Bipolar, Non Polar Dan Fungsinya – kapasitor merupakan komponen yang terdapat pada beberapa rangkaian elektronika yang dapat difungsikan untuk mempermudah desai pada rangkaian elektronika tersebut.



Kapasitor ini dapat disebut dengan kondensator yang merupakan komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan muatan listrik dengan waktu sementara dan memiliki satuan berupa farad. Kapasitor ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu kapasitro yang memiliki nilai tetap (fixed capasitor) dan juga kapasitor variabel (Variabel capacitor). Pada kapasitor tetap dibagi menjadi beberapa jenis lagi salah satunya adalah kapasitor elektrolit atau dapat disebut juga dengan kapasitor polar.

Baca juga: Pengertian, Fungsi Dan Perhitungan Kapasitor Bank

Pada artikel ini akan dibahas tentang beberapa jenis dari kapasitor tersebut diantaranya adalah kapasitor polar, kapasitor non polar, dan juga kapasitor variabel. Kapasitor memiliki simbol untuk memudahkan dalam melakukan perancangan sebuah rangkaian listrik maupun elektronika.

Simbol tersebut biasanya telah ditetapkan (sudah ada) yaitu simbol yang berdasarkan standar US dan juga simbol dengan standar Eropa. Untuk simbol dari kapasitor plar dan non polar tidak memiliki perbedaan yang jauh hanya saja terdapat hambatan yang dapat membedakan keduanya. Berikut adalah penjelasan simbol – simbol dari jenis – jenis kapasitor yang akan dibahas pada artikel ini.

Baca juga: Cara Membaca Kapasitor Keramik, Polar, Non Polar

Simbol Kapasitor Elektrolit atau Polar

Untuk kapasitor jenis ini pada umumnya digunakan untuk kebutuhan rangakaian dengan nilai kapasitansi yang besar contohnya saja seperti filter pada power suppl, jenis kapasitor ini dinamakan kapasitor polar yang disebabkan kapasitor tersebut memiliki polaritas positif dan negatif yang terdapat pada kak terminalnya, sedangkan untuk pemasangannya tidak boleh terbalik. Oleh karena hal tersebut kapasitor ini terkadang disebut dengan kapasitor bipolar. Berikut adalah beberapa bentuknya:



Untuk simbol dari jenis kapasitor polar ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu simbol yang berdasarkan standar US dan berdasarkan standae Eropa dan umumnya digunakan untuk simbol rangkaian elektronika

Baca juga: Cara Cek Kapasitor Dengan Mudah

Simbol Kapasitor Non Polar

Untuk kapasitorn non polar ini umumnya digunakan pada rangkaian yang memiliki nilai kapasitansi yang relatif kecil dengan satuannya berupa pico farad, nano farad, mili farad sampai dengan yang paling besar adalah mikro farad oleh karena itu penyimpanannya sangat kecil. Pada umumnya penggunaan kapasitor jenis ini terdapat pada rangkaian radio frekuensi tinggi atau sebagai kapasitor kopling. Berikut adalah bentuk dari kapasitor jenis ini

Sama seperti jenis kapasitor sebelumnya, untuk simbol juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu menggunakan standar US dan juga standar Eropa. Berikut adalah gambar dari simbolnya.



Leave a Comment