Pengertian Dan Contoh Seven Segment


Pengertian Dan Contoh Seven Segment – Dalam sebuah jam digital, biasanya akan ditemukan beberapa garis yang menyala secara bergantian sesuai dengan angka yang ditampilkan untuk dapat menunjukkan pukul atau jam berapa saat ini. Atau mungkin jika Anda perhatikan di persimpangan jalan akan ada traffic light atau di suatu lampu merah yang menunjukkan hitung mundur supaya arus lintas dapat teratur.



Nah, kolom yang telah menunjukkan satu karakter tersebut memiliki 7 garis yang menyala secara bergantian. Perangkat 7 garis yang menyala secara bergantian ini dinamakan dengan seven segment display. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai seven segment display mulai dari pengertian, jenis, fungsi, dan lainnya.

Baca juga: Fungsi Rangkaian Flip Flop

Pengertian Seven Segment Display

Seven Segment Display (7 Segment Display) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai layar tujuh segmen merupakan sebuah komponen elektronika yang bisa menampilkan angka desimal dengan melalui berbagai kombinasi segmennya. Seven segment display ini pertama kali diperkenalkan oleh Frank. W. Wood pada tahun 1908. Setelah itu, seven segment display mulai dikenal secara luas pada tahun 1970 setelah penggunaannya pada Light Emitting Diode atau LED.

Komponen elektronika yang satu ini mempunyai 7 segmen, yang dimana masing-masing segmen bisa dikendalikan secara ON dan OFF untuk dapat menampilkan angka yang diinginkan. Semua angka yang dimulai dari angka 0 (Nol) sampai dengan angka 9 (Sembilan) bisa ditampilkan dengan menggunakan beberapa kombinasi segmen. Selain angka 0 sampai 9, komponen ini juga mampu menampilkan huruf hexadecimal mulai dari A hingga F.

Segmen atau berbagai elemen pada seven segment display umumnya diatur dalam bentuk angka “8” yang terlihat miring ke kanan dan memiliki tujuan utama untuk memudahkan para pembacanya. Di berbagai jenis seven segment display, ada juga penambahan “titik” yang dapat menampilkan angka koma desimal.



Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis seven segment display yang paling umum digunakan, yaitu:

  • Incandescent Bulbs
  • Fluorescent Lamps (FL)
  • Liquid Crystal Display (LCD)
  • Light Emitting Diode (LED)

Dari beberapa jenis tersebut, yang paling banyak digunakan oleh para penghobi elektronika adalah 7 segment yang menggunakan Light Emitting Diode (LED) sebagai penerangnya. Hal ini karena harganya yang terbilang murah dan sangat mudah untuk dirangkai.

Seven Segment LED (LED 7 Segmen)

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai LED 7 segmen yang merupakan salah satu jenis 7 segment display yang sering digunakan. LED 7 Segmen ini biasanya mempunyai 7 segmen atau elemen garis dan 1 segment titik yang menandakan “koma” desimal. Jadi bisa disimpulkan bahwa jumlah segmen atau elemen LED secara keseluruhan adalah 8.



Leave a Comment