Pengertian Sensor Proximity (Sensor Jarak)


Sensor Proximity Adalah – Sensor jarak atau dalam bahasa inggris disebut sebagai proximity sensor (sensor proksimitas) merupakan sebuah sensor elektronik yang memiliki fungsi sebagai pendeteksi keberadaan objek di sekitarnya tanpa tersentuh secara fisik.

Sensor Proximity



Sensor proksimitas juga bisa dikatakan sebagai salah satu perangkat yang bisa digunakan untuk mengubah informasi tentang gerakan atau keberadaan objek menjadi sinyal listrik. Untuk dapat mendeteksi keberadaan objek yang ada di sekitarnya, proximity sensor tidak menggunakan bagian mekanik atau bagian-bagian yang bergerak. Namun pada umumnya menggunakan medan elektromagnetik maupun sinar radiasi elektromagnetik untuk bisa mengetahui apakah ada suatu objek tertentu yang berada di sekitarnya.

Jarak paling maksimal yang bisa dideteksi oleh sensor jarak biasa disebut sebagai nominal range (kisaran nominal). Sekarang ini sudah banyak sekali proximity sensor yang dilengkapi dengan fitur pengaturan nominal range dan juga pelaporan jarak objek yang ingin dideteksi.

Sensor jarak ini merupakan sebuah perangkat yang akan sangat berguna jika digunakan pada beberapa tempat yang berbahaya. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, sensor jarak ini sudah banyak digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Bahkan, sensor jarak sudah banyak digunakan di hampir  semua jenis ponsel pintar (smartphone) zaman ini.

Proximity Sensor

Pada umumnya sensor proximity memang digunakan untuk dapat mendeteksi keberadaan, kedekatan, posisi dan juga perhitungan pada mesin sistem otomatis serta sistem manufaktur. Adapun beberapa mesin yang biasa menggunakan sensor jarak ini adalah mesin produksi, mesin kemasan, mesin percetakan plastik, mesin percetakan, mesin pengolah makanan, mesin untuk pengerjaan logam, dan masih banyak lagi jenis mesin yang lainnya.

Sensor ini mempunyai tingkat keakuratan serta sensitifitas sensor yang cukup baik. Disamping itu, sensor proximity juga sangat praktis dan merupakan sensor yang tahan terhadap benturan ataupun goncangan. Bahkan sensor yang satu ini juga sangat mudah dalam masalah perawatan maupun perbaikan penggantinya.

Baca juga: Sensor Jarak Hall Effect

Jenis-Jenis Sensor Jarak (Proximity Sensor)

Sensor Proximity

Sensor jarak (proximity sensor) bisa dibedakan menjadi beberapa macam jenis, yaitu Inductive Proximity Sensor, Capacitive Proximity Sensor, Photoelectric Sensor, dan Ultrasonic Proximity Sensor. Berikut di bawah ini kami akan menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai beberapa jenis sensor jarak tersebut.

  1. Sensor Jarak Induktif (Inductive Proximity Sensor)

Inductive Proximity Sensor

Sensor jarak induktif (Inductive Proximity Sensor) merupakan sebuah sensor jarak yang memiliki fungsi sebagai pendeteksi keberadaan logam, baik itu logam jenis Ferrous ataupun logam jenis non-ferrous. Jenis sensor yang satu ini bisa digunakan sebagai pendeteksi keberadaan (ada atau tidaknya keberadaan objek logam), menghitung suatu objek logam serta aplikasi pemosisian.



Leave a Comment