Pengertian Dan Fungsi Sekering (Fuse)


Fuse yang sudah putus harus diganti dengan Fuse yang spesifikasinya yang sama.

Apabila Spesifikasi Fuse yang diganti tersebut berbeda, maka fungsi Fuse yang sebagai pengaman ini tidak dapat berfungsi secara maksimal atau tidak dapat melindungi Rangkaian / Peralatan Elektronika ataupun peralatan listrik dengan baik.



Berikut ini adalah cara mengukur Fuse dengan menggunakan Multimeter Digital :

  • Aturlah posisi pada Saklar Multimeter di posisi Ohm (Ω)
  • Kemudian Hubungkan Probe Multimeter pada tiap-tiap Terminal Fuse atau Sekering.
  • Sekering tersebut tidak mempunyai polaritas, jadi posisi Probe Merah serta Probe Hitam tidak akan dipermasalahkan.
  • Pastikan nilai yang ditunjukan pada Display Multimeter ialah “0” Ohm. Kondisi itu menandakan Fuse tersebut dalam kondisi baik (Short).
  • Apabila Display Multimeter itu menunjukan “Tak Terhingga”, maka Fuse dinyatakan sudah rusak/putus atau terbakar.

Baca juga: Cara Menggunakan Multimeter Yang Benar

Contoh Kerja dari Sekering Otomatis Sederhana

 Kerja dari Sekring Otomatis

Komponen seperti resistor bisa digunakan untuk mengetahui  jumlah arus yang telah mengalir melalui beban. Penurunan tegangan dari komponen resistor akan diberikan menuju input pembali dari pembali dan tegangan masih akan tetap diberikan pada terminal pembalik pembanding atau komparator.

Saat pengoperasian normal (arus mengalir dengan jumlah beban yang sesuai), penurunan tegangan pada komponen resistor yang kurang dari tegangan tetap dan input komparator sangat rendah sehingga bisa membuat MOSFET menjadi mati.  Kontak umum dari relai terhubung secara langsung menuju kontak NC (Normally Closed) dan rangkaian akan dilengkapi dengan beban yang memperoleh supply arus dari listrik.

Namin jika mengalami beban berlebih dan terhubung, arus akan semakin meningkat, yang nantinya bisa membuat penurunan pada tegangan yang telah melalui resistor. Di beberapa titik watu, penurunan tegangan ini bisa lebih dari tegangan tetap, yakni input yang ada pada terminal non-inverting lebih daripada input di terminal pembali atau inverting komparator.



Leave a Comment