Pengertian, Cara Kerja Dan Rangkaian Saklar


Pengertian Dan Rangkaian Saklar – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak pernah terlepas dengan yang namanya listrik. Terlebih jika Anda merupakan seseorang yang setiap harinya bekerja dalam bidang elektronik yang sudah pasti menggunakan listrik sebagai sumber daya (penggeraknya).

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis saklar yang dijual di berbagai toko listrik dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.  Dipasaran banyak saklar yang dijual dengan harga cukup mahal, tetapi ada juga yang dijual dengan harga sangat murah. Ada saklar yang menggunakan tiga tombol, dan ada pula saklar yang menggunakan satu tombol.



pengertian, Cara Kerja Dan Rangkaian Saklar

Disamping itu, setiap peralatan elektronik selalu membutuhkan aliran listrik sebagai sumber energinya, baik itu yang digunakan untuk menghidupkannya (penggerak) ataupun untuk penyimpangan cadangan energi.

Hal inilah yang kemudian membuat seseorang bisa melakukan pengontrolan terhadap listrik dengan baik supaya penggunaannya nanti dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan terhindar dari pemborosan listrik. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah alat yang digunakan sebagai pengontrolnya, yaitu saklar.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai  pengertian dan cara kerja saklar listrik secara lengkap. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jenis Jenis Saklar Dan Fungsinya

Pengertian Saklar

Pengertian Saklar

Saklar atau yang biasa disebut dengan saklar listrik merupakan salah satu komponen atau perangkat yang memiliki fungsi sebagai pemutus atau penghubung aliran listrik. Komponen yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Switch ini menjadi komponen listrik yang paling umum digunakan.



Leave a Comment