Pengertian, Cara Kerja Dan Rangkaian Saklar


Pengertian Dan Rangkaian Saklar – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak pernah terlepas dengan yang namanya listrik. Terlebih jika Anda merupakan seseorang yang setiap harinya bekerja dalam bidang elektronik yang sudah pasti menggunakan listrik sebagai sumber daya (penggeraknya).

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis saklar yang dijual di berbagai toko listrik dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.  Dipasaran banyak saklar yang dijual dengan harga cukup mahal, tetapi ada juga yang dijual dengan harga sangat murah. Ada saklar yang menggunakan tiga tombol, dan ada pula saklar yang menggunakan satu tombol.



pengertian, Cara Kerja Dan Rangkaian Saklar

Disamping itu, setiap peralatan elektronik selalu membutuhkan aliran listrik sebagai sumber energinya, baik itu yang digunakan untuk menghidupkannya (penggerak) ataupun untuk penyimpangan cadangan energi.

Hal inilah yang kemudian membuat seseorang bisa melakukan pengontrolan terhadap listrik dengan baik supaya penggunaannya nanti dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan terhindar dari pemborosan listrik. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah alat yang digunakan sebagai pengontrolnya, yaitu saklar.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai  pengertian dan cara kerja saklar listrik secara lengkap. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jenis Jenis Saklar Dan Fungsinya

Pengertian Saklar

Pengertian Saklar



Saklar atau yang biasa disebut dengan saklar listrik merupakan salah satu komponen atau perangkat yang memiliki fungsi sebagai pemutus atau penghubung aliran listrik. Komponen yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Switch ini menjadi komponen listrik yang paling umum digunakan.

Hal ini karena hampir semua peralatan listrik dan elektronika selalu membutuhkan saklar untuk menghidupkan ataupun mematikan alat listrik yang digunakan.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh  penggunaan saklar di berbagai peralatan listrik ataupun elektronik:

  • Tombol ON/OFF dan Volume Up Down di Ponsel
  • Tombol ON/OFF di TV, Tombol-tombol di Remote TV
  • Saklar dinding untuk menghidupkan dan mematikan lampu listrik
  • Tombol ON/OFF di Laptop atau Komputer
  • Tombol-tombol Keyboard pada Laptop atau Komputer
  • Tombol ON/OFF dan Tombol pilihan kecepatan di Kipas Angin
  • Dan masih banyak lagi.

Pada umumnya saklar memiliki dua keadaan, yaitu saklar yang keadaan terbuka dan saklar tertutup. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai dua keadaan tersebut:

  • Saklar Keadaan Terbuka

Mungkin Anda sudah paham bahwa saklar yang sedang dalam keadaan terbuka, maka akan membuat aliran arus listrik tidak dapat tersambung (mati) sehingga hal ini biasa disebut sebagai saklar off.

  • Saklar Keadaan Tertutup

Saklar keadaan tertutup merupakan kebalikan dari saklar  keadaan terbuka, dimana dengan keadaan tertutup berarti memungkinan masuknya aliran listrik dengan melalui saklar tersebut sehingga bisa mendapatkan energi listrik.



Komponen saklar sendiri sudah dirancang secara khusus sehingga memiliki fungsi sebagai pemutus atau penyambung aliran listrik. Hal ini akan memudahkan Anda saat melakukan pengontrolan terhadap penggunaan listrik.

Cara Kerja Saklar Listrik

Komponen saklar pada umumnya terdiri dari dua bilah konduktor (umumnya adalah logam) yang terhubung secara langsung rangkaian eksternal. Ketika dua bilah konduktor ini terhubung maka akan memicu terjadinya hubungan arus listrik pada rangkaian. Begitu sebaliknya, ketika kedua konduktor ini dipisahkan maka hubungan arus listrik nantinya juga akan ikut terputus.



Leave a Comment