Rumus Watt, Volt, Ampere Dan Contoh Soal


Rumus Watt Dan Contoh Soal – Listrik merupakan sumber energi yang memiliki peran penting di zaman modern ini. Kebanyakan teknologi di zaman ini umumnya digerakkan oleh tenaga listrik. Listrik sendiri ternyata mempunyai satuan, seperti halnya suhu.

Rumus Watt, Volt, Ampere



Adapun satuan yang digunakan untuk listrik Watt, Ampere, dan Volt (Voltase). Kemudian untuk 1 Watt itu berapa Ampere, atau 1 Ampere berapa Watt, 1 Volt berapa Ampere, 1 Ampere berapa Volt, dan 1 Watt berapa Volt. Bagi anda yang masih awam dengan ilmu kelistrikan tentunya hal seperti ini akan sering dipertanyakan dan wajib untuk diketahui.

Lalu apa yang dimaksud dengan Watt, Ampere, dan Volt ini? Dan bagaimana rumus Watt, Ampere, dan Volt? Nah, sebelum menjelaskan cara menghitung daya listrik kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Watt, Ampere, dan Volt.

Baca juga: Pengertian Tegangan Listrik

Watt (Daya)

Watt (Daya)

Watt merupakan sebuah satuan yang digunakan untuk menunjukan nilai daya (power) atau yang juga biasa disebut dengan kapasitas listrik. Satuan ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Skotlandia, yaitu James Watt. Pada umumnya satuan Watt banyak dijumpai di berbagai peralatan listrik yang sering digunakan di rumah seperti lampu, mesin cuci, setrika, pompa air, dan lain sebagainya.

Untuk dapat menyalakan beberapa peralatan listrik tersebut maka digunakan satuan Watt untuk menyatakan besaran daya listrik yang dibutuhkan. Disamping itu, satuan Watt juga banyak dijumpai di berbagai peralatan listrik yang lainnya seperti Genset 1000Watt, Stabilizer 500Watt, dan sebagainya. Jadi satuan Watt digunakan untuk menyatakan besaran daya listrik yang bisa ditanggung oleh beberapa alat listrik tersebut.



Rumus Daya (Watt)

P = I x R x I

atau
P = I² x R
atau
P = V x I

P: Daya (Watt)
V: Tegangan (Volt)
I: Ampere (Arus)
R: Hambatan (Ohm)

Dari rumus diatas P = V x I ini adalah rumus daya yang sering digunakan dalam sebuah listrik di indonesia.

Ampere

Pengertian Ampere atau Arus Listrik

Ampere adalah satuan listrik yang digunakan untuk mengatur besaran arus listrik yang mengalir pada sebuah peralatan listrik. Satuan ini banyak dijumpai di berbagai peralatan listrik di rumah seperti Stopkontak,  MCB, dan lain sebagainya.

Satuan Ampere menyatakan besaran arus listrik maksimal yang bisa dialirkan melalui aliran listrik tersebut. Adapun beberapa peralatan listrik yang menggunakan satuan Ampere adalah setrika listrik 220 Watt / 1 Ampere, mesin cuci 450Watt / 2Ampere, dan lainnya. Dalam hal ini satuan Ampere menyatakan besaran arus yang mengalir ketika peralatan listrik tersebut dinyalakan.



Rumus Arus (Ampere)

I = V / R

V : Tegangan (Volt)
I   : Ampere (Arus)
R : Hambatan (Ohm)

Voltase

Voltase



Leave a Comment