Cara Reset Printer Epson L3110 Dengan Mudah


2) Silahkan Anda pilih seri printer yang akan di-reset yang terdapat pada kolom Model Name. Untuk bagian-bagian lain, seperti Port biarkan saja pada pilihan Autoselection. Setelah selesai, silahkan klik OK.



3) Silahkan lanjutkan dengan klik Particular Adjustment Mode. Menu ini terdapat pada bagian samping kanan aplikasi.

4) Setelah muncul jendela berikutnya, pilih dan klik menu “Waste ink pad counter”, lalu klik OK.

5) Tahap selanjutnya, silahkan Anda centang menu pilihan “Main pad counter” dan “Platen pad counter”. Setelah selesai, kemudian klik Initialize yang ada di bagian bawah. Maka, proses reset pun akan berjalan. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

6) Jika reset sudah selesai diproses, maka akan tampil kotak dialog yang berisi “Please Turn OFF and Turn On your printer” pilih OK pada opsi ini. Kemudian, silahkan Anda matikan lalu nyalakan kembali printer-nya.

7) Cek lampu indikator pada printer. Jika sudah tidak berkedip-kedip lagi, maka printer sudah sukses di-reset dan sudah bisa digunakan kembali secara normal.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Rheostat

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Rangkaian Flip Flop

Solusi Apabila Proses Reset Gagal

Dalam melakukan proses reset pada printer, terkada dapat mengalami kendalah atau bahkan reset yang telah dilakukan pada printer tidak berjalan secara sempurna. Oleh karena itu berikut adalah beberapa solusi yang dapat dilakukan apabila proses reset yang dilakukan mengalami kegagalan yaitu:

  • Cek bagian cartridge printer. Bersihkan bagian tersebut dari kotoran. Pasalnya, kartrid yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab printer menjadi error.
  • Cek bagian roller printer. Pastikan tidak ada benda asing maupun kertas di dalamnya.
  • Cabut kabel daya selama 3 menit sebelum Anda melakukan proses reset.
  • Cek dan bersihkan sensor pita dan sensor AS yang kotor
  • Cek kemungkinan kabel fleksibel dari mainboard ke scanner ada yang putus, namun kerusakan ini harus ke teknisi printer karena harus membongkar unit dan bisa membatalkan garansi printer.

Demikian artikel yang mengulas bagaimana cara untuk melakukan reset terhadap printer yang bermerk epson dengan type L3110. Dalam artikel ini juga menjelaskan beberapa akibat yang dapat membuat printer harus melakukan reset dan juga tutorial dalam melakukan reset serta tidak lupa solusi apabila proses reset tersebut gagal. Semoga ilmu yang telah dibagikan ini dapat membantu anda dalam menambah pengetahuan tentang cara mereset printer yang memiliki jenis yang sama.



Leave a Comment