Cara Reset Printer Epson L3110 Dengan Mudah


Baca juga: Cara Resetter / Reset Epson L360

Penyebab Error Epson L3110

Terdapat beberapa penyebab dari error printer jenis ini bisa dari berbagai hal yang ada pada bagian unit paper dan unit ink, hal tersebut dapat ditandai adanya lampu indikator yang berkedip baik secara bergantian maupun secara bersamaan. Dan juga pada saat yang bersamaan pada layar pc atau laptop biasanya akan muncul notifikasi error, berikut beberapa notifikasi error yang mungkin akan muncul yaitu:



  • Ink pad is at the end of its service live
  • Ink waste is full
  • Service required
  • It is time to reset the ink levels
  • It is nearly time to reset the ink levels
  • Fatal errors

Selain masalah yang datang dari perangkat lunak, error pada printer juga dapat disebabkan oleh hardware yang bermasalah pada printer tersebut. berikut adalah beberapa permasalahan hardware yang mungkin terjadi pada printer yaitu:

  • Pergrakan cartridge ada yang menghalangi. Lakukan pengecekan pada bagian bawah printer lalu pastikan tidak terdapat bekas kertas paper jam yang dapat menyebabkan terhalangnya jalur yang digunakan cartridge.
  • Tabung tinta. Lakukan pengecekan pada tabung tinda di semua warnanya, selain dari tinta yang habis dapat juga terhadi suplai tintan yang terjepit atau macet juga bisa menjadi salah satu kendala yang cukup serius untuk diwaspadai.
  • Cartridge bermasalah. Masalah pada cartridge ini sering sekali ditemui, ada beberaoa penyebab untuk permasalahan ini salah satunya adalah adanya penumpukan kotoran, karena hal ini maka diharuskan untuk pemilik printer harus sering – sering melakukan pada bagian ini
  • Untuk bagian ini digunakan sebagai tempat keluar masuknya kertas yang sudah dicetak. Penyebab yang sering terjadi pada bagian ini adalah terjadi kemacetan hingga kotor.
  • Bagian Tabung Pembuangan Tinta. Bagian ini biasanya berbentuk busa dan harus dilakukan pergantian setelah melalui jumlah pemakaian yang lama dari printer tersebut yang dapat juga dilihat pemakaiannya pada counternya yang ada pada aplikasi resetter epson. Bagian ini harus diganti apabila printer sudah melakukan reset.

Baca juga: Simbol Kapasitor Bipolar, Non Polar Dan Fungsinya

Baca juga: Membuka TV Yang Terkunci Tanpa Remote

Cara Reset Epson L3110

Terdapat dua cara untuk melakukan reset pada printer dengan merk epson dan bertype L3110 ini yaitu dengan cara manual serta dengan cara menggunakan aplikasi resetter printer. Berikut adalah langkah – langkah yang dilakukan pada kedua cara tersebut:



Cara Manual

Berikut adalah langkah – langkah yang diperlukan untuk melakukan riset printer ini yang dilakukan secara manual yaitu:

1) Cabut kabel daya printer dan biarkan selama 3 – 5 menit.

2) Setelah itu, silahkan Anda colokkan atau hubungkan kembali kabel daya yang tadi dicabut. Kemudian, nyalakan printer dengan menekan tombol Power.



Leave a Comment