Cara Reset Printer Epson L3110 Dengan Mudah


Cara Reset Printer Epson L3110 Dengan Mudah – Printer merupakan salah satu perangkat elektronika yang sering digunakan pada kehidupan sehari hari. Pada penggunaan salah satu perangkat elektronika ini seringkali ditemukan kendala dalam proses pekerjaannya.



Terdapat beberapa kendala yang mungkin dialami oleh printer pada saat melakukan printing atau mencetak dokumen, salah satunya yaitu printer mengalami error berkedip dan lain sebagainya. Apabila printer mengalami gangguan biasanya sampai diperlukan untuk melakukan reset terhadap printer tersebut.

Baca juga: Resetter Canon ip2770 Download Dan Tutorial

Baca juga: Resetter Canon MP287 Download Dan Tutorial

Pada artikel kali ini akan membahas tentang apa penyebab printer jenis Epson dengan type L30110 mengapa perlu dilakukan reset pada printer tersebut. Epson L3110 ini merupakan seri printer keluaran epson yang tengah populer saat ini. Pada printer ini dikenal dengan printer yang memiliki kualitas cetak yang baik dan memiliki daya tahan yang tidak diragunkan dengan prosedur dari pemeliharaan yang benar dan rutin dilakukan pada printer ini.

Tidak heran banyak perusahaan, percetakan hingga pengguna rumahan yang memakai atau menggunakan printer jenis ini yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan sepert mencetak, scan dokumen hingga untuk melakukan foto copy berkas.

Dalam menjaga agar printer ini dapat awet dan memiliki masa pakai yang panjang (lama), maka sangat dibutuhkan dasar pengetahuan dari cara penggunaan perangkat ini dengan benar dan juga melakukan prosedur perawatan salah satunya seperti head cleaning yang dilakukan secara berkala.

Namun meskipun telah dilakukan perawatan yang dilakukan secara berkala, printer ini ada kalanya mengalami error yang dapat diketahui dari tanda lampo indikator yang berketid berwarna orange dan tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen sama sekali. Sebelum mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya kita harus mengetahui dahulu tentang resetter printer.

Pengertian Resetter Printer

Resetter printer ini dapat menjadi solusi untuk perangkat printer yang sedang mengalami masalah. Resetter ini memiliki fungsi yaitu melakukan pengosongan kembali memori cetak yang ada pada printer itu sendiri. Cara ini sering dijadikan untuk solusi afar proses percetakan dari priter tersebut dapat kembali menjadi normal seperti awal digunakan atau dibeli.

Dalam mencari resetter dari epson L3110 sangat banya ditemukan di internet. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melakukan reset. Pada umumnya proses dari reset ini dapat dilakukan ketika kondisi printer dalam keadaan mogok atau macet. Hal tersebut memiliki tanda seperti lampu LED yang melakukan blinking atau melakukan kedip. Adanya kejadian ini dapat terjadi karena jumlah yang dicetak telah melampaui batas dari penggunaan printer yang nantinya dapat menyebabkan waste ink full.

Baca juga: Printer Epson L310 Reset Tutorial

Baca juga: Cara Resetter / Reset Epson L360

Penyebab Error Epson L3110

Terdapat beberapa penyebab dari error printer jenis ini bisa dari berbagai hal yang ada pada bagian unit paper dan unit ink, hal tersebut dapat ditandai adanya lampu indikator yang berkedip baik secara bergantian maupun secara bersamaan. Dan juga pada saat yang bersamaan pada layar pc atau laptop biasanya akan muncul notifikasi error, berikut beberapa notifikasi error yang mungkin akan muncul yaitu:

  • Ink pad is at the end of its service live
  • Ink waste is full
  • Service required
  • It is time to reset the ink levels
  • It is nearly time to reset the ink levels
  • Fatal errors

Selain masalah yang datang dari perangkat lunak, error pada printer juga dapat disebabkan oleh hardware yang bermasalah pada printer tersebut. berikut adalah beberapa permasalahan hardware yang mungkin terjadi pada printer yaitu:

  • Pergrakan cartridge ada yang menghalangi. Lakukan pengecekan pada bagian bawah printer lalu pastikan tidak terdapat bekas kertas paper jam yang dapat menyebabkan terhalangnya jalur yang digunakan cartridge.
  • Tabung tinta. Lakukan pengecekan pada tabung tinda di semua warnanya, selain dari tinta yang habis dapat juga terhadi suplai tintan yang terjepit atau macet juga bisa menjadi salah satu kendala yang cukup serius untuk diwaspadai.
  • Cartridge bermasalah. Masalah pada cartridge ini sering sekali ditemui, ada beberaoa penyebab untuk permasalahan ini salah satunya adalah adanya penumpukan kotoran, karena hal ini maka diharuskan untuk pemilik printer harus sering – sering melakukan pada bagian ini
  • Untuk bagian ini digunakan sebagai tempat keluar masuknya kertas yang sudah dicetak. Penyebab yang sering terjadi pada bagian ini adalah terjadi kemacetan hingga kotor.
  • Bagian Tabung Pembuangan Tinta. Bagian ini biasanya berbentuk busa dan harus dilakukan pergantian setelah melalui jumlah pemakaian yang lama dari printer tersebut yang dapat juga dilihat pemakaiannya pada counternya yang ada pada aplikasi resetter epson. Bagian ini harus diganti apabila printer sudah melakukan reset.

Baca juga: Simbol Kapasitor Bipolar, Non Polar Dan Fungsinya

Baca juga: Membuka TV Yang Terkunci Tanpa Remote

Cara Reset Epson L3110

Terdapat dua cara untuk melakukan reset pada printer dengan merk epson dan bertype L3110 ini yaitu dengan cara manual serta dengan cara menggunakan aplikasi resetter printer. Berikut adalah langkah – langkah yang dilakukan pada kedua cara tersebut:

Cara Manual

Berikut adalah langkah – langkah yang diperlukan untuk melakukan riset printer ini yang dilakukan secara manual yaitu:

1) Cabut kabel daya printer dan biarkan selama 3 – 5 menit.



Leave a Comment