Pengertian Dan Rangkaian Penyearah Gelombang


Sedangkan formulasi yang digunakan pada half wave rectifier atau penyerah setengah gelombang adalah sebagai berikut.



Full Wave Rectifier (Penyearah Gelombang Penuh)

Pada umumnya, ada dua cara yang digunakan untuk dapat membentuk full wave rectifier atau penyearah gelombang penuh. Kedua cara ini sebenarnya masih menggunakan dioda sebagai komponen penyearahanya. Hanya saja jumlah dioda yang digunakan tidak sama, yaitu dengan menggunakan 2 dioda dan 4 dioda.

Perlu diketahui bahwa penyearah gelombang penuh dengan 2 dioda diharuskan untuk menggunakan transformator CT, sedangkan untuk penyearah 4 dioda tidak harus menggunakan transformator CT.  Penyearah gelombang penuh 4 dioda ini biasa disebut dengan full wave bridge rectifier.

  • Penyearah Gelombang Penuh 2 Dioda

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa penyearah gelombang penuh 2 dioda membutuhkan transformator khusus yang disebut dengan transformator CT (Centre Tapped).

Rangkaian penyearah gelombang penuh dengan 2 dioda biasa Anda lihat pada gambar berikut ini.

 

Pada gambar di atas, bisa dilihat bawah Transformator CT akan memberikan output atau keluaran tegangan yang berbeda fasa 180° dengan melalui kedua output sekundernya. Jika terminal output yang ada pada D1 memberikan sinyal puncak negatif, maka terminal output pada D2 akan langsung memberikan sinyal puncak negatif. Dalam kondisi seperti ini, D1 sedang berada dalam posisi forward sedangkan D2 dalam posisi reverse. Dengan begitu, sisi puncak positif akan lewatkan melalui D1.

Sebaliknya, jika terminal output transformator pada D1 memberikan sinyal puncak negatif maka sudah pasti terminal output yang ada pada D2 nantinya memberikan sinyal puncak positif. Dalam kondisi seperti ini, D1 berada pada posisi reverse sedangkan D2 pada posisi forward.  Sehingga untuk sinyal puncak positif akan dilewatkan dengan melalui D2.



Leave a Comment