Pengertian Dan Contoh Perhitungan Reaktansi Induktif


Dapat disimpulkan bahwa hambatna atau tahanan listrik induktor yang ada dalam rangkaian AC dapat disebut dengan reaktansi induktif. Hal ini sama seperti resistansi, nilai resis tansi juga menggunakan satuan ukur Ohm namun sibol yangdigunakan adalah huruf “X”. Sedangkan untuk reaktansi pada induktor dapat digunakan simbol XL.

Baca juga: Cara Merangkai Resistor Seri Dan Paralel

Cara Menaikkan Reaktansi Induktif

Reaktansi induktif dapat dinaikkan dengn cara menaikkan nilai dari frekuensi arus listrik yang digunakan pada rangkaian tersebut. hal itu disbebakan reaktansi induktif dapat berbanding lurus dengan jumlah dari nilai frekuensi yang digunakan pada rangkaian listrik tersebut.



Dapat juga ditarik kesimpulan bahwa frekuensi berpengaruh terhadap nilai besaran dari reaktansi induktif. Apabila nilai frekuensi semakin tinggi makan nilei reaktansi induktif juga akan meningkan, sebaliknya jika nilai frekuensi menurun makan nilai dari induktansi juga akan menurun.

Aplikasi Reaktansi Induktif

Reaktansi induktif ini dapat diapikasikan perhitungannya pada rangkaian cross over speaker. Dimana jalur dari speaker woofer yang khusus untuk frekensi rendah dan dipasang sebuah filter induktor agar dapat menghambat frekuensi tinggi yang mengganggu pergerakan dari voice coil speaker.

Contoh Kasus

Diketahui suatu rangkaian elektronika memiliki nilai induktansi 200 mH yang akan dihubungkan dengan sumber tegangan AC 220V. pada rangkaian ini memiliki nilai frekuensi 60 Hz. Jadi tentukan berapakan nilai reaktansi induktif dan berapa besar aliran arus listrik yang dibutuhkan oleh rangkaian ini?

Diketahui :

L = 200mH
F = 60Hz
XL = ?
I =?

Jawaban :

XL = 2πfL
XL = 2 x 3,142 x 60 x 0,2
XL = 75,41Ω

I = V / XL
I = 220 / 75,41
I = 2,92A

Dapat dilihat dari perhitungan diatas bahwa nilai dari reaktansi induktifnya sebesar 75,41Ω dan rangkaian tersebut harus dialiri oleh aris litrik sebersar 2,92A. Dari persamaan perhitungan diatas dapat dilihat juga salah satu dari frekuensi maupun unduktansi meningkat, oleh karena itu reaktansi induktif juga akan mengalami peningkatan secara keseluruhan. Jadi jika frekuensi dapat mendekati tak terhingga (infinity), maka nilai dari reaktansi induktornya juga akan mengalami peningkatan hingga nilai tak terbatas seperti pada rangkaian terbuka.

Tetapi jika nilai frekuensi mendekati 0 atau sama yang terhadi pada tegangan DC, maka reaktansi induktor akan dapat menurun hingga nilainya mencapai 0 seperti yang terjadi hubung singkat disuatu rangkaian (short circuit). Hal ini dapat diartikan bahwa nlai reaktansi induktif akan proporsional terhadap nilai dari frekuensi. Atau dapat dikatakan juga nilai reaktansi induktif dapat dipengaruhi oleh peningkatan dari frekuensinya.

Baca juga: Pengertian Resistor Dan Jenis-Jenisnya

Demikian ulasan pada artikel kali ini yang membahas tentang reaktansi induktif dari pengertian awal reaktansi, beban induktif lalu pengertian dari reaktansi induktif yang disertai dengan rumusnya. Tidak lupa dibahas tentang hubungan antara reaktansi dengan impedasi pada rangkaian listrik dan contoh soal dari reaktansi induktif. Semoga ilmu yang dibagikan akan menambah pengetahuan anda didunia elektronika khususnya pada rangkaian listrik maupun elektronika.



Leave a Comment