Cara Merangkai Resistor Seri Dan Paralel


1/Rtotal = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + ….. + 1/Rn

Dimana :
Rtotal = Total Nilai Resistor
R1 = Resistor ke-1
R2 = Resistor ke-2
R3 = Resistor ke-3
Rn = Resistor ke-n



Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh gambar bentuk rangkaian paralel:

bentuk Rangkaian Paralel

 

Rangkaian dalam Paralel

Resistor dapat dikatakan terhubung dalam bentuk paralel jika kedua terminal masing-masing dihubungkan langsung ke resistor yang lainnya. Berbeda dengan rangkaian seri, pada jaringan resistor paralel bisa menggunakan lebih dari satu jalur. Hal ini karena ada banyak sekali jalur yang bisa digunakan untuk arus. Untuk rangkaian paralel sendiri bisa  digolongkan sebagai pembagi arus.

Karena memiliki cukup banyak jalur untuk mengalirkan arus supply, maka bisa jadi arus tidak melalui seluruh cabang pada jaringan paralel. Akan tetapi, drop tegangan di seluruh resistor pada jaringan relatif paralel IS sama. Sementara itu untuk resistor dalam paralel mempunyai tegangan umum di atasnya, ini hanya berlaku untuk seluruh elemen yang terhubung paralel.

Jadi bisa didefinisikan bahwa  rangkaian resistif paralel itu satu,  dimana satu resistor dihubungkan ke dua titik yang sama atau node serta mempunyai lebih dari satu jalur arus yang terhubung ke sumber tegangan umum.

Sebagai contoh : resistor paralel berikut ini untuk tegangan yang melalui resistor R1 sama seperti tegangan melewati resistor R2 yang sama seperti tegangan melewati R3  dan sama dengan supply. Jadi, untuk jaringan resistor ini bisa ditulis sebagai berikut:

VR1 = VR2 = VR3 = VAB = 12V

Pada contoh berikut untuk rangkaian resistor paralel R1, R2 dan R3 semuanya terhubung bersama dalam bentuk paralel antara dua titik A dengan titik B seperti yang ditunjukkan gambar berikut ini.

Resistor dalam Paralel

Contoh Kasus untuk Menghitung Rangkaian Paralel Resistor

Terdapat 3 Resistor dengan nilai-nilai Resistornya adalah sebagai berikut :
R1 = 100 Ohm
R2 = 200 Ohm
R3 = 47 Ohm

Berapakah nilai hambatan yang didapatkan jika memakai Rangkaian Paralel Resistor?

Penyelesaiannya :



Leave a Comment