Cara Merangkai Resistor Seri Dan Paralel


Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan berikan contoh gambar bentuk rangkaian seri:

Rangkaian Seri Resistor



Resistor Dalam Seri

Resistor bisa dikatakan terhubung dalam bentuk seri jika dirangkai bersama pada sebuah baris. Sebab, semua arus yang mengalir melewati resistor pertama tidak bisa mengalir tanpa melalui resistor kedua, resistor ketiga, dan seterusnya.

Selanjutnya, resistor pada sebuah rangkaian seri mempunyai arus bersama yang mengalir melalui semuanya sebagai arus yang mengalir melalui satu komponen resistor juga harus melalui lainnya karena hanya bisa mengambil satu jalur.

Jadi jumlah arus yang mengalir melalui sebuah rangkaian resistor dalam seri sudah pasti sama pada semua titik dalam jaringan resistor seri. Berikut ini adalah contohnya:

IR1 = IR2 = IR3 = IAB =1mA

Pada contoh ini untuk resistor R1, R2 dan R3 semuanya akan dihubungkan dalam bentuk seri antara titik A dengan titik B pada arus yang sama.

Resistor dalam Seri

Contoh Kasus untuk menghitung Rangkaian Seri Resistor

Seorang Engineer ingin membuat sebuah peralatan Elektronik, Salah satu nilai resistor yang diperlukannya adalah 4 Mega Ohm, tetapi Engineer tidak dapat menemukan Resistor dengan nilai 4 Mega Ohm di pasaran sehingga dia harus menggunakan rangkaian seri Resistor untuk mendapatkan penggantinya.

Penyelesaian :

Ada beberapa kombinasi Nilai Resistor yang dapat dipergunakannya, antara lain :

1 buah Resistor dengan nilai 3,9 Mega Ohm
1 buah Resistor dengan nilai 100 Kilo Ohm
Rtotal = R1 + R2
3,900,000 + 100,000 = 4,000,000 atau sama dengan 4 Mega Ohm.

Atau

4 buah Resistor dengan nilai 1 Mega Ohm
Rtotal = R1 + R2 + R3 + R4
1 MOhm + 1 MOhm + 1 MOhm + 1 MOhm = 4 Mega Ohm

Rangkaian Paralel Resistor

Rangkaian paralel resistor merupakan suatu rangkaian yang terdiri dari 2 atau lebih banyak resistor yang disusun dalam bentuk paralel atau secara berderet. Sama halnya dengan rangkaian seri, rangkaian paralel resistor ini juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan nilai hambatan pengganti.

Namun meskipun memiliki kegunaan yang sama, tetapi perhitungan rangkaian paralel ini jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan rangkaian seri. Adapun rumus dari rangkaian paralel resistor adalah sebagai berikut:



Leave a Comment