Pengertian Dan Fungsi Rangkaian Flip Flop


Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Osilator

  1. CRS Flip Flop

CRS Flip Flop merupakan clocked RS-FF yang sudah dilengkapi dengan terminal pulsa clock. Pulsa clock ini memiliki fungsi untuk mengatur kondisi SET dan RESET. Jika misalnya pulsa clock berlogik 0, maka perubahan logik yang terjadi pada input R dan S tidak akan mengubah kondisi output Q dan Q not.



Namun jika pulsa clock berlogik 1, maka perubahan yang telah terjadi pada input R dan S juga akan mengubah kondisi output Q dan Q not. Adapun gambar dari symbol dan tabel kebenaran RS Flip Flop adalah sebagai berikut ini.

  1. T Flip Flop

T Flip Flop adalah rangkaian flip flop yang umumnya dibuat dengan menggunakan Flip Flop Jk, yang dimana kedua inputnya disambungkan menjadi satu sehingga akan didapat flip flop  yang mempunyai sifat pembalik output yang sebelumnya jika memiliki inputan tinggi dan untuk outputnya akan tetap apabila inputnya rendah.

Berikut ini kami akan gambar tabel kebenaran gerbang logika dan symbol dari T Flip Flop:

Rangkaian Sekunsial

Rangkaian sekunsial adalah rangkaian dasar pada flip flop. Rangkaian ini memiliki output yang tidak bergantung pada nilai input saat itu, namun juga input-input yang sebelumnya. Makadari itu, bisa dibilang memiliki karakteristik memori.



Leave a Comment