Cara Kerja Accelerometer Dan Jenis-Jenisnya


Fungsi Sensor Acccelerometer

 



  1. Bidang Transportasi

Salah satu contoh penggunaan accelorometer pada kendaran adalah sistem airbag yang ada pada mobil. Accelerometer ini memiliki fungsi sebagai pendeteksiadanya penurunan percepatan yang terlalu besar  yang pada umumnya diakibatkan oleh tabrakan antar kendaraan.

  1. Bidang Medis

Dalam bidang medis adalah penggunaan sport watch (jam tangan olahraga) yang memiliki fungsi untuk menghitung berapa banyak langkah yang sudah dicapai dan bisa menghitung kecepatan serta jarak lari dari pengguna  sport watch itu sendiri.

  1. Teknik dan Sains

Accelorometer banyak digunakan dalam perhitungan percepatan serta penurunan percepatan dari beberapa kendaraan. Accelerometer bisa memudahkan dalam mengevaluasi performance yang dimiliki oleh mesin dan sistem percepatan serta breaking system atau sistem penurunan percepatan. Dengan menggunakan alat ini maka anda bisa melihat dengan mudah  kecepatan kendaraan yang sedang dikemudikan.

Disamping itu, accelerometer juga bisa dimanfaatkan dalam perhitungan vibrasi pada kendaran, bangunan, mesin, dan juga sistem keamanan yang dimiliki oleh kendaraan (safety installation). Bahkan alat ini juga memiliki kemampuan dalam menghitung percepatan yang diakibatkan oleh gravitasi bumi ataupun menghitung gravitasi bumi secara lebih spesifik yang digunakan dalam garvimetry.

  1. Perangkat Elektronik

Dalam sebuah notebook atau laptop juga ada sensor accelerometer yang memiliki fungsi sebagai pendeteksi goncangan atau jatuhnya laptop. Jika Anda sedang menggunakan laptop tapi tiba-tiba laptop tersebut jatuh maka sensor accelerometer akan langsung mematikan hard drive secara otomatis. Dengan demikian akan terhindar dari kerusakan file yang luas.

Sedangkan smartphone dilengkapi dengan sensor accelerometer karena supaya bisa mengubah arah layar secara otomatis seperti misalnya miring maupun terbalik sesuai dengan arah layar tersebut Anda tegakkan apakah potrait atau landscape. Bahkan alat canggih ini juga bisa manfaatkan untuk fungsi shake control, yang dimana hanya dengan menggoyangkan smartphone saja maka lagu yang diputar akan langsung berganti.



Leave a Comment