Cara Kerja Accelerometer Dan Jenis-Jenisnya


Accelerometer Sensor atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan akselerometer sensor merupakan sebuah alat elektromekanis yang memiliki fungsi sebagai pengukuran percepatan objek baik itu percepatan dinamis ataupun statis.

Hal ini berarti bahwa accelerometer bisa digunakan dalam pengukuran percepatan dinamis seperti mengukuran pergerakan, mendeteksi serta mengukur getaran sebuah objek. Seperti misalnya dalam pengukuran getaran pada kendaran mobil, mesin, bangunan dan juga instalasi pengaman.



Percepatan statis yaitu accalerometer yang merupakan sebuah alat yang bisa digunakan dalam mengukur percepatan akibat gravitasi bumi. Biasa digunakan dalam pengukuran aktivitas gempa bumi dan berbagai perangkat elektronik seperti permainan 3 dimensi, mouse, komputer dan juga telepon. Percepatan sendiri merupakan suatu kondisi berubahanya kecapatan terhadap waktu.

Kelebihan dan Kekurangan Accelerometer

accelerometer

Sama dengan alat sensor yang lainnya, penggunaan alat accelerometer ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh accelerometer sensor adalah sebagai berikut ini:

Kelebihan Accelerometer:

  • Mampu memberikan hasil pengukuran pengukur sudut secara tegak lurus yang akurat ketika sistem sedang diam (statis).
  • Memiliki harga yang lebih terjangkau dan murah. Bahkan di pasaran banyak sekali accelerometer yang hanya dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000. Hal ini tergolong sangat murah mengingat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan.

Kekurangan Accelerometer:

  • Boros baterai sehingga penggunaan accelerometer membutuhkan daya listrik yang sangat besar.
  • Respon yang cukup lamban sehingga terkadang tidak bisa mengikuti pergerakan yang terlalu cepat.
  • Hanya bisa digunakan untuk membaca dalam dua sumbu, yaitu atas dan bawah. Hal ini karena memang prinsip kerja accelerometer dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Pengggunaan dan Fungsi Sensor Accelerometer

Sensor accelerometer mempunyai fungsi berbeda yang tergantung dari pemakaian peralatan atau perangkat yang memanfaatkan accelerometer itu sendiri. Berikut ini adalah penggunaan dan fungsi dari sensor accelerometer yang perlu Anda ketahui:



Leave a Comment