Cara Kerja Accelerometer Dan Jenis-Jenisnya


Sensor Accelerometer Dan Jenis-Jenisnya – Accelerometer merupakan salah satu alat sensor otomatis yang digunakan di berbagi perangkat elektronik. Beberapa alat sensor lain yang sejenis dengan accelerometer adalah proximity, ambient light, gyroscope dan digital compass.

Masing-masing alat sensor tersebut sudah pasti memiliki cukup banyak perbedaan dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun yang kami bahas pada kesempatan kali ini hanyalah accelerometer sensor.



Spesifikasi Accelerometer copy

Dilihat dari namanya saja sudah bisa Anda tebak bahwa alat sensor yang satu ini berkaitan dengan kecepatan. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris yaitu acceleration yang memiliki arti percepatan. Fungsi utamanya memang untuk mengukur percepatan. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Sensor Proximity (Sensor Jarak)

Pengertian Sensor Accelerometer

Pengertian Sensor Accelerometer

Accelerometer Sensor atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan akselerometer sensor merupakan sebuah alat elektromekanis yang memiliki fungsi sebagai pengukuran percepatan objek baik itu percepatan dinamis ataupun statis.

Hal ini berarti bahwa accelerometer bisa digunakan dalam pengukuran percepatan dinamis seperti mengukuran pergerakan, mendeteksi serta mengukur getaran sebuah objek. Seperti misalnya dalam pengukuran getaran pada kendaran mobil, mesin, bangunan dan juga instalasi pengaman.



Percepatan statis yaitu accalerometer yang merupakan sebuah alat yang bisa digunakan dalam mengukur percepatan akibat gravitasi bumi. Biasa digunakan dalam pengukuran aktivitas gempa bumi dan berbagai perangkat elektronik seperti permainan 3 dimensi, mouse, komputer dan juga telepon. Percepatan sendiri merupakan suatu kondisi berubahanya kecapatan terhadap waktu.

Kelebihan dan Kekurangan Accelerometer

accelerometer

Sama dengan alat sensor yang lainnya, penggunaan alat accelerometer ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh accelerometer sensor adalah sebagai berikut ini:

Kelebihan Accelerometer:

  • Mampu memberikan hasil pengukuran pengukur sudut secara tegak lurus yang akurat ketika sistem sedang diam (statis).
  • Memiliki harga yang lebih terjangkau dan murah. Bahkan di pasaran banyak sekali accelerometer yang hanya dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000. Hal ini tergolong sangat murah mengingat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan.

Kekurangan Accelerometer:

  • Boros baterai sehingga penggunaan accelerometer membutuhkan daya listrik yang sangat besar.
  • Respon yang cukup lamban sehingga terkadang tidak bisa mengikuti pergerakan yang terlalu cepat.
  • Hanya bisa digunakan untuk membaca dalam dua sumbu, yaitu atas dan bawah. Hal ini karena memang prinsip kerja accelerometer dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Pengggunaan dan Fungsi Sensor Accelerometer

Sensor accelerometer mempunyai fungsi berbeda yang tergantung dari pemakaian peralatan atau perangkat yang memanfaatkan accelerometer itu sendiri. Berikut ini adalah penggunaan dan fungsi dari sensor accelerometer yang perlu Anda ketahui:

Fungsi Sensor Acccelerometer

 



  1. Bidang Transportasi

Salah satu contoh penggunaan accelorometer pada kendaran adalah sistem airbag yang ada pada mobil. Accelerometer ini memiliki fungsi sebagai pendeteksiadanya penurunan percepatan yang terlalu besar  yang pada umumnya diakibatkan oleh tabrakan antar kendaraan.

  1. Bidang Medis

Dalam bidang medis adalah penggunaan sport watch (jam tangan olahraga) yang memiliki fungsi untuk menghitung berapa banyak langkah yang sudah dicapai dan bisa menghitung kecepatan serta jarak lari dari pengguna  sport watch itu sendiri.

  1. Teknik dan Sains

Accelorometer banyak digunakan dalam perhitungan percepatan serta penurunan percepatan dari beberapa kendaraan. Accelerometer bisa memudahkan dalam mengevaluasi performance yang dimiliki oleh mesin dan sistem percepatan serta breaking system atau sistem penurunan percepatan. Dengan menggunakan alat ini maka anda bisa melihat dengan mudah  kecepatan kendaraan yang sedang dikemudikan.



Leave a Comment