Prinsip 5 Gen Dalam Sebuah Bisnis Atau Perusahaan


Tidak sama dengan prinsip – prinsip lainnya, dalam proses pemecahan masalah prinsip ini tidak harus dilakukan oleh kelompok kerja yang seluruhnya berada diruang pertemua. Sedangkan untuk prinsip ini diharuskan untuk bergerak menuju lokasi subjek bahasan dan juga harus benar – benar dilakukan analisis apa saja yang sedang terjadi di lapangan.

Baca juga: Jenis-Jenis Smoke Detector Dan Fungsinya

Penjelasan Prinsip 5 Gen



Dari prinsip ini dapat diketahui bahwa prinsip ini disusun oleh kata “5 Gen” yang merupakan kepanjangan dari kata dalam bahasa jepang yaitu Genri, Gensoku, Genba, Genbutsu, dan terakhir adala Genjitsu. Berikut adalah penjelasan untuk masing – masing kata tersebut yaitu:

GENRI [原理] (THEORY)

Kata Genri apabila langsung dilakukan terjemahan kedalam baha Indonesia adalah sebuah teori atau prinsip. Jadi dapat disimpulkan bahwa kata ini dalam prinsipnya harus mengikuti atau berdasarkan pada prinsip teori umum dan pendekatan ilmiah dalam melakukan suatu penyelesaian masalah atau dalam melakukan peningkatan atau perbaikan pada suatu proses secara terus – menerus.

GENSOKU [原則] (RULES)

Untuk kata Gensoku jika langsung diartikan dalam bahasa Indonesia berarti peraturan, dimana dapat diartikan bahwa perusahaan harus mengikuti aturan atau prosedur didalam proses pemecahan masalah dan juga melakukan peningkatan proses (process improvement).

GENBA [現場] (REAL PLACE)

Kata ini dalam suatu prinsip dapat diartikan menjadi pada perusahaan setiap karyawannya baik itu merupakan staff maupun manajemen diharapkan untuk pergi ke tempat atau lokasi dimana suatu permasalahan tersebut terjadi. Hal ini dilakukan agar karyawan tersebut dapat memastikan sendiri ataupun dapat mengetahui dengan jelas mengenai suatu permasalahan tersebut. kata ini apabila langsung diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu tempat kejadian atau sering disebut dengan TKP (Tempat Kejadian Perkara).

GENBUTSU [現物] (ACTUAL THINGS)

Kata Genbutsu apabila langsung diterjemahkan kedalam bahas Indonesia berarti benda atau kondisi yang sebenarnya. Jadi dapat diartikan pada perusaan ini manajemen dituntut untuk dapat melihat secara langsung suatu kejadian atau benda menggunakan matanya sendiri atau dapat dibilang dengan merasakan sendiri dengan menyentuh menggunakan tangannya sendiri

GENJITSU [現実] (REALITY)

Kata ini memiliki arti yaitu sebuah kenyataan yang harus dirasakan, kenyataan tersebut dimaksudkan sebuat gejala – gejala (symptom) dari suatu permasalahan dan beberapa pengaruhnya terhadap proses produksi ataupu proses kerja dalam suatu industri atau perusahaan.

Baca juga: Fungsi Dan Cara Kerja Jaringan Wifi

Tujuan Prinsip 5 Gen

Berikut adalah tujuan dari beberapa perusahaan agar dilakukannya penerapkannya prinsip dari 5 Gen yaitu:

  • Mengembalikan praktik yang paling tepat dan paling efektif.
  • Memastikan kepatuhan dan penegakan standar
  • Menetapkan atau mengembalikan sikap dan perilaku yang tepat
  • Meningkatkan produktivitas.

Gemba Walk

Gemba walk adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk melihat proses yang sedang terjadi (asli atau sebenarnya), dan melakukan pemahaman pekerjaan, mengajukan pertanyaan dan belajar. Beberapa hal tersebut juga dikenal sebagai bagian dari fundamental dalam filosofi manajemen lean manufakturing.

Gemba walk didalam lean manufakturing merupakan tempat yang paling penting bagi tim manapun, waktu dimana – mana, tempat, produktivitas bahkan ruang sangat pentung. Maka hal itu tidak boleh disia – siakan. Sasaran utama perusahaan manufaktur adalah area pabrik. Dalam melakukan bisnis baik itu perusahaan jasa, layanan maupun produksi, harus menemukan dimana tindakan tersebut sedang terjadi dan itu adalah gemba

Baca juga: Cara Kerja Accelerometer Dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Prinsip 3 Gen

Pada suatu kepemimpinan lean leadership dari prinsip 3 Gen yang melakukan gemba walk maka akan mendapatkan keuntungan pada setiap pemimpin inovasi dari sebuah industri manapun. Berikut adalah dungsi melakukan Gemba walk bagi suatu manajemen adalah:

  • Informasi Langsung dari Sumber.

Hal ini dikarenakan data yang telah diterima dapat memberikan informasi yang sangat kuat, tetapi apabila membuat kesimpulan berdasarkan oleh data yang telah didapat dapat menuntun ke arah membuat keputusan yang salah



Leave a Comment