Prinsip 5 Gen Dalam Sebuah Bisnis Atau Perusahaan


Baca juga: Cara Memunculkan Data Analysis Excel 2016

Awalnya prinsip ini merupakan prinsip 3 Gen yang dikembangkan menjadi prinsip 5 Gen. prinsip 3 Gen ini juga telah terkenal luas yaitu GENBA, GENBUTSU, dan juga GENJITSU. Bagi orang – orang yang telah mengenal Lean Manufacturing akan tidak asing lagi dengan genba. Dalam lean manufacturing ii gemba merupakan suatu kegiatan yang melakukan kunjungan ke lapangan (tempat kerja sebenarnya) dalam rangka untuk melakukan suatu studi dan analisa langsung terhadap kesempatan peningkatan secara terus – menerus (keizen) agar dapat menghindari suatu pemborosan (waste / muda) yang dapat terjadi pada produksi atau industri.



Pada suatu manajemen produksi sering didapati menggunakan prinsip 5 Gen ini yang akan berguna sebagai pedoman untuk melakukan analisis suatu permasalahan yang akan terjadi dan untuk mencari faktor penyebab permasalahan tersebut. hal – hal tersebut yang nantinya dapat diselesaikan dengan baik secara efisien dan efektif oleh suatu perusahaan.

Prinsip ini dalam melakukan metode penyelesaian masalahnya memiliki tujuan yang didasarkan pada konflik persengketaan terhadap teori (konsep) dan praktik (realitas), untuk mengetahui apa saja yang sedang dilakukan dan apa saja yang bisa dilakukan, adanya Gap antara realita, yang merupakan fakta sebenarnya dengan realita yang seharusnya terjadi.

Prinsip 5 Gen ini dapat membantu dalam melakukan pemeriksaan terhadap detail untuk mendapatkan pandangan objektif tentang suatu situasi, dengan mengesampingkan beberapa asumsi sewenang – wenang.



Leave a Comment