Pengertian Dan Fungsi Piezoelectric Buzzer


Hal tersebut akan terjadi karena terdapat perubahan dimensi bahan dari piezoelectric. Komponen ini memiliki keunikan aitu jika diberikan arus listrik dengan nilai sinyal tertentu maka komponen ini akan menghasilkan nilai frekuensi nada (beep tone) yang sesuai dengan nilai sinyal yang diberikan tadi. Hal ini baisanya dapat digunakan untuk memperkuat sinya yang diberikan.

Sinyal tersebut dihasil dari sebuah driver yang ditambahkan pada rangkaian dimana driver tersebut berupa transistor. Oleh karena itu umunya buzzer jenis ini banyak beredar karena sudah dilengkapi dengan driver yang ada didalamnya. Sehingga siap dipakai tignggal menmbahkan aliran arus dan buzzer akan menghasilkan suara



Cara Kerja Piezoelectric

Cara kerja dari buzzer jenis ini yaitu apabila komponen ini dialiri oleh arus listrik pada bidan nanti akan menciptakan atau menghasilkan sebuah gerakan mekanis yang dapat berupa getaran suara. Tetapi sebaliknya apabila bidang piezo tidak diberikan tekanan (contohnya seperti dipencet atau diketuk) maka tekanan yang telah diberikan tadi akan diubah menjadi energi listrik.

Komponen ini dapat menghasilkan frekuensi direntang kisaran 1 – 5 kHz sampai dengan 100 kHz untuk aplikasi ultrasound. Tegangan untuk mengoperasikan komponen ini biasanya berkisar antara 3 volt sampai 12 volt.

Baca juga: Pengertian Katup Solenoid Dan Cara Kerjanya

Kekurangan dan Kelebihan Piezoelectric

Berikut adalah kekurangan dan kelebihan dari salah satu komponen elektronika yaitu buzzer piezoelectric adalah sebagai berikut:

Kekurangan Piezoelectric

Piezo electric memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Sinyal output relatif rendah. Komponen ini menghasilkan sinyal output yang relatif rendah, oleh karena itu sering juga ditambahkan pre – amp sebagai penguat sinyal atau dapat membuat sinyal keluaran lebih tinggi agar dapat sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan drive sinyal ke rangkaian yang berikutnya
  • Impedansi piezoelectric tinggi. Kelemahan ini bukan merupakan kelemahan sepenuhya dari komponen tersebut. tetapi karena komponen ini memiliki kondisi yang mengharuskan untuk menmbahkan rangkaian agar dapat membuat impedasi dari komponen ini sesuai. Kondisi ini dapat digunakan ketika komponen tersebut berfungsi sebagai output (buzzer) ataupun sebagai input

Kelebihan Piezoelectric

Selain memiliki kekurangan komponen ini juga memiliki kelebihan yang dapat digunakan sebagai perbandingan dalam menggunakan komponen ini pada suatu rnagkaian elektronika audio dengan komponen lainnya yaitu:

  • Frekuensi operasional yang tinggi. Komponen ini dapat bekerja pada tingkat frekuensi yang terbilang tinggi, bahkan dapat merespon frekuensi audio 20 kHz dengan sangat baik.
  • Respon transien yang tinggi. Piezoelectic dapat menghasilkan output yang linear dan ideal bagi sebuah komponen jenis tranduser ini. Oleh karena itu komponen ini dapat mendeteksi dengan waktu sampai mikrodetik.
  • Konsumsi daya rendah. Komponen ini dapat mengeluarkan output yang tinggi tetapi dalam konsumsi daya dari komponen ini rendah.
  • Ukuran yang kecil. Salah satu kelebihan dari komponen ini adalah memiliki ukuran yang relatif kecil bagi keluarga tranduser. Sehingga komponen ini cocok untuk digunakan pada perangkat – perangkat elektronik yang kecil.

Baca juga: Perbedaan Rangkaian Thyristor, SCR, Triac, Diac

Aplikasi Buzzer Piezoelectric

Penggunaan dari komponen ini cukup banyak di beberapa bidang rangkaian elektronika karena dapat mengeluarkan suara atau bunyi nada (tone). Dalam pengaplikasian komponen ini sering ditemui pada peralatan medis, alat ukur elektronika seperti multimeter, osiloskop, dll, beikut adalah aplikasi dari komponen piezoelectric:

Sebagai Output (Buzzer)

Peggunaa komponen ini pada perangkat elektronikan dapat menghasilkan nada bunyi “beep” dan beberapa variasinya dan dapat lebih efisien dibandingkan kit amenggunakan loudspeaker umumnya. Dan juga komponen ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan dapat menghemat konsusi baterai atau daya yang dibutuhkan tidak besar.

Tetapi dengan seiringnya perkembangan zaman loudspeaker juga mengalami perkembangan. Mulai dari penggunaan pada perangkat – perangkat kecil, meskipun memiliki konsumsi baterai yang lebih besar jauh dari buzzer.



Leave a Comment