Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Phototransistor


Baca juga: Gambar Bagian Bagian Osiloskop

Contoh Rangkaian yang Menggunakan Photo Transistor

Berikut adalah beberapa contoh rangkaian dari implementasi photo transistor yang digunakan pada kehidupan sehari – hari:



Rangkaian Sederhana Photo Transistor

Sensor ini memiliki sifat yang sama dengan komponen transistor lainnya yaitu dapat menghasilkan kondisi yang disebut cut off dan saturasi. Kedua komponen ini juga memiliki perbedaan yaitu untuk transistor akan terjadi kondisi cut off saat tidak dialiri oleh arus yang mengalir melalui basis ke emitor dan memiliki kondisi saturasi terjadi apabila terdapat arus yang mengalir dari basis ke emitor. Sedangkan untuk photo transistor akan mengalami kondisi cut off apabila tidak terdapat cahaya infrared yang diterima dan kondisi dari saturasi terjadi saat menerima cahaya infrared.

Dapat dijelaskan pda rangkaian diatas arus akan mengalir dan juga membias dari basis transistor Q2 C9014. Dan kondisi saturasi adalah saat transistor dapat dikatakan ON apabila terdapat arus yang mengalir dari collector ke emitro dan menyebabkan Q2 tidak mendapatkan bias atau OFF.

Terdapat lapisan pelindung yang dapat melondungi sensor dari cahaya yang tidak diinginkan, pelindung ini terdapat pada salah satu jenis yaitu phototransistor ST8-LR2 yang memiliki sudut bias 15° sehingga cahaya yang dapat diindikasi palsu tidak akan mengacaukan proses yang telah diterima ke CPU.

Pengaplikasian sensor digunakan bersamaan dengan LED infrared yang dipancarkan ke permukaan tanah, sehingga jika permukaan tanah terang maka sinya infrared akan dikembalikan ke sensor dan akan diterima oleh ST8-LR2. Belaku juga kebalikannya yaitu jika permukaan tanah gelap maka sinya dari infrared akan diserap hanya sediki atau bahkan tidak kembali.

Implementasi Sensor Photo Transistor dengan Motor DC

Dapat dilihat pada gambar rangkaian diatas bahawa sensor ini berfungsi sebagai pengatur kecepatan putaran yang ada pada motor DC dengan cara mengatur resistansi yang masuk ke driver dari motor DC. Jadi apabila sensor tersebut terkena cahaya maka akan menyebabkan resistansi sensor berkurang, begitu juga dengan kecepatan dari motor DC yang akan berkurang juga. Sedangkan apabila sensor tersebut tidak terkena cahaya makan resistansi sensor akan bertambah begitu juga dengan kecepatan motor DC yang juga bertambah.

Implementasi Sensor Photo Transistor Dengan Motor Servo



Leave a Comment