Perawatan Motor Matic Injeksi Agar Mesin Awet dan Prima

Perawatan Matic Injeksi – Sepeda motor membutuhkan perawatan secara berkala. Seperti yang diketahui bersama, ada kalanya performa motor mengalami penurunan atau tidak prima.

Hal ini bisa dikarenakan adanya komponen yang bermasalah atau rusak. Untuk meminimalisir hal tersebut, pemilik sudah sepatutnya memahami bagaimana cara merawat motor.

Saat ini motor yang paling banyak dipakai adalah motor matic. Untuk itu pada pembahasan ini kita akan mengupas tentang perawatan motor matic injeksi. Berikut adalah informasi selengkapnya.

  1. Sebelum menggunakan motor matic injeksi, jangan lupa untuk memanaskan mesin terlebih dahulu. Hidupkan mesin motor matic dan biarkan setidaknya selama 1 menit. Jangan terlalu cepat dan juga jangan terlalu lama karena hal itu hanya akan membuat bensin terbuang percuma. Pemanasan ini dilakukan supaya pembakaran mesin lebih sempurna.
  2. Jangan menggeber motor matic terlalu cepat atau melepas selongsong gas dengan cepat. Hal ini akan membuat usia mesin motor menjadi lebih pendek. Hindari berkendara agresif karena hal tersebut dapat berpotensi memangkas usia beberapa komponen motor.
  3. Perawatan motor matic injeksi berikutnya adalah dengan mengganti oli transmisi matic secara rutin. Disarankan untuk mengganti oli motor matic setiap 5.000 km dan oli mesin setiap 1.000 km.
  4. Selain itu jangan lupa untuk mengecek kondisi aki dan busi motor. Alasannya kedua komponen ini mempunyai peran yang penting supaya motor bisa melesat dengan lancar. Gunakan sparepart asli supaya terjamin performanya dan tidak menggugurkan garansi pabrikan.
  5. Cek kondisi vent belt dan roller secara berkala. Kedua komponen ini memiliki peran dalam menjaga kenyamanan saat berkendara. Jika ditemui masalah segera bawa ke bengkel resmi terdekat.
  6. Perawatan motor matic injeksi selanjutnya adalah teratur dalam mengganti oli shockbreaker. Sebab umumnya skuter matik yang beredar di pasaran mengusung single shockbreaker. Lakukan penggantian setiap 10.000 km. Jika terdengar suara mendecit gantilah dengan yang baru.
  7. Tips merawat motor matic injeksi terakhir adalah selalu mengecek tangki bahan bakar. Sebaiknya jangan biarkan tangki bensin habis. Sebab jika kosong kotoran pada tangki akan mudah terserap dan berpotensi menghambat kerja mesin.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala alias servis. Umumnya untuk servis berkala konsumen akan mendapat layanan penggantian oli, pembersihan karburator dan seting motor. Di samping itu masing-masing merek biasanya merekomendasikan konsumennya untuk melakukan servis di bengkel resminya.

Juga jangan lupa untuk menanyakan kondisi beberapa part motor matic. Misalnya seperti kondisi aki, vanbelt dan roler, apakah membutuhkan penggantian atau tidak. Jika rusak dan waktunya ganti disarankan untuk menggunakan suku cadang asli. Lakukan servis berkala kurang lebih setiap 3 bulan sekali untuk menjaga performa motor matic.

Bicarakan dengan teknisi jika ada permasalahan yang tidak wajar dari motor matic Anda. Misalnya motor susah starter, rem yang blong dan lain sebagainya. Dengan begitu teknisi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberitahukannya kepada Anda jika ada komponen yang bermasalah.

Selain servis rutin, yang juga tak kalah penting usahakan untuk menggunakan bensin yang berkualitas. Untuk hal ini Anda perlu memastikan bahwa penjual bensin benar-benar menjual bensin tanpa campuran. Karena hal ini bisa mempengaruhi performa mesin. Maka dari itu disarankan untuk membeli bensin di tempat yang dikelola pemerintah atau tempat-tempat lain yang dikelola oleh perusahaan terkemuka.

Juga gunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Mengenai standar minimal bahan bakar ini bisa Anda baca di buku manual yang biasanya disertakan saat pembelian motor. Atau Anda juga bisa membacanya di internet.

Itulah beberapa hal seputar perawatan motor matic injeksi yang bisa Anda simak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Merawat motor memang membutuhkan tenaga dan waktu. Akan tetapi hal ini membuat motor terhindar dari permasalahan serius.

Leave a Comment