Pengertian, Jenis Dan Fungsi Triac


Pengertian Dan Fungsi Triac – Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang TRIAC (Triode for Alternating Current) yang ekuivalen dengan dua SCR dengan berbeda arah (back to back) dan dihubungkan dalam bentuk paralel. Hal ini sama halnya dengan dioda shockley yang membentuk DIAC.

SCR sendiri bisa dibilang merupakan device yang searah, sedangkan TRIAC merupakan device untuk dua arah atau bolak-balik (AC). Lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dari simbol dan diagram ekuivalen TRIAC di bawah ini.



Simbol dan Diagram ekuivalen TRIAC

SCR secara individu memang memiliki fungsi yang sangat fileksibel untuk digunakan dalam sistem kontrol maju. Sehingga SCR banyak diaplikasikan pada sirkuit motor drive. Sedangkan TRIAC banyak digunakan pada aplikasi dengan daya rendah seperti saklar dimmer. Berikut ini kami akan memberikan contoh gambar dari rangkaian dimmer lampu sederhana, yang dimana sudah dilengkapi dengan jaringan resistor – kapasitor (RC) sebagai penggeser fasar yang dibutuhkan sebagai pemicu.

Rangkaian dimmer lampu

Baca juga: Cara Mengukur Triac Dengan Multimeter

Mengenal TRIAC

TRIAC dikenal sebagai perangkat yang tidak menyulut secara simetris. Ini menandakan bahwa TRIAC tidak akan memicu pada tingkat tegangan yang sama seperti tingkat  tegangan yang ditambahkan ketika polaritas lain. Pada dasarnya, hal seperti ini tidak diinginkan, hal ini karena penyulutan yang tidak simetris dapat menghasilkan bentuk gelombang arus yang memiliki frekuensi harmonik lebih besar.

Bentuk gelombang yang simetris umumnya hanya memiliki kandungan harmonik ganjil. Sedangkan untuk bentuk gelombang yang tidak simetris memiliki kandungan harmonik gelap dan bahkan tak jarang juga disertai dengan harmonik ganjil.

Perlu diketahui bahwa penting sekali untuk mengurangi kandungan total harmonik yang ada dalam sistem tenaga listrik. Jika harmonik semakin sedikit atau berkurang maka dipastikan akan semakin baik. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa SCR individu lebih banyak diminati daripada TRIAC dalam kontrol daya tinggi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya gelombang arus TRIAC lebih simetris adalah dengan menggunakan perangkat eksternal seperti DIAC sebagai pengatur waktu pulsa pemicu (trigger) TRIAC. Pengaplikasian DIAC ini biasanya dihubungkan dalam bentuk seri dengan gate dari TRIAC.



Leave a Comment