Pengertian, Jenis Dan Fungsi Triac


Pengertian Dan Fungsi Triac – Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang TRIAC (Triode for Alternating Current) yang ekuivalen dengan dua SCR dengan berbeda arah (back to back) dan dihubungkan dalam bentuk paralel. Hal ini sama halnya dengan dioda shockley yang membentuk DIAC.

SCR sendiri bisa dibilang merupakan device yang searah, sedangkan TRIAC merupakan device untuk dua arah atau bolak-balik (AC). Lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dari simbol dan diagram ekuivalen TRIAC di bawah ini.



Simbol dan Diagram ekuivalen TRIAC

SCR secara individu memang memiliki fungsi yang sangat fileksibel untuk digunakan dalam sistem kontrol maju. Sehingga SCR banyak diaplikasikan pada sirkuit motor drive. Sedangkan TRIAC banyak digunakan pada aplikasi dengan daya rendah seperti saklar dimmer. Berikut ini kami akan memberikan contoh gambar dari rangkaian dimmer lampu sederhana, yang dimana sudah dilengkapi dengan jaringan resistor – kapasitor (RC) sebagai penggeser fasar yang dibutuhkan sebagai pemicu.

Rangkaian dimmer lampu



Baca juga: Cara Mengukur Triac Dengan Multimeter

Mengenal TRIAC

TRIAC dikenal sebagai perangkat yang tidak menyulut secara simetris. Ini menandakan bahwa TRIAC tidak akan memicu pada tingkat tegangan yang sama seperti tingkat  tegangan yang ditambahkan ketika polaritas lain. Pada dasarnya, hal seperti ini tidak diinginkan, hal ini karena penyulutan yang tidak simetris dapat menghasilkan bentuk gelombang arus yang memiliki frekuensi harmonik lebih besar.

Bentuk gelombang yang simetris umumnya hanya memiliki kandungan harmonik ganjil. Sedangkan untuk bentuk gelombang yang tidak simetris memiliki kandungan harmonik gelap dan bahkan tak jarang juga disertai dengan harmonik ganjil.

Perlu diketahui bahwa penting sekali untuk mengurangi kandungan total harmonik yang ada dalam sistem tenaga listrik. Jika harmonik semakin sedikit atau berkurang maka dipastikan akan semakin baik. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa SCR individu lebih banyak diminati daripada TRIAC dalam kontrol daya tinggi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya gelombang arus TRIAC lebih simetris adalah dengan menggunakan perangkat eksternal seperti DIAC sebagai pengatur waktu pulsa pemicu (trigger) TRIAC. Pengaplikasian DIAC ini biasanya dihubungkan dalam bentuk seri dengan gate dari TRIAC.

Penggunaan DIAC meningkatkan simetri kontrol



Jika dibandingkan dengan tegangan pemicu TRIAC, tegangan brekover DIAC biasanya jauh lebih simteris meskipun polaritasnya berbalik. DIAC yang dihubungkan dalam bentuk seri dengan gate ternyata mampu mencegah atau menunda setiap arus gate hingga tegangan trigger (pemicu) sudah mencapai nilai yang tertentu. Dengan demikian titik penyulutan TRIAC dari setengah siklus menuju siklus selanjutnya akan selalu konsisten, sehingga gelombang akan selalu simetris pada pusatnya.

Hampir semua karakteristik dan perilaku SCR juga dimiliki oleh TRIAC. Dapat dikatakan bahwa TRIAC adalah sebuah perangkat yang memiliki kemampuan untuk menangani arus dari dua arah (AC), sedangkan SCR sendiri hanya satu arah.

Berdasarkan diagram ekuivalen yang sudah ditunjukkan sebelumnya, mungkin Anda akan berpikir bahwa terminal utama TRIAC, yaitu terminal 1 dan terminal 2 bisa dipertukarkan. Diagram tersebut untuk menunjukan bahwa TRIAC merupakan perangkat yang terdiri dari dua SCR yang dirangkai secara paralel menjadi satu, namun pada kenyataannya TRIAC dibuat dari lapisan bahan semikonduktor yang diolah secara cepat. Jadi sifat operasinya TRIAC sangat berbeda dengan diagram ekuivalennya.

Berikut ini kami akan memberikan dua contoh rangkaian sederhana yang menunjukkan bahwa terminal-terminal utama TRIAC tidak dapat ditukar atau digantikan. Dua rangkaian ini merupakan variasi rangkaian dimmer lampu yang sudah ditampilkan sebelumnya, dimana kapasitor dan DIAC sehingga dihilangkan untuk mempermudah penjelasan. Memang hanya dapat menghasilkan rangkaian yang memiliki kemampuan kontrol kurang baik dibanding versi kompleksnya (dengan DIAC dan kapasitor).



Rangkaian TRIAC yang berfungsi

Ketika dua terminal utama TRIAC diatas ditukar, maka gambarnya akan berubah menjadi seperti ini:

Rangkaian triac tidak berfungsi karena terminal utama tidak bisa digantikan atau ditukar

Jika terminal utama tersebut ditukar maka rangkaian tidak akan bisa berfungsi, dan beban tidak akan bisa memperoleh daya, hal ini karena TRIAC memang tidak akan pernah menyulut atau menyala, tidak peduli dengan tinggi atau rendahnya resistansi resistor kontrol.

Salah satu kunci keberhasilan untuk memicu (mentrigger) TRIAC adalah dengan memastikan bahwa arus pemicu yang didapatkan gate beraal dari sisi terminal utama 2 (MT2), yakni sisi terminal yang berlawanan (berseberangan) dengan terminal gate yang ada pada simbol TRIAC. Identifikasi terminal 1 dan terminal utama 2 (MT1 dan MT2) sebaiknya dilakukan melalui bagian nomor TRIAC dengan berpedoman pada lembar data (data sheet) atau buku.

Baca juga: Pengertian DIAC Dan Fungsinya

Aplikasi TRIAC

TRIAC menjadi salah satu komponen yang biasa digunakan sebagai AC Switching (Saklar AC). Ini karena TRIAC bisa berfungsi sebagai pengendali aliran arus listrik pada dua arah siklus gelombang bolak balik AC. Kemampuan inilah yang membuat TRIAC lebih baik jika dibandingkan dengan SCR.

Namun TRIAC tidak diaplikasikan pada rangkaian switching yang membutuhkan daya yang sangat tinggi. Hal ini karena switching TRIAC memiliki karakteristik yang non-simetris dan gangguan elektromagnetik yang dihasilkan oleh listrik dengan daya tinggi itu sendiri.

Beberapa aplikasi TRIAC di berbagai macam elektronika ataupun listrik adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pengatur pada Lampu Dimmer.
  2. Sebagai pengatur Kecepatan pada Kipas Angin.
  3. Sebagai pengatur Motor kecil.
  4. Sebagai pengatur pada berbagai peralatan  rumah tangga yang memiliki arus istrik AC.

Simbol TRIAC dan Strukturnya

TRIAC pada dasarnya terdiri dari 2 buah transistor yang digabungkan menjadi satu. Jika dilihat dari simbolnya, maka kedua transistor tersebut akan seperti transistor NPN dan PNP yang digabungkan menjadi satu dengan melalui pin basis dan kolektor.



Leave a Comment