Pengertian NFC (Near Field Communication)


Pengertian NFC – Ketika melihat riview mengenai smartphone terbaru, seringkali didengar istilah NFC. Salah satu fitur menarik ini memang merupakan fitur baru yang disematkan pada smartphone kelas menengah keatas. Maka tak heran jika banyak sekali orang yang bertanya-tanya mengenai fungsi dari fitur NFC ini.

Pengertian NFC



NFC pada smartphone adalah komponen yang memiliki fungsi untuk memudahkan transaksi secara nirkabel. Cara kerjanya tidak berbeda jauh dengan Wifi ataupun Bluetooth yang memanfaatkan gelombang radio. Namun jarak jangkauan NFC jauh lebih pendek daripada Wifi atau bluetooth.

Baca juga: Rangkaian Wireless Charger

Pengertian NFC (Near Field Communication)

Pengertian NFC

NFC atau Near Field Communication merupakan suatu teknologi yang memungkinkan dua perangkat elektronik melakukan komunikasi secara nirkabel saat perangkat-perangkat tersebut sedang berada di jarak yang dekat. Untuk bisa melakukan komunikasi nirkabel ini maka kedua perangkat tersebut harus dilengkapi dengan sebuah chip NFC, baik itu perangkat yang memancarkan sinyal ataupun perangkat yang mendapat sinyalnya.

Perlu diketahui bahwa jangkauan komunikasi NFC memang jauh lebih pendek, karena hanya mencapai 10 cm atau sekitar 4 inci saja. Pada dasarnya NFC menggunakan prinsip kopling induktif dan bekerja pada frekuensi 13,56 MHZ, yang dimana merupakan frekuensi tinggi (HF) dari spektrum radio serta bebas lisensi. Namun sekarang ini, standar NFC telah mendukung kecepatan transmisi data sampai dengan 424 kbit/s.

Memang tidak ada konektor fisik sama sekali sehingga komunikasi NFC dipastikan lebih andal dan terhindar dari keausan kontak, korosi ataupun kotoran yang dapat memperlambat koneksi yang seringkali dialami oleh sistem komunikasi yang memanfaatkan konektor fisik.



Fungsi NFC

Sebagai fitur yang dapat menghubungkan dua perangkat, NFC memiliki berbagai macam fungsi. Berikut ini adalah fungsi NFC yang perlu Anda ketahui:

  1. Menyambungkan Smartphone ke Perangkat Lain

Fungsi NFC

Fungsi utama NFC adalah sebagai penghubung diantara dua perangkat secara dua arah, baik menerima ataupun mengirim informasi. Koneksi ini tidak ditentukan oleh jaringan Wifi ataupun LTE. Hal ini tentu sangat berbeda dengan Bluetooth karena harus melakukan pairing lebih dahulu, NFC cukup ditempet saja supaya bisa tersambung.

Karena terbilang sangat praktis maka NFC sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti misalnya menghubungkan smartphone ke wireless router, headset, maupun speaker yang sudah dilengkapi dengan NFC.

  1. Transfer File

Fungsi NFC

NFC juga memiliki fungsi untuk melakukan transfer file antara smartphone satu ke smartphone lainnya hanya dengan menempelkan kedua smartphone tersebut. Anda bisa mengirim gambar, no telepon, ataupun dokumen lainnya secara cepat dan mudah. Namun jika dibandingkan dengan transfer menggunakan Bluetooth, kecepatan NFC dalam hal ini masih lebih lambat.



  1. Untuk Pembayaran Cashless

Fungsi NFC

Cashless kini sudah semakin banyak digunakan sehingga kehadiran NFC bisa dijadikan sebagai alat pembayaran yang sangat praktis. Anda hanya perlu menempelkan smartphone yang Anda miliki ke alat tertentu. Selanjutnya NFC akan langsung memberikan data yang diperlukan sehingga proses pembayaran akan diproses secara lebih cepat.

Banyak sekali yang memanfaatkan teknologi NFC sebagai metode pembayaran, seperti Samsung Pay, Apple Pay, dan Goggle Pay. Namun penggunaan NFC di Indonesia masuk belum maksimal sehingga fitur-fitur tersebut masih belum bisa digunakan. Penggunaan NFC di Indonesia hanya bisa untuk melakukan pengecekan saldo dan top-up w-wallet oleh beberapa bank swasta dan pemerintah.

  1. NFC Tag

Fungsi NFC

NFC tag adalah suatu tag (stiker kecil) yang didalamnya mengandung chip NFC. Tag tersebut berisi alamat web dan tindakan tertentu pada sebuah smartphone seperti misalnya dalam menyalakan Wifi ataupun membuka aplikasi. Keberadaan NFC tag memudahkan Anda untuk tidak menggunakan aplikasi tambahan seperti QR Code. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukan maka Anda cukup menempelkan smartphone ke tag tersebut.



Sudah banyak sekali yang memanfaatkan NFC Tag seperti pada toko-toko maupun perusahaan dengan tujuan untuk menunjukkan harga dan barang secara lebih detail, bahkan juga bisa untuk menandai lokasi.

Cara Kerja NFC (Near Field Communication)

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa cara kerja NFC adalah menggunakan prinsip pengiriman dan penerima informasi dengan melalui gelombang radio. NFC juga mempunyai standar tertentu yang harus digunakan untuk melakukan transmisi data secara nirkabel.

Atau dapat dikatakan bahwa perangkat-perangkat NFC harus sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan untuk bisa melakukan komunikasi dengan baik. Teknologi yang digunakan oleh NFC ini berdasarkan teknologi RFID (Radio Frequency Identification atau Identifikasi  Frekuensi Radio) yang terlebih dahulu ditemukan adalah yang menggunakan induksi elektromagnetik sebagai pengirim informasi.

Perangkat NFC mampu mengeluarkan gelombang radio frekuensi tinggi atau Hight Frequency spektrum sekitar 13,56MHz. Jika sebuah perangkat NFC tidak berada jauh dengan perangkat NFC yang lainnya, maka kedua perangkat tersebut akan menghasilkan induksi magnetik yang bisa memindahkan energi atau daya dan data dari sebuah perangkat menuju ke perangkat yang lainnya.

Kopling induksi tersebut memiliki prinsip kerja yang tidak berbeda jauh  dengan prinsip perangkat pada perangkat pengisian daya nirkabel atau Wireless Charging. Akan tetapi, perangkat NFC menghasilkan daya yang lebih kecil, yaitu sebesar 15mA sehingga tidak bisa dipergunakan dalam pengisian baterai pada handphone ataupun perangkat lainnya. Kopling induksi ini sudah menjadi teknologi NFC yang jauh berbeda dengan berbagai teknologi nirkabel lainnya seperti Bluetooth dan Wifi.

Untuk memahami cara kerja perangkat NFC berdasarkan kopling induksi secara lebih jelas, maka silahkan anda lihat pada gambar berikut ini.



Leave a Comment