Pengertian, Fungsi Dan Contoh Mikroprosesor


Pengertian Dan Contoh Mikroprosesor – Mikroprosesor adalah sebuah komponen yang memiliki peran penting dalam sistem komputer. Bahkan komponen ini juga biasa disebut sebagai otak komputer, meskipun sebutan ini kurang begitu tepat.



Mikroprosesor hanya berperan sebagai pemroses saja,  yang dimana tidak memiliki fungsi sebagai pengingat. Fungsi pengingat ini sendiri dimiliki oleh komponen lain yang dinamakan dengan memori, dan berbagai komponen lain yang digunakan dalam komputer. Lalu apa yang dimaksud dengan mikroprosesor? Bagaimanakah fungsinya? Lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Mikrokontroler

Pengertian Mikroprosesor

Mikroprosesor adalah suatu chip IC (Sirkuit Terintegrasi) yang merupakan gabungan fungsi inti dari unit pemrosesan pusat (CPU) atau Central Processing Unit komputer.  Chip IC atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai microprocessor ini merupakan perangkat multifungsi yang bisa diprogram secara khusus untuk menerima data digital sebagai input, yang kemudian melakukan pemrosesan sesuai dengan prosedur yang ada dalam memorinya serta memberikan hasil sebagai output.

Dalam mikroproseseor terdapat sebuah logika kombinasional dan logika digital sekuensial yang dimana keduanya beroperasi pada angka serta simbol yang diwakili dengan sistem angka biner. Selain itu, dalam komponen inijuga terdapat ALU (Arithmetic Logic Unit), unit kontrol, register, sistem bus dan jam atau clock  untuk menjalankan tugas komputasi. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa microprocessor bisa dikatakan sebagai otak dari seluruh bagian komputer, baik itu komputer yang berupa laptop, dekstop, ataupun server.

Perkembangan komponen ini dimulai dari penemuan IC oleh Fair Child Semikonduktor pada tahun 1959. Selanjutnya beberapa tahun kemudian atau lebih tepatnya pada tahun 1968, Gordan Moore (ahli kimia), Robert Noyce (fisikawan) dan Andrew Grove (Investor) memutuskan untuk berhenti dari Fair Child Semikonduktor dan membangun sebuah perusahaan yang bernama INTEL (Integrated Electronics). Pada tahun 1971, mereka telah berhasil membuat mikroprosesor untuk pertama kali yaitu intel 4004.



Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Semikonduktor

Diagram Blok Mikroprosesor pada Komputer

Komponen mikroprosesor pada umumnya terdiri dari ALU (unit aritmatika dan logika atau Arithmetic Logic Unit), unit pengendali dan register array. Adapun bentuk diagram blok mikroprosesor pada komputer adalah sebagai berikut:

Fungsi Mikroprosesor

Mikroprosesor memiliki fungsi utama sebagai komponen untuk mengendalikan seluruh kinerja sistem komputer. Selain itu, mikroprosesor juga memiliki fungsi lain sebagai berikut:

  • Mengambil data dan intruksi dari memori
  • Memindahkan data dari sebuah memori ke memori
  • Mengirimkan sinyal-sinyal kendali dan melayani kerja sinyal interupsi
  • Mengerjakan berbagai fungsi operasi logika ataupun logaritma
  • Menyediakan pewaktuan siklus kerja sistem mikroprosesor dan menjadi fungsi cip itu sendiri.

Berbagai fungsi yang dimiliki oleh mikroprosesor tersebut dipengaruhi oleh beberapa bagian yang ada di dalamnya, salah satunya adalah register. Register merupakan sejumlah memori komputer yang dapat bekerja dengan kecepatan ini. Bagian ini mampu untuk melakukan eksekusi pada program-program dari komputer dengan cara menyediakan akses secara cepat khusus untuk beberapa nilai yang penggunaannya umum.



Leave a Comment