Pengertian, Fungsi Dan Contoh Mikroprosesor


Pengertian Dan Contoh Mikroprosesor – Mikroprosesor adalah sebuah komponen yang memiliki peran penting dalam sistem komputer. Bahkan komponen ini juga biasa disebut sebagai otak komputer, meskipun sebutan ini kurang begitu tepat.



Mikroprosesor hanya berperan sebagai pemroses saja,  yang dimana tidak memiliki fungsi sebagai pengingat. Fungsi pengingat ini sendiri dimiliki oleh komponen lain yang dinamakan dengan memori, dan berbagai komponen lain yang digunakan dalam komputer. Lalu apa yang dimaksud dengan mikroprosesor? Bagaimanakah fungsinya? Lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Mikrokontroler

Pengertian Mikroprosesor

Mikroprosesor adalah suatu chip IC (Sirkuit Terintegrasi) yang merupakan gabungan fungsi inti dari unit pemrosesan pusat (CPU) atau Central Processing Unit komputer.  Chip IC atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai microprocessor ini merupakan perangkat multifungsi yang bisa diprogram secara khusus untuk menerima data digital sebagai input, yang kemudian melakukan pemrosesan sesuai dengan prosedur yang ada dalam memorinya serta memberikan hasil sebagai output.



Leave a Comment