Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi LED


Bentuk lampu LED tidak berbeda jauh dengan bohlam (bola lampu) yang memiliki ukuran kecil dan bisa dipasangkan dengan mudah di berbagai macam perangkat elektronika. Namun lampu LED sangat berbeda dengan lampu pijar karena lampu LED tidak membutuhkan pembakaran filamen.

Dengan demikian maka tidak akan menimbulkan panas saat menghasilkan cahaya. Inilah yang membuat lampu berukuran kecil ini banyak digunakan sebagai lampu penerang penerang pada LCD TV untuk menggantikan lampu tube.



Simbol dan Bentuk LED

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa lampu LED mempunyai simbol yang khas dan mudah untuk dikenali.  Berikut ini adalah simbol dan bentuk dari LED:

Simbol lampu LED mempunyai ciri khas yang dapat dikenali secara langsung pada suatu rangkaian atau layout pcb. Dari gambar diatas sudah terlihat dengan jelas bahwa simbol LED mempunyai dua kaki (kutub) yang berbeda, yaitu anoda dan katoda. Simbol tersebut juga menunjukkan bahwa suatu rangkaian LED tidak boleh terbalik. Jika dipasang secara terbalik maka dapat dipastikan lampu LED tidak akan bisa dailiri oleh listrik sehingga tidak bisa menghasilkan cahaya.

Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Ada banyak sekali fungsi LED yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dalam dunia elektronika saja, lampu LED dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yang membutuhkan LED sebagai komponennya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari lampu LED:

  • LED memiliki fungsi sebagai sensor infrared pada remote AC, remote TV, dan berbagai remot yang lainnya. Bahkan banyak juga smartphone yang memasang LEF sebagai fitur infrared-nya.
  • Teknologi LED sekarang ini juga banyak digunakan untuk layar monitor komputer (PC) ataupun televesi.
  • LED memiliki fungsi sebagai lampu indikator atau petunjuk pada rangkaian elektronika dengan beragam warnanya.
  • LED kini juga memiliki fungsi sebagai lampu sen pada kendaraan bermotor.
  • Dan masih banyak sekali fungsi LED lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Kerja LED (Light Emitting Diode)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa LED berasal dari keluarga yang dibuat dari bahan semikonduktor. Cara kerjanya pun tidak berbeda jauh dengan dioda yang mempunyai dua kutub, yaitu kutub positif (P) dan kutub negatif (N).  Akan tetapi, LED hanya bisa memancarkan cahaya jika mendapat tegangan maju atau bias forward mulai dari anoda menuju ke katoda.



Leave a Comment