Pengertian Dan Jenis Jenis Kabel Listrik


Jenis kabel ini juga memiliki fungsi sebagai penghantar dari penangkal petir.

  1. Kabel ACSR

Kabel ACSR



Kabel ACSR adalah kabel listrik yang dibuat dari bahan aluminium dengan bagian inti dari kawat baja. Jenis kabel ini seringkali digunakan pada salauran transmisi tegangan tinggi sebagai penyalur listrik jarak jauh.

Kabel ini biasanya dipasang secara melintang tanpa isolasi apapun diantara dua tiang menara distribusi. Hal ini karena tegangan yang mengalir pada kabel ini terlalu tinggi sehingga menghasilkan panas yang mampu melelehkan lapisan isolator kabel listrik itu sendiri.

Kabel ACSR mempunyai konstruksi yang cukup kuat, tahan terhadap karat dan mampu tahan lama karena memang jika ingin dipasang di lingkungan terbuka (outdoor) harus memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap berbagai kondisi cahaya.

  1. Kabel ACAR

Kabel ACAR

Kabel ACAR mempunyai konstruksi dan fungsi yang tidak berbeda jauh  dengan kabel ACSR. Namun kabel ACAR ini mempunyai kualitas yang jauh lebih bagus karena bahan kabelnya semakin diperkuat dengan bahan logam campuran sehingga bisa menghasilkan kabel yang cukup kokoh dan mampu tahan lama.

  1. Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO adalah kabel listrik yang mempunyai dua atau lebih kabel berinti serabut. Jenis kabel yang satu ini umumnya tidak digunakan sebagai instalasi listrik dengan tegangan dan arus besar, karena bisa menghasilkan panas yang cukup membahayakan.

Namun hanya bisa digunakan dalam arus yang cukup rendah seperti di berbagai macam peralatan elektronik rumah tangga. Misalnya saja di kabel soundsystem, audio video maupun rangkaian elektronika yang lainnya.

Kabel NYMHYO dipasaran tersedia dalam berbagai macam jenis, ada yang dibuat dari tembaga murni dan ada juga dari tembaga campuran. Semakin bagus kualitas yang dimiliki oleh kabel NYMHO maka akan semakin mahal juga harganya.

  1. Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel listrik NYMHY adalah jenis kabel yang terdiri dari 2 hingga 3 kabel dengan inti serabut dan masing-masing dilindungi dengan isolator PVC yang kemudian dibungkus menjadi satu dengan isolator utama.

Jenis kabel yang satu ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara peralatan listrik maupun stop kontak rumah yang dimana pemasangannya di bagian atap dan juga dinding ruangan. Kabel NYMHY hanya digunakan untuk aliran listrik rumah tangga yang mempunyai daya sebesar 900 Watt ke bawah.

Sedangkan untuk listrik rumah tangga dengan daya sebesar 900 Watt lebih maka bisa menggunakan kabel berinti tunggal jenis NYM.



Leave a Comment