Pengertian Dan Jenis Jenis Kabel Listrik


Kepanjangan dari kabel NYY adalah N = kabel tembaga, Y = isolasi PVC, dan A= selubung luar isolasi PVC. Kabel NYY merupakan sebuah kabel yang digunakan khusus sebagai intalasi listrik, baik itu yang ditanam di dalam tanah ataupun di berbagai kondisi seperti outdoor, tempat yang lembab ataupun kering.

Sangat disarankan untuk memberikan perlindungan lebih dengan menggunakan pipa PVC atau pipa besi supaya menjadi lebih aman dan terjamin (khususnya pada aliran listrik dengan tegangan tinggi).



Kabel NYY dibuat dari bahan isolator dengan konstruksi yang cukup dan kaku serta mempunyai kemampuan anti gigitan tikus. Lalu didalamnya berisi 2, 3, atau 4 kabel yang dimana masing-masing kabel memiliki inti tunggal dan dilapisi dengan isolator.

Warna kabel ini adalah hitam dengan isolasi ganda.  Kabel ini juga banyak digunakan di lampu taman, dan juga kabel tenaga di industri.

Jika pemasangan ditanam di dalam tanah maka harus benar-benar dijaga masalah kerusakan isolasinya dari kerusakan mekanis dengan menambahkan pipa pelindung.

  1. Kabel NYAF

Kabel NYAF

Kabel NYAF adalah kabel listrik yang mempunyai inti dibuat dari bahan tembaga berserabut, dan dilapisi dengan PVC kualitas menengah. Jenis kabel listrik ini mempunyai fleksibilitas tinggi sehingga banyak digunakan di instalasi listrik di panel-panel atau jalur yang berkelok-kelok.



Dalam penggunaannya, kabel listrik harus memiliki perlindungan lebih dengan penambahan pipa distribusi. Kabel ini juga mudah mengalami korosi dalam jangka waktu yang cukup khususnya pada bahan inti yang berasal dari tembaga campuran.

Sebaiknya dipasang ditempat dan lingkungan dalam kondisi kering. Tidak disarankan untuk dipasang pada kondisi lembab ataupun basah apalagi jika tidak bisa terkena cuaca langsung.

  1. Kabel NYYGby/NYRGbY/NYBY

Kabel NYYGby

Kabel NYYGby/NYRGbY/NYBY mempunyai lebih dari dua inti tembaga dengan isolasi PVC, lalu dilindungi oleh kawat baha bulat yang terlilit oleh plat baja dan isolasiutama dari bahan PVC sehingga sudah pasti kuat dan mampu tahan lama. Jenis kabel ini seringkali digunakan sebagai intalasi kabel listrik yang ditanam langsung di dalam tanah.

Saat melakukan pemasangan, jenis kabel ini tidak perlu lagi ditambahkan perlindungan lebih terkecuali di beberapa titik yang menyeberangi jalan raya harus dilindung lagi, setidaknya dengan pipa PVC. Cara pemasangan kabel NYYGby/NYRGbY/NYBY ini ditanam dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 0,8 meter.

  1. Kabel NYCY

Kabel NYCY



Kabel NYCY merupakan jenis kabel yang bisa dipasang di berbagai macam tempat, entah itu di dalam ruangan, di alam terbuka, ataupun di dalam tanah. Jenis kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang memiliki lapisan pita CU kabel sebagai pelindung. Keunggulan yang dimiliki oleh kabel NYCY adalah tahan terhadap berbagai macam jenis kondisi cuaca.

  1. Kabel BC

Kabel BC



Leave a Comment