Pengertian Dan Jenis Jenis Kabel Listrik


Kepanjangan dari kabel NYA adalah sebagai berikut N  = kabel tembaga, Y = isolasi PVC, dan A = inti tunggal. Kabel NYA merupakan salah satu kabel listrik yang mempunyai inti tembaga tunggal atau pejal yang dilapisi oleh bahan isolator PVC yang biasa digunakan sebagai instalasi listrik di rumah-rumah. Jenis kabel ini umumnya mempunyai diameter mulai dari 1.5 mm hingga 2.5 mm.

Bahan isolatornya umumnya memanfaatkan warna untuk digunakan sebagai pembeda antara fasa, netral dan juga ardenya. Beberapa diantaranya adalah warna merah, hitam, kuning, biru ataupun kuning strip hijau. Lapisan isolator ini hanya terdiri dari satu lapis saja.



Keunggulan kabel listrik NYA adalah memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kabel listrik lainnya. Bahkan penggunaannya terbilang lebih mudah untuk menentukan jumlah kabel listrik yang dibutuhkan.

Sedangkan kekurangannya adalah mudah mengalami cacat jika terkena goresan, gigitan tikus, maupun cuaca, karena memang lapisan isolatornya terdiri dari satu lapis. Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan, maka kabel listrik NYA harus dilindungi dengan menggunakan pipa PVC atau bisa juga dipasang di udara supaya jauh dari jangkauan.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kabel listrik NYA:

  • Kabel listrik NYA harus dilindungi oleh pipa instalasi untuk pemasangan tetap pada jangkauan tangan.
  • Jika dipasang pada tempat dengan kondisi lembab maka kabel NYA harus dilindungi dengan pipa PVC.
  • Kabel listrik harus dilindungi pipa intalasi terlebih dahulu, jangan sampai ditempel langsung pada plesteran kayu ataupun ditanam secara langsung pada plesteran atau kayu.
  • Jika pemasangan di luar jangkauan tangan, maka boleh terbuka dengan menggunakan isolator jepit ataupun rol isolator. Cara pemasangan harus menggunakan jarak setidaknya 1 cm dari dinding maupun bagian lain bangunan.
  • Dapat digunakan di peralatan listrik dan PHB.
  • Hindari pemasangan yang dilakukan di ruangan basah seperti misalnya di alam terbuka, di tempat kerja dan di gudang.
  1. Kabel NYM

Kabel NYM

Kepanjangan dari kabel listrik NYM adalah sebagai berikut, N = kabel tembaga, Y = isolasi PVC, dan M = inti yang lebih dari satu. Kabel listrik NYM merupakan jenis kabel yang mempunyai inti lebih dari satu, yang dimana setiap inti dilapisi isolator, dan beberapa inti yang sudah dilapisi tersebut akan dibungkus hingga sedemikian rupa menjadi satu dengan ditambahkan isolasi putih dan juga selubung karet.



Jumlah inti pada kabel listrik NYM mulai dari 2 sampai 4 inti dengan beragam warna yang berbeda. Jenis kabel ini banyak digunakan di berbagai instalasi listrik gedung atau bangunan yang langsung tertanam di dinding.

Kelebihan kabel listrik NYM adalah berkualitas dan memiliki daya tahan yang lebih baik. Selain itu, kabel ini juga dapat dipasangkan di lingkungan dalam kondisi kering ataupun basah, tetapi sangat tidak disarankan untuk ditanam. Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh kabel NYM adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan kabel lainnya.

  1. Kabel NYY

Kabel NYY



Leave a Comment