Pengertian Dan Jenis Jenis Kabel Listrik


Jenis Kabel Listrik Dan Fungsinya – Mengingat listrik memiliki peran yang sangat penting, maka kabel listrik sekarang ini sudah menjadi komponen yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam peralatan elektronik seperti TV, lampu, charger dan smartphone hampir semuanya membutuhkan kabel listrik supaya bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Pengertian Dan Jenis Jenis Kabel Listrik copy

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak sekali jenis kabel listrik yang dibedakan berdasarkan fungsinya dan bentuknya. Sehingga penting sekali untuk memahami jenis-jenis kabel listrik tersebut supaya pemanfaatannya optimal.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai macam jenis kabel listrik secara lengkap beserta pembahasannya. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Macam Macam Soket Listrik

Pengertian Kabel Listrik

Pengertian Kabel Listrik

 

Electrical Cable atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kabel listrik merupakan media yang memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik, dimana media ini terdiri dari konduktor dan isolator. Konduktor atau bahan penghantar listrik yang umumnya digunakan oleh kabel listrik dibuat dari bahan tembaga dan alamunium.

Bahkan juga ada yang dibuat dari silver atau perak dan emas sebagai bahan konduktornya, tetapi berbagai bahan tersebut sudah jarang digunakan karena memiliki harga yang terbilang sangat mahal.

Sementara itu, isolator atau bahan yang cukup sulit digunakan oleh arus listrik sebagai penghantar arus listrik adalah bahan thermoplastik dan thermosetting, yakni polymer (plastik dan rubber atau karet) yang dibentuk dengan satu kali atau bahkan hingga beberapa kali pemanasan dan pendinginan.

Bagian-Bagian Kabel Listrik

Bagian-bagian Kabel Listrik

Bahan isolator terdiri dari pembungkus kabel yang berfungsi sebagai pelindung (supaya tidak melukai manusia) sehingga dapat dipastikan aman jika dipegang. Semakin baik tingkat isolator pada sebuah kabel listrik, maka semakin bagus pula kualitas yang dimiliki kabel listrik tersebut.

Selain isolator, bagian lain pada kabel listrik adalah konduktor. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bagian konduktor dibuat dari bahan logam seperti tembaga dan aluminium. Besar daya hantar yang dimiliki oleh kabel listrik tergantung dari parameter yang biasa disebut sebagai KHA (Kemampuan Hantar Arus).

Kemampuan daya hantar arus yang dimiliki oleh setiap kabel sudah pasti berbeda. Hal ini karena tergantung pada bahan konduktor pada kabel tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menentukan kemampuan daya hantar arus (KHA)  pada sebuah kabel listrik:

  • Bahan konduktor
  • Luas penampang (diameter kabel konduktor)

Jika sebuah kabel listrik memiliki diameter semakin besar, maka semakin tinggi juga kemampuan hantar arus listrik. Selain bahan isolator,  bahan konduktor juga memiliki peran untuk menentukan kualitas dari suatu kabel listrik. “Semakin besar kemampuan daya hantar arus listrik, maka akan semakin bagus juga kualitas yang dimiliki oleh kabel listrik tersebut”.

Baca juga: Jenis Jenis Kabel Fiber Optik

Jenis-Jenis Kabel Listrik

Kabel listrik memang terbagi dalam beberapa jenis, dimana setiap jenisnya memiliki spesifikasi ukuran dan kapasitas yang berbeda sebagai penghantar energi listrik. Beberapa jenis kabel listrik yang umumnya digunakan pada instalasi listrik di rumah adalah NYA, NYM, NYY, NYAF, NYBY, NYCY, NYMHY, AAAC, dan sebagainya.. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis kabel listrik tersebut:

  1. Kabel NYA

Kabel NYA

Kepanjangan dari kabel NYA adalah sebagai berikut N  = kabel tembaga, Y = isolasi PVC, dan A = inti tunggal. Kabel NYA merupakan salah satu kabel listrik yang mempunyai inti tembaga tunggal atau pejal yang dilapisi oleh bahan isolator PVC yang biasa digunakan sebagai instalasi listrik di rumah-rumah. Jenis kabel ini umumnya mempunyai diameter mulai dari 1.5 mm hingga 2.5 mm.

Bahan isolatornya umumnya memanfaatkan warna untuk digunakan sebagai pembeda antara fasa, netral dan juga ardenya. Beberapa diantaranya adalah warna merah, hitam, kuning, biru ataupun kuning strip hijau. Lapisan isolator ini hanya terdiri dari satu lapis saja.

Keunggulan kabel listrik NYA adalah memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kabel listrik lainnya. Bahkan penggunaannya terbilang lebih mudah untuk menentukan jumlah kabel listrik yang dibutuhkan.

Sedangkan kekurangannya adalah mudah mengalami cacat jika terkena goresan, gigitan tikus, maupun cuaca, karena memang lapisan isolatornya terdiri dari satu lapis. Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan, maka kabel listrik NYA harus dilindungi dengan menggunakan pipa PVC atau bisa juga dipasang di udara supaya jauh dari jangkauan.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kabel listrik NYA:

  • Kabel listrik NYA harus dilindungi oleh pipa instalasi untuk pemasangan tetap pada jangkauan tangan.
  • Jika dipasang pada tempat dengan kondisi lembab maka kabel NYA harus dilindungi dengan pipa PVC.
  • Kabel listrik harus dilindungi pipa intalasi terlebih dahulu, jangan sampai ditempel langsung pada plesteran kayu ataupun ditanam secara langsung pada plesteran atau kayu.
  • Jika pemasangan di luar jangkauan tangan, maka boleh terbuka dengan menggunakan isolator jepit ataupun rol isolator. Cara pemasangan harus menggunakan jarak setidaknya 1 cm dari dinding maupun bagian lain bangunan.
  • Dapat digunakan di peralatan listrik dan PHB.
  • Hindari pemasangan yang dilakukan di ruangan basah seperti misalnya di alam terbuka, di tempat kerja dan di gudang.
  1. Kabel NYM

Kabel NYM

Kepanjangan dari kabel listrik NYM adalah sebagai berikut, N = kabel tembaga, Y = isolasi PVC, dan M = inti yang lebih dari satu. Kabel listrik NYM merupakan jenis kabel yang mempunyai inti lebih dari satu, yang dimana setiap inti dilapisi isolator, dan beberapa inti yang sudah dilapisi tersebut akan dibungkus hingga sedemikian rupa menjadi satu dengan ditambahkan isolasi putih dan juga selubung karet.

Jumlah inti pada kabel listrik NYM mulai dari 2 sampai 4 inti dengan beragam warna yang berbeda. Jenis kabel ini banyak digunakan di berbagai instalasi listrik gedung atau bangunan yang langsung tertanam di dinding.

Kelebihan kabel listrik NYM adalah berkualitas dan memiliki daya tahan yang lebih baik. Selain itu, kabel ini juga dapat dipasangkan di lingkungan dalam kondisi kering ataupun basah, tetapi sangat tidak disarankan untuk ditanam. Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh kabel NYM adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan kabel lainnya.

  1. Kabel NYY

Kabel NYY

Kepanjangan dari kabel NYY adalah N = kabel tembaga, Y = isolasi PVC, dan A= selubung luar isolasi PVC. Kabel NYY merupakan sebuah kabel yang digunakan khusus sebagai intalasi listrik, baik itu yang ditanam di dalam tanah ataupun di berbagai kondisi seperti outdoor, tempat yang lembab ataupun kering.

Sangat disarankan untuk memberikan perlindungan lebih dengan menggunakan pipa PVC atau pipa besi supaya menjadi lebih aman dan terjamin (khususnya pada aliran listrik dengan tegangan tinggi).

Kabel NYY dibuat dari bahan isolator dengan konstruksi yang cukup dan kaku serta mempunyai kemampuan anti gigitan tikus. Lalu didalamnya berisi 2, 3, atau 4 kabel yang dimana masing-masing kabel memiliki inti tunggal dan dilapisi dengan isolator.

Warna kabel ini adalah hitam dengan isolasi ganda.  Kabel ini juga banyak digunakan di lampu taman, dan juga kabel tenaga di industri.

Jika pemasangan ditanam di dalam tanah maka harus benar-benar dijaga masalah kerusakan isolasinya dari kerusakan mekanis dengan menambahkan pipa pelindung.

  1. Kabel NYAF

Kabel NYAF

Kabel NYAF adalah kabel listrik yang mempunyai inti dibuat dari bahan tembaga berserabut, dan dilapisi dengan PVC kualitas menengah. Jenis kabel listrik ini mempunyai fleksibilitas tinggi sehingga banyak digunakan di instalasi listrik di panel-panel atau jalur yang berkelok-kelok.

Dalam penggunaannya, kabel listrik harus memiliki perlindungan lebih dengan penambahan pipa distribusi. Kabel ini juga mudah mengalami korosi dalam jangka waktu yang cukup khususnya pada bahan inti yang berasal dari tembaga campuran.

Sebaiknya dipasang ditempat dan lingkungan dalam kondisi kering. Tidak disarankan untuk dipasang pada kondisi lembab ataupun basah apalagi jika tidak bisa terkena cuaca langsung.

  1. Kabel NYYGby/NYRGbY/NYBY

Kabel NYYGby

Kabel NYYGby/NYRGbY/NYBY mempunyai lebih dari dua inti tembaga dengan isolasi PVC, lalu dilindungi oleh kawat baha bulat yang terlilit oleh plat baja dan isolasiutama dari bahan PVC sehingga sudah pasti kuat dan mampu tahan lama. Jenis kabel ini seringkali digunakan sebagai intalasi kabel listrik yang ditanam langsung di dalam tanah.

Saat melakukan pemasangan, jenis kabel ini tidak perlu lagi ditambahkan perlindungan lebih terkecuali di beberapa titik yang menyeberangi jalan raya harus dilindung lagi, setidaknya dengan pipa PVC. Cara pemasangan kabel NYYGby/NYRGbY/NYBY ini ditanam dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih 0,8 meter.

  1. Kabel NYCY

Kabel NYCY

Kabel NYCY merupakan jenis kabel yang bisa dipasang di berbagai macam tempat, entah itu di dalam ruangan, di alam terbuka, ataupun di dalam tanah. Jenis kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang memiliki lapisan pita CU kabel sebagai pelindung. Keunggulan yang dimiliki oleh kabel NYCY adalah tahan terhadap berbagai macam jenis kondisi cuaca.

  1. Kabel BC

Kabel BC

Kabel BC adalah kabel yang mempunyai sistem konduktansi yang baik dan unik, dimana di konduktornya terdiri dari pilihan banyakkabel yang kemudian disatukan sehingga menghasilkan suatu konstruksi kabel yang cukup kuat dan tidak akan  mudah putus. Ukuran kabel ini adalah 6 mm sampai 500 mm dan memiliki kemampuan dalam menerima tegangan sebesar 500 Volt.

Jenis kabel BC ini umumnya difungsikan sebagai kabel listrik untuk grounding atau pertanahan. Namun juga bisa difungsi sebagai kabel penghantar untuk menangkal petir di gedung ataupun bangunan tinggi.

  1. Kabel AAAC

Kabel AAAC

Kabel AAAC adalah jenis kabel yang dibuat dari bahan aluminium magnesium-silicon campuran logam dan mempunyai kemampuan sebagai penghantar listrik yang cukup baik. Jenis kabel yang satu ini juga dibuat khusus hingga mempunyai konstruksi yang sangat kuat, tahan terhadap karat, dan bisa digunakan dalam jangka waktuyang cukup lama.

Jenis kabel ini juga memiliki fungsi sebagai penghantar dari penangkal petir.

  1. Kabel ACSR

Kabel ACSR

Kabel ACSR adalah kabel listrik yang dibuat dari bahan aluminium dengan bagian inti dari kawat baja. Jenis kabel ini seringkali digunakan pada salauran transmisi tegangan tinggi sebagai penyalur listrik jarak jauh.

Kabel ini biasanya dipasang secara melintang tanpa isolasi apapun diantara dua tiang menara distribusi. Hal ini karena tegangan yang mengalir pada kabel ini terlalu tinggi sehingga menghasilkan panas yang mampu melelehkan lapisan isolator kabel listrik itu sendiri.

Kabel ACSR mempunyai konstruksi yang cukup kuat, tahan terhadap karat dan mampu tahan lama karena memang jika ingin dipasang di lingkungan terbuka (outdoor) harus memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap berbagai kondisi cahaya.

  1. Kabel ACAR

Kabel ACAR

Kabel ACAR mempunyai konstruksi dan fungsi yang tidak berbeda jauh  dengan kabel ACSR. Namun kabel ACAR ini mempunyai kualitas yang jauh lebih bagus karena bahan kabelnya semakin diperkuat dengan bahan logam campuran sehingga bisa menghasilkan kabel yang cukup kokoh dan mampu tahan lama.

  1. Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO adalah kabel listrik yang mempunyai dua atau lebih kabel berinti serabut. Jenis kabel yang satu ini umumnya tidak digunakan sebagai instalasi listrik dengan tegangan dan arus besar, karena bisa menghasilkan panas yang cukup membahayakan.

Namun hanya bisa digunakan dalam arus yang cukup rendah seperti di berbagai macam peralatan elektronik rumah tangga. Misalnya saja di kabel soundsystem, audio video maupun rangkaian elektronika yang lainnya.

Kabel NYMHYO dipasaran tersedia dalam berbagai macam jenis, ada yang dibuat dari tembaga murni dan ada juga dari tembaga campuran. Semakin bagus kualitas yang dimiliki oleh kabel NYMHO maka akan semakin mahal juga harganya.

  1. Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel listrik NYMHY adalah jenis kabel yang terdiri dari 2 hingga 3 kabel dengan inti serabut dan masing-masing dilindungi dengan isolator PVC yang kemudian dibungkus menjadi satu dengan isolator utama.

Jenis kabel yang satu ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara peralatan listrik maupun stop kontak rumah yang dimana pemasangannya di bagian atap dan juga dinding ruangan. Kabel NYMHY hanya digunakan untuk aliran listrik rumah tangga yang mempunyai daya sebesar 900 Watt ke bawah.

Sedangkan untuk listrik rumah tangga dengan daya sebesar 900 Watt lebih maka bisa menggunakan kabel berinti tunggal jenis NYM.

Kabel NYMHY dan NYYHY sebenarnya mempunyai sedikit perbedaan, yaitu:

  • Isolator utama kabel NYMHY memiliki warna putih, sementara isolator utama kabel NYYHY memiliki warna hitam.
  • Kabel NYYHY mempunyai kualitas yang jauh lebih baik daripada NYMHY, lebih kuat dan aman.

Leave a Comment