Pengertian DIAC (Diode Alternating Current)


Pengertian DIAC (Diode Alternating Current) – Diode Alternating Current atau yang biasa disebut dengan DIAC merupakan sebuah perangkat semikonduktor dua arah (dua junction) yang dirancang secara khusus untuk memutus ketiga tegangan AC yang melewatinya melampaui level tertentu yang melewati arus di kedua arah.



DIAC dapat digunakan untuk membantu dan bahkan memicu TRIAC saat digunakan pada switch AC. Khususnya pada aplikasi Dimmer dan Starter untuk lampu Florescent.

DIAC dapat menghantarkan arus listrik dari kedua arah apabila tegangan sudah melebihi batas breakover-nya. Atau dapat dikatakan sebagai Dioda untuk arus bolak-balik.

Sakelar Dioda AC atau DIAC merupakan perangkat solid state, tiga lapis, dua-junction perangkat semikonduktor yang lain namun berbeda dengan transistor karena DIAC tidak mempunyai koneksi basis sehingga membuatnya terbagi dalam dua perangkat terminal, berlabel A1 dan A2.

Gelombang Konduksi TRIAC

DIAC merupakan komponen elektronik yang tidak menawarkan kontrol atau amplifier, nampu berperan seperti dua-arah sakelar dioda karena bisa mengalirkan arus yang berasal dari polaritas supply tegangan AC yang sesuai.



Leave a Comment